Inilah Makanan Tomcat Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

By | 24 Januari 2022
makanan-tomcat
Apa Makanan Tomcat ?

Siapa yang tidak tahu serangga tomcat, serangga mungil ini sempat viral dulu sekitar tahun 2012 silam karena masuk kerumah dan banyak menyerang warga setempat. Racun pederin yang terdapat pada tomcat ini membuat orang sangat mewaspadai kumbang yang satu ini, dikenal dengan bahasa ilmiahnya Paederus fuscipes serta masih famili Staphylinidae. Pada pembahasan kali ini kita akan coba mengulik apa sih makanan yang biasa dimakan serangga hitam dan orange ini, Yuk mari kita bahas.

Apa makanan tomcat? Serangga orange yang berukuran tak lebih dari 1 cm ini memakan hama padi, seperti wereng, kepik dan serangga lain yang menjadi hama bagi tanaman padi. Jadi kalau ada yang bertanya Tomcat makan apa? Makanan kesukaan tomcat adalah semua serangga yang menjadi hama padi di sawah.

Serangga yang tertarik dengan cahaya ini habitatnya adalah di sawah, karena disitulah terdapat makanannya yang melimpah ruah. Dikarenakan makanan tomcat ini adalah hama dari padi itu sendiri, jadi keberadaannya sangat menguntungkan bagi para petani dan nantinya akan menghasilkan padi yang berkualitas lebih baik karena hama padinya pun habis.

Bagaimana dan dimana tomcat mencari makanannya?

Serangga tomcat mencari makanannya di area persawahan karena disana terdapat banyak wereng yang menjadi menu utama makanannya, apalagi setelah masa tanam. Dan juga pada saat musim penghujan dimana kelembaban menjadi sangat tinggi dan populasi wereng menjadi membludak dan disitulah para serangga tomcat berpesta pora. Haha…

Tidak banyak referensi yang membahas mengenai makanan kesukaan tomcat secara detil merinci, akan tetapi informasi singkat ini semoga dapat berguna bagi anda pembaca setia blog sederhana kami ini. Artikel ini nanti akan selalu kita update mengikuti penelitian lebih lanjut dari para pakar ilmiah mengenai serangga ini.

Demikian pembahasan singkat mengenai apa itu makanan tomcat. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda. terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana ini dan jangan lupa untuk share ke medsos anda. Ja Mata ne