Berbagai Jenis Makanan Tikus yang Cocok Dijadikan Umpan Perangkap

Makanan Tikus
Makanan Tikus

Tikus termasuk jenis hewan omnivora, yaitu hewan yang makanannya dari bahan hewani (daging) dan nabati (tumbuhan). Sebagai makhluk hidup omnivora, makanan tikus tidak jauh berbeda dengan manusia. Hampir sebagian besar yang dimakan oleh manusia juga dimakan oleh tikus.

Tikus memakan apapun yang ada disekitarnya, karena hewan ini sangat oportunis soal mencari makan. Makanan apa saja yang mereka temukan di habitatnya, akan mereka makan. Contoh makanan tikus adalah biji-bijian, buah, sayuran, kacang-kacangan, daging, roti, ikan, dan lain-lain.

Bagi Anda yang belum tahu tikus makanannya apa, bisa Anda lihat dari habitatnya. Makanan tikus rumah tentu berbeda dengan makanan tikus liar. Tikus rumah cenderung menyukai makanan konsumsi rumah tangga, misalnya roti, daging, makanan ringan, dan ikan. Sedangkan tikus liar makan sayuran, buah-buahan, atau biji-bijian.  

Cara Cerdas Tikus dalam Mencari Makanannya

Setiap makhluk hidup sudah Tuhan bekali dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Tak terkecuali tikus sebagai binatang yang sering dianggap manusia sebagai hama, hewan menjijikkan, dan pengganggu. Ternyata hewan pengerat ini merupakan hewan yang sangat pintar, terutama dalam mencari makan dan bertahan hidup.

Tikus menggunakan indera penciuman yang sangat tajam untuk mengendus target makanannya. Oleh karena itu, seekor tikus bisa mendeteksi makanan dari jarak cukup jauh. Kemampuan luar biasa yang dimiliki tikus ini sangat memudahkan mereka dalam mendapatkan makanannya.

Saat rumah Anda tiba-tiba ada tikus padahal sebelumnya tidak ada, jangan kaget. Tikus-tikus tersebut mungkin mendatangi rumah Anda karena mencium bau makanan rumah. Kehadiran tikus di rumah memang sangat menjengkelkan. Segera usir menggunakan bulan belanda buat jebakan bambu besar biasa celurut cencorot yang sudah dipasangi makanan kesukaannya.

Selain mempunyai penciuman yang hebat, indera perasa yang tikus miliki juga sangat sensitif. Dengan indera perasa, tikus dapat mengenali jenis makanan yang bisa mereka konsumsi. Tikus mampu membedakan mana makanan yang baik dan tidak baik untuk tubuh.

Cara Menangkap Tikus dengan Makanan Tikus

Menangkap tikus rumah yang mengganggu memang bukan perkara mudah bagi yang belum tahu caranya. Umumnya cara yang paling efektif untuk menangkapnya adalah dengan menggunakan perangkap.

Tetapi, jika sasaran Anda adalah tikus yang sering makan hasil perkebunan atau pertanian sebaiknya pakai cara lain. Tikus yang menyerang pertanian di vietnam indonesia digigit disukai elang kucing erek ular. Melepas hewan pemangsa tikus seperti ular, elang, dan burung hantu cukup efektif mengurangi populasi tikus di lahan pertanian Anda. Dengan begitu hasil panen bisa lebih baik dan meningkat.

Sebenarnya ada banyak cara menangkap tikus yang biasa berkeliaran di sekitar rumah. Beberapa cara berikut ini bisa Anda pakai.

Menggunakan Galon atau Ember

Jika ingin menangkap tikus dalam jumlah banyak dengan cara yang mudah gunakan cara ini. Pertama alat dan bahan yang perlu Anda siapkan adalah ember atau galon berukuran cukup besar dan umpan berupa makanan kesukaan tikus. Jangan lupa pasang kayu sebagai jembatan antara ember dan lantai agar tikus bisa masuk ke ember.

Letakkan makanan tikus rumah di dalam ember, taruh di tempat tikus biasanya berkeliaran. Tunggu semalaman, dan kemudian lihat hasilnya di pagi hari. Akan ada banyak tikus yang terjebak di dalamnya.

Menggunakan Lem

Orang-orang juga banyak menggunakan lem khusus untuk menjebak tikus. Cara ini sudah terbukti berhasil. Lem tikus juga sangat mudah Anda dapatkan, karena banyak toko yang menjualnya.

