Jenis Penyakit Pada Lebah dan Cara Menyembuhkan Sengatan Lebah bagi Manusia

Penyakit lebah adalah salah satu penyakit yang dialami oleh sekumpulan lebah dan bisa menular ke manusia melalui sengatannya. Tentunya penyakit yang dihasilkan dari hewan ini sangat berbahaya apalagi jika sampai menular ke manusia. Jenis penyakit lebah madu ini juga banyak dan hampir tersebar di seluruh dunia yang memiliki jumlah lebah yang besar.

Penyakit pada lebah
Penyakit pada lebah

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas berbagai macam jenis penyakit pada lebah madu dan bagaimana cara menyembuhkannya jika manusia tersengat oleh lebah. Beberapa informasi tersebut sangat penting dikupas karena mengingat jika penyakit dari lebah ini menyebar kepada manusia, maka bisa berdampak lebih buruk.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus memiliki wawasan tentang apa saja jenis penyakit lebah dan cara menyembuhkan sengatan lebah seperti berikut ini.

Jenis-jenis Penyakit Lebah Madu Utama

Beberapa informasi berikut ini adalah tentang apa saja jenis penyakit yang sering menyerang lebah di dunia. Yuk simak apa saja informasinya di bawah ini.

1. Foulbrood Amerika

Penyakit lebah yang satu ini adalah sebuah pupa atau larva yang tersegel. Endospora Paenibacillus Larvae adalah penyebab dari penyakit Foulbrood Amerika ini muncul. Yang menariknya adalah penyakit ini tidak menyerang lebah dewasa karena lebah dewasa tidak bisa terpengaruh oleh jenis virus tersebut. Namun, tanpa disadari lebah dewasa memiliki peran dalam penyebarannya karena mereka menjadi produsen madu yang sudah terkontaminasi ke lebah muda.

2. Foulbrood Eropa

Untuk jenis penyakit lebah yang satu ini disebabkan oleh bakteri Melissococus Plutonis. Foul brood Eropa adalah jenis penyakit pupa atau larva yang tidak tertutup, hal ini disebabkan karena kebanyakan larva yang mati sebelum menutupnya sel.Penyakit ini memiliki potagen yang kuat sehingga lebah yang terinfeksi jarang terbunuh. Meskipun demikian populasi lebah akan sangat terpengaruh.

3. Nozema

Jenis penyakit lebah selanjutnya ini dinilai lebih berbahaya dan paling mempengaruhi lebah pekerja, lebah jantan, hingga berpengaruh pada sang ratu koloni. Nozema disebabkan oleh protozo Nosema Aspis dan juga Nosema Ceranae yang akan membuat para lebah menderita disentri parah hingga buang air dalam sarang. Karena seringnya buang air besar di dalam sarang, ini juga akan membantu penyebaran penyakit. Oleh karena itu, selama musimnya penyakit ini akan ada banyak lebah yang mati.

Nah itulah beberapa informasi tentang apa saja jenis penyakit lebah. Dengan mengetahui apa saja jenis penyakit yang dialami oleh hama ini diharapkan kita sebagai manusia bisa lebih memperhatikan kondisi lebah di dunia. Selanjutnya kami akan membahas tentang bagaimana cara menyembuhkan sengatan lebah seperti berikut ini.

Cara Menyembuhkan Sengatan Lebah Pada Manusia

Sengatan lebah adalah keadaan dimana tubuh Anda tersengat atau tertusuk lebah. Biasanya beberapa lebah besar dan lebah madu tidak menyengat secara tiba-tiba, dan hanya menyerang ketika merasa terancam saja. Namun meskipun demikian ketika tubuh disengat lebah, tetap akan menimbulkan beberapa gejala dan harus segera ditangani dengan beberapa langkah berikut ini.

  1. Angkat sungut lebah sudah menancap di kulit secepatnya agar racun tidak masuk ke dalam tubuh.
  2. Jangan gunakan pinset saat mengangkat sungut lebah agar sungut tidak semakin tertekan ke dalam. Gunakanlah kartu atau kuku untuk mengeluarkannya.
  3. Cuci area sengatan dengan sabun dan juga air yang bersih hingga hilang.
  4. Kompres dingin untuk menyembuhkan pembengkakan.
  5. Gunakan obat paracetamol untuk menghilangkan nyeri.
  6. Bisa juga dengan menggunakan losion kalamin jika gatal.
  7. Hindari menggaruk area sengatan agar rasa gatal dan bengkak tidak parah.

Itulah beberapa informasi tentang cara menyembuhkan sengatan lebah. Bagaimana menurut Anda tentang penyakit lebah ini? Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar