5 Macam Makanan Musang Biul Yang Sehat dan Cocok Diberikan Sehari-Hari

By | 23 Oktober 2022
makanan-musang-biul
Apa saja makanan musang biul?

Memelihara dan merawat musang biul lebih dipilih oleh para pemula yang baru pertama kali ingin memelihara hewan unik satu ini. Sebab, jika dibandingkan dengan jenis musang pandan dan musang rase perawatannya lebih mudah. Salah satu hal yang perlu Anda pahami ketika hendak memeliharanya di rumah adalah berbagai macam makanan musang biul.

Jika di Indonesia disebut sebagai musang biull, maka di negara barat namanya adalah Javan Ferret Badger. Berbeda dengan musang pandan yang hidup diatas pohon atau bersifat arboreal, maka musang biul lebih banyak menghabiskan waktunya di permukaan tanah.

Sehingga wajar apabila banyak orang ingin memeliharanya. Lantas, apa makanan musang biul? Simak pembahasan seperti dibawah.

Berbagai Macam Makanan Musang Biul yang Harus Diketahui

Pisang

Makanan pertama yang bisa Anda berikan kepada musang biul adalah pisang. Tentu bukan tanpa alasan, pisang dipilih karena buah satu ini bertekstur lembut sehingga musang biul dapat dengan mudah mencernanya. Anda dapat membeli pisang di pasar atau toko sayur dengan harga murah.

Pisang sangatlah cocok diberikan kepada anakan musang yang berusia masih dibawah umur 2 bulan. Anakan musang biul tidak akan merasa kesusahan ketika harus mengunyah dan mencernanya. Musang yang masih kecil tentunya kesulitan jika Anda memberikan makanan berupa daging. Jadi pisang cocok untuk makanan musang biul anakan.

Daging Ayam

Makanan musang biul satu ini tentu bukanlah rahasia umum lagi bagi kita semua. Sebab, di lingkungan masyarakat musang dikenal sebagai hewan pemangsa ayam ternak. Hal itu tidak berbeda seperti makanan musang biul di alam liar, musang begitu menyukai daging ayam.

Ketika Anda memiliki musang biul ternak yang berusia dewasa, maka bisa memberikan daging ayam sebagai makanan sehari-hari. Daging ayam bisa direbus setengah matang atau diberikan dalam keadaan mentah. Musang peliharaan tentu sangat senang ketika diberi daging ayam.

Bubur Bayi

Selain memberi buah pisang, Anda juga bisa membeli bubur bayi untuk kemudian dijadikan makanan bagi musang yang masih kecil atau anakan. Tekstur bubur bayi sudah didesain sedemikian rupa agar mudah dicerna oleh organ yang belum dewasa.

Bukan hanya teksturnya yang cocok bagi anakan musang, bubur bayi juga dipilih lantaran mengandung nilai gizi komplit. Tidak susah kok menemukan bubur bayi sebagai makanan musang, Anda bisa membelinya di minimarket atau toko terdekat.

Supaya anakan musang tidak ketergantungan bubur bayi, sebaiknya Anda menyelingi dengan makanan lain. Bisa memberikannya buah pisang yang sama-sama bagus untuk musang kecil.

Nasi

Pasti banyak diantara Anda yang tidak menyangka bahwa musang bisa diberi nasi sebagai makanan sehari-hari. Tentu bukan hanya nasi saja yang disuguhkan kepada musang, melainkan harus dicampur dengan bahan lain. Salah satu kombinasi yang pas adalah mencampur daging ayam dan nasi. Nasi bagus sebagai salah satu makanan musang biul karena didalamnya terkandung gizi cukup tinggi yaitu karbohidrat, biar musang biul cepat gemuk.

Susu

Untuk membantu memenuhi nutrisi musang biul yang Anda pelihara di rumah, maka tidak ada salahnya memberi susu selain makanannya yang biasa. Cara ini bisa Anda berikanlah susu minimal seminggu sekali atau boleh memberi dua kali setiap pekan. Tinggal menyesuaikan kemampuan Anda masing-masing.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh ketika memberikan susu sebagai minuman musang. Seperti membuat musang biul agar tidak mudah lesu dan aktif bergerak, sekaligus menghindarkannya dari kekurangan kalsium yang bisa membuatnya pincang.

Itu tadi adalah lima macam makanan musang biul yang harus diketahui oleh setiap pemula. Sehingga Anda tidak bingung lagi harus memberikan pakan apa buat si musang biull di rumah. Ketika kebutuhan nutrisinya terpenuhi melalui makan, maka musang biul bisa berkembang dengan baik. Semoga bermanfaat dan terima kasih.