Apakah Keong Mas Bisa Dimakan? Berikut Jawaban Singkatnya

By | 18 Mei 2023
apakah-keong-mas-bisa-dimakan
Apakah keong mas bisa dimakan

Apakah Anda pernah berpikir bahwa hewan air yang sering dianggap sebagai hama dapat menjadi hidangan lezat dan bergizi? Inilah misteri yang tersembunyi di balik Keong Mas, hewan yang banyak ditemukan di sawah yang sedang ditanami padi. Mari kita telusuri lebih dalam tentang Keong Mas dan segala potensi kuliner yang menarik.

Akan tetapi sebelum masuk ke pembahasan pengolahan kuliner dengan bahan utama keong mas ini, perlu diketahui dan dipertanyakan apakah keong mas bisa dimakan dan jika iya, bagaimana cara mengolahnya yang benar supaya aman untuk dikonsumsi. Yuk mari kita bahas bersama.

Apakah Keong Mas Bisa Dimakan

Ya, keong mas dapat dimakan. Keong mas adalah sejenis siput air tawar yang biasa dikonsumsi sebagai makanan di beberapa negara, terutama di Asia Tenggara. Dalam banyak budaya, keong mas dianggap sebagai makanan lezat dan bergizi. Biasanya, keong mas dimasak dengan berbagai cara, seperti disate, digoreng, atau dimasak gulai.

Namun, penting untuk dicatat bahwa sebelum mengonsumsinya, keong mas harus dimasak dengan benar terlebih dahulu untuk menghindari resiko keracunan makanan. Jika Anda ingin mencoba keong mas sebagai makanan, pastikan untuk membersihkan terlebih dahulu dan ikuti cara mengolah dengan benar.

Cara Memasak Keong Mas Agar Tidak Beracun

Dalam proses mempersiapkan Keong Mas untuk diolah, ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan. Pertama-tama, Keong Mas harus dicuci secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada cangkangnya. Setelah itu, Keong Mas direbus dengan air mendidih dan dagingnya dipisahkan dari cangkang dan dicuci lagi untuk memastikan kebersihannya.

Keong Mas memiliki beragam jenis masakan yang dapat diolah darinya. Misalnya, tumis Keong Mas yang menggugah selera dengan bumbu sederhana seperti garam, gula, micin, bawang merah, dan bawang putih. Jangan lupakan pula sate Keong Mas yang lezat, di mana daging Keong Mas dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan tusuk sate sebelum dipanggang dengan bumbu kecap, minyak goreng, dan bawang putih.

Kandungan Keong Mas

Namun, tak hanya kelezatannya yang menarik, Keong Mas juga memiliki nilai gizi yang penting bagi kesehatan. Kandungan protein keong mas sekitar 12% dan kalsium sebanyak 217 miligram dalam 100 gram Keong Mas menjadikannya sumber nutrisi yang berharga. Tidak hanya itu, Keong Mas juga rendah kolesterol dan khasiat keong mas bagi kesehatan lainnya, seperti meningkatkan kinerja otak, menurunkan kolesterol, dan memperkuat kekebalan tubuh.

Bahaya Makan Keong Mas

Meskipun olahan makanan Keong Mas menawarkan potensi kuliner yang menarik, kita juga perlu berhati-hati dalam mempersiapkannya. Keong Mas dapat mengandung zat-zat beracun seperti asam oksalat, asam hidrosianat, dan asam tanin. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan Keong Mas dengan baik untuk menghilangkan zat-zat beracun tersebut. Selain itu, konsumsi yang berlebihan juga perlu dihindari karena dapat menyebabkan efek samping seperti cacingan, diare, dan peradangan.

Pastikan bahwa Keong Mas yang digunakan didapat dari sumber yang alami alias belum tercemar bahan kimia seperti peptisida dan telah melalui proses pembersihan yang tepat sebelum dimasak. Dengan cara ini, Anda dapat menikmati hidangan makanan Keong Mas yang menggugah selera dengan keyakinan akan kebersihan dan keamanannya.

Apakah Telur Keong Mas Bisa Dimakan

Ya, telur keong mas juga bisa dimakan. Di Indonesia, telur keong mas telah dimanfaatkan dengan cara yang kreatif sebagai kerupuk dan ramuan segar yang diyakini memberikan manfaat luar biasa sebagai campuran jus. Dipercaya bahwa telur keong mas mengandung mineral yang kaya, terutama kalsium, yang dapat memberikan nutrisi yang tinggi.

Selain itu, juga diduga bahwa telur keong mas mengandung senyawa karotenoid yang tinggi, yaitu pupuk organik yang merangsang pertumbuhan tanaman. Sehingga, banyak memiliki manfaat dalam dunia pertanian.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, Keong Mas menyimpan kelezatan tersembunyi dalam hewan air yang unik. Melalui persiapan yang benar, Keong Mas dapat menjadi hidangan yang menarik dan memberikan manfaat kesehatan yang berharga. Jadi, jangan ragu untuk mencari tahu informasi tentang Keong Mas dalam dunia kuliner Anda dan nikmati pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Demikian artikel singkat mengenai apakah keong mas bisa dimakan ini kami sajikan untuk anda, sudah kami bahas semua mulai dari cara memasak keong mas agar tidak beracun, gizi dan kandungan keong mas, kandungan protein keong mas dan khasiat keong mas. Semoga bermanfaat dan terima kasih.