Inilah Ciri Anakan Kenari Jantan Umur 1 Bulan dan 2 Bulan

By | 21 Desember 2022
ciri-kenari-jantan-umur-1-bulan
Kenari jantan umur 1 bulan

Burung kenari atau Serinus canaria adalah spesies burung yang berasal dari keluarga Fringillidae. Burung ini berasal dari pulau Kanaria di wilayah Atlantik, namun sekarang telah tersebar luas ke seluruh dunia. Burung kenari terkenal sebagai burung hias yang memiliki kemampuan kicau yang indah.

Secara umum, burung kenari merupakan burung yang sangat mudah dijinakkan dan mudah dibesarkan. Mereka memiliki kemampuan berkicau yang indah dan sering digunakan sebagai burung dalam perlombaan burung kicau. Burung kenari juga sangat mudah ditemukan di pasar burung hias dan di toko-toko hewan peliharaan. Dengan perawatan yang tepat dan nutrisi yang baik, burung kenari dapat hidup hingga usia yang panjang, yaitu sekitar 10-15 tahun.

Burung kenari saat ini banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicau untuk diikutkan dalam perlombaan burung kicau. Jika Anda berminat memelihara dari anakan, maka Anda perlu mengetahui beberapa ciri umum anakan kenari yang bagus supaya tidak salah pilih dan nantinya menjadi burung yang super gacor seperti ini contohnya.

Ciri kenari jantan umur 1 minggu

Setelah beberapa hari menetas, yaitu kurang lebih 1 minggu, kita sudah bisa membedakan jenis kelamin burung kenari. Perbedaan antara jantan dan betina dapat dilihat dari ukuran tubuh dan terutama bagian perut. Umumnya, ukuran kenari jantan biasanya agak besar daripada kenari betina. Selain itu, pada bagian perut kenari jantan, terdapat pembuluh vena yang menuju ke kloaka (dubur), sedangkan pada burung betina tidak ada pembuluhnya.

Baca juga : Berikut ini Hewan Aneh dan Misterius yang Ditemukan di Dunia, Pasti Anda Belum Pernah Lihat !!!

Ketika sudah usia sekitar 7-10 hari, burung kenari anakan bulu warnanya sudah mulai terlihat. Kenari jantan biasanya warna bulu kepalanya terlihat lebih cerah khususnya di bagian kepala daripada kenari betina. Jika dilihat dengan seksama, kepala kenari jantan terlihat pipih dan beebeda dengan kepala kenari betina bentuknya bulat.

Ciri kenari jantan umur 1 bulan

Memiliki bulu yang halus dan lembut dan memiliki paruh yang panjang dan runcing, biasanya berwarna hitam atau coklat tua. Memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 15-20 cm dan berat sekitar 30-40 gram. Selain dari ukuran tubuh dan bentuk kepala, perbedaan jenis kelamin pada burung kenari juga dapat dilihat dari kloaka atau dubur. Pada kenari jantan, kloaka terlihat menonjol sedangkan pada kenari betina terlihat datar. Namun, perbedaan ini hanya bisa dikenali jika usia burung kenari sudah lebih dari 1 bulan.

Ciri kenari jantan umur 2 bulan

Bulu-bulunya semakin lebat dan terawat, terutama di bagian dada dan sayap. Paruhnya semakin panjang dan tebal, serta mungkin sudah mulai terlihat sifat-sifat yang khas dari jenis burung tertentu. Kaki dan ekornya semakin kuat dan tumbuh lebih panjang, umumnya kenari jantan memiliki tubuh yang ramping dan panjang daripada betina. Dengan Ukuran tubuhnya yaitu dengan panjang sekitar 20-25 cm dan berat sekitar 40-50 gram.

Pada usia tertentu, jenis kelamin burung kenari juga dapat dikenali dari bentuk matanya. Pada kenari jantan, mata terletak sejajar dengan paruhnya, sedangkan pada kenari betina mata tidak sejajar dengan paruhnya (lebih tinggi).

Demikianlah sedikit informasi tentang beberapa ciri kenari jantan umur 1 bulan dan 2 bulan yang dapat kita perhatikan pada berbagai usia. Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut, kita dapat membedakan jenis kelamin burung kenari dan merawatnya dengan lebih baik. Selain itu, mengetahui ciri-ciri fisik anak burung kenari jantan juga dapat membantu kita dalam memilih jenis burung kicau yang sesuai dengan keinginan kita. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memelihara burung kenari. Terima kasih dan salam lestari.