Kenapa Musang Tidak Mau Makan? Ini Dia Penyebabnya

By | 29 Januari 2023
kenapa-musang-tidak-mau-makan
Kenapa musang tidak mau makan

Musang sama seperti kebanyakan hewan lain, terkadang memiliki masalah dalam hal nafsu makan. Namun, terkadang musang mengalami masalah dalam hal makan, yang dapat menyebabkan masalah kesehatannya. Dan yang perlu diketahui sebagai diagnosa awal sebagai seorang pemelihara adalah mengetahui dengan cepat apa penyebabnya.

Pada paparan kali ini kita akan menjelaskan kenapa musang tidak mau makan dan beberapa penyebab yang menjadi masalah utamanya, serta langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah kenapa musang tidak mau makan, yuk mari kita bahas bersama.

Kenapa Musang Tidak Mau Makan

Masalah kesehatan

Musang dapat mengalami masalah kesehatan yang dapat menyebabkan tidak nafsu makan. Penyakit yang sering dialami musang adalah infeksi saluran pencernaan, infeksi usus, sembelit, obesitas, merasa bosan. Beberapa penyakit ini dapat menyebabkan musang merasa lelah dan tidak nafsu makan. Selain itu cedera juga dapat menyebabkan musang tidak nafsu makan. Cedera yang sering terjadi pada musang adalah cedera pada mulut dan gigi. Cedera ini dapat menyebabkan musang tidak dapat mengunyah atau menelan makanan dengan baik.

Lingkungan

Perubahan cuaca yang ekstrem dapat menyebabkan musang tidak nafsu makan. Cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat menyebabkan musang merasa tidak nyaman dan tidak nafsu makan. Idealnya musang menyukai suhu udara berkisar 10 sampai 27 derajat.

Ketersediaan makanan yang tidak stabil juga dapat menyebabkan musang tidak nafsu makan. Musang yang tidak dapat menemukan makanan yang cukup dapat mengalami masalah kesehatan dan tidak nafsu makan. Kemungkinan karena disebabkan stres dan lapar menjadi pemicunya.

Masalah kebiasaan

Musang yang sudah matang atau tua dapat mengalami masalah nafsu makan. Musang yang sudah matang cenderung lebih selektif dalam makanan yang dia makan.

Musang yang terbiasa dengan jenis makanan atau jadwal makan tertentu mungkin mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan perubahan pola makan atau rutinitas makan, yang menyebabkan kurangnya nafsu makan.

Cara Mengatasi Masalah Kenapa Musang Tidak Mau Makan

  • Langkah pertama dalam mengatasi kurangnya nafsu makan pada musang adalah memeriksakannya ke dokter hewan untuk mengetahui secara pasti masalah kesehatan yang mendasarinya.
  • Menyediakan lingkungan yang nyaman dan sesuai untuk musang, seperti mengatur suhu dan menciptakan habitat alami, juga dapat membantu merangsang nafsu makannya.
  • Menawarkan berbagai pilihan makanan, termasuk mangsa hidup dan diet seimbang, juga dapat membantu memikat musang untuk makan. Seperti minyak ikan, paha ayam, multivitamin, pisang dan lain lain. Tetapi jangan memberikan daging mentah.
  • Dalam beberapa kasus, pengobatan mungkin diperlukan untuk mengatasi kondisi kesehatan yang mendasarinya dan bisa merangsang nafsu makan musang.

Vitamin Untuk Musang

Nutriplus Gel
Vitagel
Curcuma Plus Untuk menambah nafsu makan
Dosis : Musang Dewasa : 1 cc sehari dan Anakan : 0 5 cc sehari

Stimuno Untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh
Dosis : 0.5 CC sehari musang dewasa. Tingkatkan dosis kalau sudah terbiasa dan tidak mencret.

Curcuma Plus Imuns Gabungan dari Curcuma plus dan Stimuno
Dosis : Dewasa : 1cc sehari dan Anakan : 0.5 cc sehari

Cyproheptadine (Periactin)
Adalah antihistamine yang digunakan untuk penyakit alergi atau asma pada manusia, tapi bagi hewan seperti musang peliharaan sebenarnya juga berpengaruh untuk menambah nafsu makan (appetite simultant). Dosis : Dewasa : 1 4 mg/kg (1 2x sehari) dan Anakan atau baby : 0.35 1 mg/kg 1 2x sehari).

Vitamin B12 Untuk menstimulasi nafsu makan, memperbaiki pergantian energi, & memperbaiki pencernaan makanan.

Implikasi masalah musang tidak mau makan

Kurangnya nafsu makan musang dapat menyebabkan kekurangan gizi dan masalah kesehatan lainnya, yang berpotensi menyebabkan kematian muasng. Musang tidak mau makan dapat disebabkan oleh masalah kesehatan, lingkungan, dan kebiasaan. Cara mengatasi masalah ini meliputi pemeriksaan kesehatan, perubahan lingkungan, perubahan jenis makanan, dan perlakuan medis.

Sarannya adalah untuk selalu memantau kondisi kesehatan musang dan menyediakan kandang yang bersih serta lingkungan yang sesuai serta jenis makanan yang seimbang. Demikianlah artikel mengenai kenapa musang tidak mau makan ini dapat kami sajikan untuk anda, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam lestari.