Apakah Leopard Gecko Perlu Dijemur? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Mungkin bagi yang belum tahu, kita jelaskan sedikit aja ya. Leopard Gecko adalah hewan reptil sejenis tokek yang saat ini menjadi primadona hewan peliharaan bagi para pencinta reptil. Banyak juga yang bilang tokek gecko, padahal gecko sendiri artinya tokek. Jadi cukup menyebutkan tokek leopard atau leopard gecko aja.

Leopard Gecko Perlu Dijemur
Leopard Gecko Perlu Dijemur

Apakah leopard gecko perlu dijemur? Jawabanya boleh dijemur, asalkan jangan terlalu lama ya dijemurnya, karena sebenarnya tokek gecko ini tidak perlu dijemur tapi bukan berarti tidak membutuhkan asupan kalsium dari Ultra violet. Dan apabila seandainya mau dijemur pun, disarankan untuk dijemur pada pagi hari saja, ketika sinar matahari belum terlalu terik, sekitar jam 07.00 – 09.30. Sinar matahari pagi lebih bagus, karena mengandung Vitamin D. Jadi sekalian bisa berjemur bareng si gecko.Hehe.. Disarankan juga untuk tidak dijemur setiap hari, cukup sesekali aja. Seminggu 3x cukuplah.

Jangan Jemur Leopard Gecko Terlalu Sering

Cukup jemur pada pagi hari saja antara jam 07.00 sampai 09.30 3x dalam seminggu sudah cukup bagi si gecko. Karena berjemur tidak akan mempengaruhi warna atau corak pada kulit gecko. Karena corak warna tergantung dari makanan apa yang kita berikan.

Manfaat Berjemur bagi Leopard Gecko

  • Pada waktu di jemur, Leopard Gecko akan langsung mendapatkan vitamin D dari ultraviolet atau sinar matahari. Karena vitamin D dibutuhkan oleh Tokek Gecko ini untuk pertumbuhan tulang dan karapaksnya.
  • Berjemur dapat mencegah tumbuhnya jamur atau bakteri yang ada pada kulit tokek gecko, dengan begitu si gecko memiliki kulit yang lebih sehat.
  • Ketika dijemur biasanya hewan reptil akan mengeluarkan feses yang berarti ini metabolisme tubuhnya sedang di setel ulang. Dengan begitu dapat memperbaiki pencernaan dan metabolisme tubuhnya.

Apakah Kandang Leopard Gecko Perlu Diberi Lampu

Sebaiknya kita perlu mengetahui terlebih dahulu suhu ruangan yang berada di dalam kandang si gecko. Jika suhu udaranya cukup hangat maka tidak perlu lagi pakai lampu. Untuk memastikan saja boleh cek langsung dengan menggunakan pengukur suhu ruangan seperti Thermometer. Suhu ideal yang disukai oleh gecko kisaran antara 28 hingga 39 derajat celcius. kalau suhu kandang dibawah 28 derajat sebaiknya diberi lampu saja untuk menaikkan suhu kandang. Karena biasanya pada males makan nih si gecko klo kedinginan. Untuk lampunya sendiri boleh menggunakan Night Glo yang bisa didapatkan di marketplace online juga banyak yang jual. Alasannya karena cahayanya tidak begitu terang, takutnya klo pakai yang terang malamnya bisa keganggu itu si gecko, karena dia hewan nokturnal atau aktif di malam hari. jadi intinya leopard gecko butuh lampu klo udaranya dingin, dan jangan yang terang. rupanya si gecko suka remang2 ya…hehehe

Night Glo. Kandang Leopard Gecko Perlu Diberi Lampu
Kandang Leopard Gecko Perlu Diberi Lampu

Vitamin Untuk Leopard Gecko

Pada umumnya saat ini penggila gecko lebih banyak yang memberikan pakan jangkrik atau ulat hongkong. Sebenarnya dari kedua pakan gecko ini sudah cukup asupan gizinya bagi gecko. Tapi itu pun belum cukup, karena gecko perlu juga mendapatkan asupan mineral berupa kalsium. Nah kalsium ini dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan bisa didapatkan dengan menjemur si gecko. Tapi klo anda yang beternak gecko dan gak memungkinkan untuk menjemur satu persatu, beli saja kalsium yang merupakan asupan pakan yang bisa dibeli di toko online seperti tokopedia, bukalapak, dll. Biasanya sih dijualnya per kilo, klo bisa beli kalsiumnya yang mengandung vitamin D3, ini diperlukan untuk menunjang pertumbuhan si gecko.

Cara Mencerahkan Warna Kulit Leopard Gecko

Kamu boleh mencoba cara simpel dan mudah berikut ini. Siapkan satu buah wortel, kentang, Sereal atau sayur2an kemudian parut sampai habis dan setelah itu berikan wortel tersebut ke jangkrik yang akan menjadi santapan gecko. Usahakan setengah hari sebelum jangkrik dikorbankan untuk menjadi pakan gecko ya. Cara ini istilahnya Gut Load. Disarankan klo fokusnya untuk mencerahkan warna gecko sebaiknya menggunakan wortel saja, karena sudah terbukti khasiatnya pada reptil. kenapa wortel bisa mencerahkan kulit gecko? Jawabannya karena kandungan beta karoten yang terdapat pada wortel inilah yang mempengaruhi pigmen warna pada kulit gecko hingga warna yang dihasilkan akan lebih cerah.

Kesimpulan

Tokek Leopard atau Leopard Gecko boleh dijemur karena dihabitat aslinya memang suka berjemur. Selain itu karena memang lebih banyak manfaatnya. Klo masalah pasang lampu dikandang boleh dikasih asal jangan terlalu terang dan perhatikan juga suhu kandangnya sebelum diberi lampu. Vitamin juga perlu dan tips mencerahkan kulitnya juga lengkap penjelasannya, tinggal di praktekin aja. ok mungkin segitu aja pembahasan tentang gecko kali ini, Nanti kita sambung lagi di pembahasan mengenai gecko di artikel yang lainnya. Terima kasih semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar