Berikut Jenis Leopard Gecko (MORPH) Yang Wajib Kamu Tahu

By | 24 Juni 2022

Beberapa jenis jenis gecko memang banyak dan bermacam macam, kita akan coba merangkum dari berbagai sumber yang ada di internet terkait berapa jumlah jenis gecko yang ada di dunia. Jadi, kamu tidak perlu repot cari-cari lagi ke tempat yang lain. Cukup baca saja disini. Yuk mari kita bahas satu per satu jenis jenis gecko.

Penting sekali buat kamu yang baru mengenal reptil imut nan menggemaskan ini yang kelak akan menjadi hewan reptil peliharaan kamu. Sebelum memutuskan akan memelihara jenis morph gecko yang mana. Baiknya baca dulu sampai habis, supaya kamu tepat ketika sudah akan memutuskan untuk membeli, terlebih lagi ketika kamu seorang pemula.

jenis-jenis-leopard-gecko
Klik pada gambar

Leopard Gecko Tangerine

Biasanya leopard Gecko jenis ini berwarna kuning terang pada umumnya. Akan tetapi untuk jenis Tangerine atau Tang didominasi dengan warna orange. Variasi warna yang terdapat pada gecko ini kuning atau jingga bahkan agak kemerah-merahan yang pernah terlihat pada beberapa spesimen morph normal. Disertai dengan totol atau pigmen warna hitam semakin menambah keindahan corak kulitnya.

jenis-jenis-leopard-gecko
Klik pada gambar

Baca Juga : Ukuran Panjang dan Berat Ideal Leopard Gecko

Leopard Gecko Super Hypo Tangerine Carrot Tail/Baldy (SHTCT/B)

Jenis yang satu ini adalah variasi dari leopard gecko tangerine dengan perbedaan kentara yang terdapat pada totol hitam yang sangat minim atau sedikit sekali dan merupakan gecko kategori yang non albino. Totol hitam atau pigmen hanya terdapat pada kepala, bibir dan ekornya saja. Sedangkan untuk jenis Baldy ini merupakan jenis leopard gecko yang sama sekali tidak mempunyai pigmen hitam atau totol. Sehingga warna orange pada kulit gecko diistilahkan Carrot Tail & Carrot Head.

jenis-jenis-leopard-gecko
Klik pada gambar

Leopard Gecko Sunglow

Leopard Gecko ini adalah jenis albino dari Super Hypo Tangerine Carrot Baldy, Meskipun di sebut albino tapi bukan berarti warnanya putih dengan mata merah. Akan tetapi warna dominan kuning tua dan warna mata yang hitam menjadi ciri khasnya.

jenis-jenis-leopard-gecko

Leopard Gecko Eclipse

Jenis Leopard Gecko Eclipse disebut demikian karena memiliki ciri khas pada matanya, misalnya seperti mata gecko memiliki warna merah atau hitam yang solid, mata ular (snake Eyes). Adapula yang berbeda warna antara mata yang kiri dan kanan. Ciri khas seperti ini biasanya sering terjadi pada mode resesif. Ini terjadi di beberapa pola warna kulit.

jenis-jenis-leopard-gecko

Leopard Gecko Enigma

Pada waktu awal diketahui, Enigma santer dibahas mengenai sesuatu gejala genetika bahkan gejala neurologis, banyak kalangan yang menyebut juga dengan Enigma Syndrome. Gejalanya adalah nampak seperti lingkaran, sangat sensitif dengan keadaan cahaya berlebihan, serta sangat mudah sekali stress sehingga menyebabkan nafsu makan berkurang.

Morph dominan di kalangan leopard gecko ini, Jenis leopard gecko enigma ini memiliki ekor warna putih dan kebanyakan bercak dibanding banded. Bercak biasanya keluar ketika sudah besar dan beberapa ada yang berubah ke Speckles.

jenis-jenis-leopard-gecko

Leopard Gecko Tremper Albino

Sering disebut dengan nama Texas Strain Albino karena Tremper Albino ini pertama kali ditemukan oleh Ron Tremper tepatnya pada tahun 1996 silam. Gecko ini merupakan albino yang pertama dari 3 strain albino yang ada. Warna leopard gecko ini biasanya perpaduan antara coklat dan kuning bahkan ada juga yang warna merah muda. Matanya berwarna seperti perak dan urat yang terlihat berwarna merah.

jenis-jenis-leopard-gecko

Leopard Gecko Bell Albino

Gecko yang juga sering disebut Florida Albino ini merupakan Albino yang terakhir dari sekian strain albino yang ada. Diketemukan oleh Mark Bell di Florida. Jenis ini cukup gampang untuk dapat mengetahui dibandingkan 2 jenis albino yang lainnya. Ciri Bell Albino adalah Matanya berwarna pink, motif warnanya berbintik-bintik coklat dan ada juga yang berwarna lavender pada kulit mereka.

jenis-jenis-leopard-gecko

Leopard Gecko Snow

Pada leopard gecko jenis ini terdapat 4 strain, diantaranya Gem Snow, TUG Snow, Mack Snow dan Linebreed Snow. Dari ke 4 jenis gecko tersebut rata-rata dominan warna putih layaknya seputih salju dan bercak atau totol hitam kecoklat-coklatan. Akan coba kita bahas nanti selengkapnya di artikel yang berbeda.

jenis-jenis-leopard-gecko

Leopard Gecko Blizzard

Memiliki warna yang sederhana dari segi corak dibandingkan dengan jenis gecko lainnya. Ketika masih kecil berwarna putih, kemudian berubah menjadi kuning dan akhirnya menjadi ungu tua ketika dewasa. Selain itu Leopard Gecko Blizzard memiliki snake Eyes dan warna mata yang solid.

jenis-jenis-leopard-gecko

Leopard Gecko Murphy Patternless (Patty)

Merupakan leopard gecko yang tidak berpola. Ketika masih anakan berwarna terang berikut tanda coklat atau abu-abu pada kulit mereka. Ketika menginjak usia 10 bulan, tanda tadi akan menghilang dan hanya menyisakan perpaduan antara warna kuning dan ungu tua saja.

jenis-jenis-leopard-gecko

Leopard Gecko Rainwater

Ketika baru menetas warna tubuhnya kuning variasi banded merah muda. Warna matanya merupakan warna mata paling gelap di antara 2 jenis albino yang lain. Dengan ukuran badan lebih kecil dan ringan. Corak warnanya cukup bagus juga.

Mungkin MORPH leopard gecko di atas sudah tidak asing lagi bagi para pecinta reptil imut ini. Tapi bahasan singkat ini mungkin akan lebih bermanfaat bagi para pemula. Ketika dia ingin menentukan gecko apa yang akan dia pilih nantinya, apalagi soal harganya mungkin menjadi pertimbangan juga. Ya karena harga tiap jenis pasti berbeda-beda.

Demikian sharing kita kali ini. Semoga menambah wawasan kamu di dunia per-leopard gecko-an. Kurang lebihnya mohon maaf atas kesalahan penulisan. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel lainnya.