Inilah 7 Burung Penghisap Madu di Indonesia Yang Masih Jarang Diketahui

By | 18 November 2022
burung-penghisap-madu
Burung penghisap madu

Burung penghisap madu atau Meliphagidae adalah salah satu burung yang unik. Di seluruh dunia setidaknya ada 25 spesies burung pemakan madu, 13 spesies diantaranya berada di Indonesia. Kita tahu bahwa negara Indonesia kaya dengan keanekaragaman, begitu pula sehubungan dengan burung. Silahkan simak uraian berikut ini mengenai burung yang makanan utamanya madu ini.

Jika dibandingkan burung lain yang menyukai buah seperti pisang, pepaya bahkan serangga kecil, kelompok burung penghisap madu ini memang kalah populer. Di Indonesia sendiri kelompok ini dikenal dengan sebutan Kolibri. Ada sebagian spesies yang masih banyak ditemukan, sedangkan yang lain sudah tergolong langka.

Cara burung ini makan yaitu dengan menghisap nektar bunga sebagai makanan utamanya, sesuai dengan paruh yang panjang seperti alat penghisap sebagai salah satu ciri-ciri. Tanpa perlu banyak basa-basi, dibawah ini adalah beberapa jenis burung penghisap madu yang bisa anda ditemukan di tanah air yang akan kita sebutkan.

Macam Macam Burung Penghisap Madu yang Ada di Indonesia

Burung-Manggar
Burung Manggar

1.Manggar

Burung Manggar memiliki panjang tubuh sekitar 13cm dengan suara kicauan yang lantang dan melengking. Burung yang habitat aslinya berada di sekitar kebun kelapa, hutan mangrove dan pantai ini berparuh besar. Orang-orang di Indonesia sering menyebutnya dengan nama Kolibri Kelapa. Suara yang melengking dan lantang membuat banyak orang menyukai burung Manggar. Jumlahnya sekarang sudah semakin sedikit karena banyak diburu.

Burung-Sriganti
Burung Sriganti

2.Sriganti

Burung Sriganti memiliki panjang tubuh sekitar 8-15cm. Ia dikenal sebagai salah satu burung tercepat, berkat kemampuannya mengepakkan sayap sebanyak 90x setiap 1 detik. Selain itu, burung Sriganti juga bisa menghindari para predator dengan terbang mundur. Habitat asli burung Sriganti berada di banyak tempat. Mulai dari perkebunan, hutan terbuka, taman, pekarangan, hutan mangrove di dataran tinggi dan rendah. Selain pemakan madu, burung Sriganti diketahui juga memakan laba-laba dan serangga kecil.

Burung-King-Konin
Burung King Konin

3.King Konin

King Konin adalah burung yang berukuran sedang, yaitu 13cm. Karakteristiknya adalah diselimuti bulu dengan warna hitam yang mendominasi tubuh. Ia biasanya hidup di sekitar rawa dan hutan mangrove dataran rendah sampai ketinggian 250 mdpl. Burung King Konin betina memiliki ciri khas berupa tenggorokannya berwarna keputihan, kepala abu-abu, bagian punggung zaitun, perut kuning dan penutup ekor bawah berbulu putih. Sementara itu, King Konin jantan ditandai dengan dada berwarna ungu, tenggorokan tembaga gelap mengkilap dan strip kumis di dada atas.

Burung-Kolibri-Ninja
Burung Kolibri Ninja

4.Kolibri Ninja

Burung pemakan madu berikutnya adalah Kolibri Ninja atau Nectarinia Speratta. Habitat aslinya berada di pinggiran hutan yang memiliki ketinggian 200 mdpl. Ia juga sering hidup di pesisir pantai dan perkebunan karet. Kolibri Ninja berukuran 10cm dengan ciri khas berupa topi berwarna hijau metalik di bagian atas kepala. Jika warna bulu dadanya kehitaman berarti jantan, sedangkan betina berwarna abu-abu cerah.

Burung-Kolibri-Sepah-Raja
Burung Kolibri Sepah Raja

5.Kolibri Sepah Raja

Selain di Indonesia, Kolibri Sepah Raja bisa ditemukan di banyak wilayah di dunia. Habitat aslinya juga mencakup berbagai tempat, mulai dari dataran rendah sampai dengan ketinggian 1.300 mdpl. Spesies burung Kolibri Sepah Raja berukuran antara 10-15cm. Burung jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan betina.

Burung-Madu-Jawa
Burung Madu Jawa

6.Burung Madu Jawa

Burung Madu Jawa memiliki peran penting terhadap penyerbukan bunga di hutan. Setiap tahunnya, jumlah populasi semakin menurun karena dijarah oleh manusia. Sehingga membuatnya sebagai salah satu burung dilindungi. Burung Madu Jawa jantan berukuran sekitar 12cm dan betina hanya 9cm. Meskipun berstatus dilindungi, namun sebenarnya jumlah burung penghisap madu ini masih tergolong lumayan banyak.

Burung-Kolibri-Merak
Burung Kolibri Merak

7.Kolibri Merak

Kolibri Merak adalah burung yang hidup di daerah hutan dengan ketinggian lebih dari 1.200 mdpl. Sehingga, ia sering disebut sebagai burung madu gunung. Kolibri Merak memiliki warna bulu yang indah dan suara menyejukkan. Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya.

Itu tadi adalah pembahasan mengenai beberapa contoh spesies burung penghisap madu yang ada di Indonesia. Masih ada banyak spesies dari berbagai negara di dunia, sehingga kelompok burung ini memang cukup beragam. Bentuk paruh burung penghisap madu adalah panjang, jadi cocok untuk alat menghisap nektar bunga.