Untuk membuat jebakan ini, siapkan kardus, umpan, dan lem tikus. Langkah pertama siapkan kardus, kemudian olesi seluruh permukaan kardus kecuali bagian tengah dengan lem tikus. Taruh umpan merupakan makanan kesukaan tikus di bagian tengah kardus. Terakhir, letakkan jebakan di tempat yang sering tikus lewati. Tunggu hingga satu malam.

Makanan tikus rumah
Makanan tikus rumah

Daftar Makanan Kesukaan Tikus

Sebelum membuat perangkap tikus, kita harus tahu makanan tikus yang paling disukai. Dengan mengetahui makanan kesukaannya, maka kita bisa dengan mudah menjebak tikus ke dalam perangkap. Daftar makanan kesukaaan tikus berikut ini nantinya bisa kita jadikan sebagai umpan.

Daging

Tikus merupakan hewan omnivora yang juga sangat menyukai daging. Jenis daging yang bisa Anda pakai sebagai umpan yaitu daging ayam dan daging sapi. Agar aroma dagingnya kuat sehingga dapat merangsang indera penciuman tikus.

Tidak perlu besar ukuran dagingnya, bisa beberapa potong kecil daging masak untuk menarik kedatangan tikus. Letakkan daging pada perangkap dan tunggu hasilnya. Selain Daging, sosis juga sangat baik untuk umpan tikus.

Madu

Madu menjadi makanan yang paling disukai oleh tikus. Karena memang tikus menyukai makanan yang memiliki rasa manis. Madu mempunyai tekstur lengket dan manis rasanya. Jadi sangat cocok apabila Anda jadikan sebagai umpan untuk menjerat tikus.

Cokelat

Makanan yang satu ini memiliki rasa manis dan mempunyai kandungan protein cukup tinggi. Tikus sangat menyukai coklat karena rasanya manis, seperti rasa madu. Ditambah dengan proteinnya yang tinggi, membuat tikus selalu mengincarnya.

Anda bisa menggunakan coklat batang, coklat meses, atau coklat cindil cabe cicak di dalam bahasa inggris dora manado sebagai umpan. Tempatkan perangkap pada lokasi di mana banyak tikus. Tidak butuh waktu lama, tikus langsung mendatanginya dan terjebak oleh perangkap yang Anda buat.

Ikan Asin

Umpan yang sukses digunakan untuk menjebak tikus adalah ikan asin. Tikus ternyata sangat menyukai ikan asin. Siapkan ikan asin sebagai umpan, kemudian letakkan pada perangkap. Tunggu hingga paling tidak satu malam untuk melihat hasilnya.

Selain kucing, ternyata tikus juga menyukai ikan asin. Jadi, untuk menghindarkan kucing terkena jebakan, tempatkan alat perangkap di lokasi yang kucing tidak bisa menjangkaunya. Sangat mudah mencari bahan ikan asin, cari di pasar pasti ada yang menjualnya.

Buah-buahan

Makanan tikus yang macam-macam memudahkan kita untuk mencari umpan perangkapnya. Beberapa jenis buah-buahan bisa Anda jadikan sebagai umpan tikus, seperti buah pepaya, buah anggur, atau buah semangka. Pilih buah yang memiliki rasa manis, karena tikus sangat menyukainya.

Potong daging buah menjadi beberapa bagian sehingga dapat memudahkan tikus untuk memakannya. Letakkan potongan-potongan buah tersebut ke perangkap yang sudah Anda siapkan.

Kelapa Bakar

Dulu, orang-orang sering menggunakan kelapa bakar untuk menjebak tikus. Hewan pengerat ini sangat tertarik dengan aroma kelapa bakar. Cukup efektif untuk memancing tikus keluar dari sarang persembunyiannya.

Caranya adalah dengan membakar daging kelapa yang masing menempel pada tempurungnya. Setelah tercium aroma kelapa bakarnya, baru kemudian pindah kelapa bakar ke dalam perangkap. Metode ini sangat ampuh karena orang-orang sudah sejak lama menggunakannya.

Ubi Jalar

Cukup banyak masyarakat pedesaan yang mengandalkan ubi jalar untuk menangkap tikus. Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang tikus sangat sukai. Sebelum memasangnya sebagai umpan, ubi jalar terlebih dulu harus direbus atau dibakar. Aroma dan rasanya akan menarik perhatian si tikus.

Tikus jika kita biarkan tentu sangat mengganggu kenyamanan. Apalagi tikus juga disebut sebagai hewan yang banyak membawa penyakit, karena selalu tinggal di tempat-tempat kotor. Jadi sangat penting mengetahui makanan tikus yang menjadi kesukaannya. Kita bisa jadikan makanan yang disebutkan di atas sebagai umpan perangkapnya.

Tinggalkan komentar