Inilah Makanan kelabang Si Hewan Berkaki Seribu

By | 10 Februari 2022
apa-Makanan-kelabang
Apa Makanan Kelabang?

Pada kesempatan kali ini, kita akan coba membahas mengenai hewan berkaki seribu yang banyak juga membuat orang geli ketika melihatnya. Siapa dia? Siapa lagi kalau bukan kelabang atau sering juga disebut lipan. Seperti biasa kita akan sedikit mengulik kehidupan hewan ini terutama mengenai makanan apa yang biasa dia makan.

Apa Makanan Kelabang? Makanan Kesukaan kelabang atau lipan ini adalah cacing, serangga kecil seperti rayap, lalat, kecoa, ngengat, katak, burung, ular, kadal tetapi yang tubuhnya cenderung berukuran lebih kecil dari tubuh si lipan ini. Dan terutama mangsa yang memiliki tubuh bertekstur lunak.

Dimana Kelabang Mencari Makanan?

Lipan atau kelabang ini biasanya mencari makanan di tempat-tempat yang lembab dan gelap karena memang sesuai dengan habitat aslinya, dia menyukai tempat seperti itu. Dan Kelabang ini biasanya itu aktifnya di malam hari ketika mencari mangsa.

Kapan kelabang mencari makanannya?

Predator yang satu ini termasuk dalam golongan hewan nokturnal artinya dia hanya aktif di malam hari dan tentu saja ketika mencari makanan pun dia pada malam hari.

Apa Makanan Kelabang Ketika Masih Kecil?

Makanan kelabang kecil sama saja seperti kelabang dewasa. Sepertinya tidak ada perbedaan antara kelabang dewasa dan kelabang kecil.

Hewan apa saja yang memakan Kelabang?

Kebanyakan hewan yang memakan kelabang biasanya yang berukuran lebih besar dari pada kelabang itu sendiri. Misalnya seperti Tikus dan Ikan Arwana yang biasa menjadi menu utama bagi para penghobi ikan hias tersebut. Kelabang seringkali dijadikan santapan ikan arwana.

Makanan yang terbuat dari kelabang

Apakah kelabang bisa dimakan? Selama ini belum pernah kita mendengar hewan ini dijadikan makanan. Tetapi pernah ada di tiongkok seorang pria dan wanita lansia yang merupakan ibu dan anak memakan kelabang mentah, tetapi setelah itu keduanya dilarikan ke rumah sakit terdekat dikarenakan mengalami gejala pusing, mual dan muntah. Kenapa mereka memakan kelabang mentah? Karena di tiongkok memakan kelabang yang dipercaya dan sudah lama dijadikan obat tradisional.

Bahkan sempat di china juga seorang vlogger yang sedang live streaming ketika memakan kelabang dan tokek beracun langsung meninggal. Kalau di masyarakat kita masih jarang ya memakan kelabang atau mungkin belum ada sama sekali. Sebaiknya kita singkirkan saja ya menu yang satu ini dari list makanan kita.Hehe

Kesimpulan

Makanan kelabang terdiri dari hewan-hewan kecil yang berukuran lebih kecil dan biasanya bertubuh lunak. Meskipun hewan ini nampak menggelikan dan menjijikan bagi manusia, tetapi keberadaannya tetap dipelukan sebagai penyeimbang ekosistem.

Penutup

Demikian informasi mengenai makanan kelabang atau makanan lipan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda di dunia fauna. Jangan lupa untuk share artikel ini ke sosmed kamu supaya banyak orang lain yang mendapatkan manfaatnya. Terim kasih