Apa Makanan Tonggeret di Habitatnya? Berikut Penjelasan Singkat, Padat dan Jelas

By | 23 Januari 2022
makanan-tonggeret
Makanan Tonggeret

Tonggeret adalah sejenis serangga yang biasa sering kita jumpai hinggap di pohon atau ranting. Dengan ciri khas suara nyaring di siang hari. Pasti anda sudah pada tahu ya.

Apa Makanan Tonggeret? Untuk tonggeret dewasa makanannya adalah menghisap cairan yang ada pada tanaman terutama pada ranting yang masih muda. Tonggeret menghisap cairan tanaman dengan menggunakan mulut yang berbentuk seperti jarum seperti pada nyamuk.

Apa Makanan garengpung atau kinjeng tangis atau tonggeret ?

Untuk pembahasan lebih luas mengenai makanan dari serangga ini, mari kita simak pembahasan lengkapnya berikut ini. Tonggeret atau biasa disebut juga kinjeng tangis merupakan salah satu serangga yang metamorfosisnya itu tidak sempurna, artinya ketika masih menjadi tonggeret muda atau biasa disebut nimfa setelah menetas dari telur, itu bentuknya sudah tidak akan mengalami perubahan lagi sampai dewasa. Jadi perubahan yang terjadi hanya pada ukuran saja.

Nah, Makanan tonggeret ketika masih menjadi nimfa, serangga pemilik suara nyaring ini makannya lebih banyak pada akar pohon tanaman. Dimana dia akan menghisap cairan pada akar pohon tersebut yang mengandung zat hara yang terdapat pada xilem. Nah, Xilem ini dibutuhkan oleh tonggeret untuk masa pertumbuhan karena pada xilem terdapat kandungan nutrisi.

Perlu diketahui bahwasannya tonggeret ini ketika masih nimfa tinggal dibawah tanah sedalam 20 – 30 cm. Oleh karena makanannya menghisap nutrisi dari akar pohon. Di Amerika serangga, hewan, binatang atau apalah namanya ini biasa disebut Brood X.

Bagaimana cara makan tonggeret ?

Tonggeret atau gareng pung memakan makanannya dengan cara menghisap cairan pohon menggunakan mulutnya yang berbentuk seperti jarum atau di sebut “stilet” sama seperti yang terdapat pada mulut nyamuk atau lalat. begitulah cara makan serangga yang di jawa barat disebut Cengreret ini.

Bagaimana cara tonggeret mencari makanan?

Serangga ini banyak hinggap dipohon dan ranting yang masih muda, karena jika rantingnya sudah keras kemungkinan mulut jarumnya susah menembus. Ngomongin soal makanan, btw serangga ini juga sudah lama dijadikan sebagai makanan cemilan. Khususnya untuk wilayah sumedang tepatnya di daerah Buahdua dan conggeang. Cemilan ekstrim ini biasa disebut Turaes. Ada yang mau coba?

Demikian informasi mengenai makanan tonggeret yang dapat kami berikan kepada para pembaca setia blog ini. Semoga menjadi pelepas rasa penasaran akan informasi ini dan semoga bermanfaat. Terima kasih