Apa Sih Makanan Wereng? Berikut Penjelasan Singkatnya

By | 8 Februari 2022
Makanan-wereng
Apa Makanan Wereng?

Sebelumnya apakah anda pernah mendengar kata wereng atau bahkan pernah melihatnya? Jika belum, selamat anda mendapatkan tambahan pengetahuan di dunia serangga. Wereng merupakan serangga yang menghisap cairan dari tumbuhan dan serangga ini merupakan kepik sejati atau masuk dalam anggota ordo Hemiptera. Buat yang penasaran saja, kali ini kita akan membahas apa sih makanan wereng itu?

Apakah Makanan Wereng? Makanan wereng adalah cairan yang terdapat pada tumbuhan. Misalnya seperti Wereng Hijau atau nama lainnya Nephotettix virescens, wereng jenis ini menghisap cairan pada daun padi sehingga daun padinya menjadi kering. Kemudian ada juga wereng batang coklat yang juga bisa menghisap cairan pada batang tumbuhan sehingga menjadi kering dan mati.

Dan yang terakhir yaitu Wereng Punggung Putih atau disebut juga Sogatella furcifera Horvarth, wereng jenis ini berukuran tak lebih dari butiran padi tetapi dia serangga ini tetap mempunyai kesamaan dengan wereng hijau dan wereng batang coklat yang mampu menghisap cairan tanaman padi, jagung dan beberapa macam jenis rerumputan.

Tidak banyak data yang dapat dikumpulkan dari artikel yang mengulas mengenai makanan wereng ini, dan berikut akan kita sampaikan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan perihal serangga wereng tersebut.

Jadi Wereng itu Makan Apa Sih?

Wereng memakan apa? Serangga wereng memakan cairan dalam tumbuhan. Misalnya pada tanaman padi, jagung dan lain sebagainya.

Siapa yang memakan wereng? Predator dari wereng ini sendiri ada banyak, diantaranya capung jarum, Laba-laba Serigala, Laba-laba Bermata Jalang, Laba-laba Berahang Empat, Kepik Permukaan Air, Kumbang Stacfilinea, Kepik Mirid, Kumbang Karabid, Belalang Bertanduk Panjang, Kumbang Koksinelid.

Bagaimana wereng merusak padi? Hama wereng ini akan hinggap pada batang tanaman padi kemudian menghisap cairan yang merupakan sumber nutrisi, sehingga akan berakibat tanaman menjadi kering dan tidak produktif lagi menghasilkan padi yang berkualitas.

Kesimpulan

Tidak banyak data yang membahas mengenai makanan alami dari si hama wereng ini, tetapi secara garis besar tanaman kesukaan dari serangga ini adalah tanaman padi, dimana padi adalah kebutuhan pokok bagi manusia. Sangat penting untuk mengetahuinya sebagai bahan penelitian untuk langkah awal penanggulangan terhadap hama wereng tersebut.

Demikian informasi singkat yang dapat kami rangkum, mohon maaf atas kekurangan dalam hal penulisannya. Semoga bermanfaat bagi yang membaca dan jangan lupa share ke sosial media kamu agar banyak orang yang akan mendapatkan manfaat dari artikel singkat ini. Terima kasih.