Apakah Ketonggeng Berbahaya? Berikut Penjelasannya

Mungkin anda adalah satu dari sekian banyak orang yang bertanya-tanya, ini serangga apa ya? Pertama kali melihat pada pandangan pertama, yang ada dalam pikiran saya adalah pasti ini berbahaya.bagaimana tidak, bentuknya mirip kalajengking, yang mana dari jaman dulu sudah terkenal binatang beracun. karena penasaran, setelah itu barulah saya cari banyak informasi mengenai binatang yang satu ini Berbahaya atau tidak.

Apakah Ketonggeng Bahaya?
Apakah Ketonggeng Bahaya?

Apakah Ketonggeng Bahaya? Jawabannya sama sekali tidak. Meskipun binatang ini mirip dengan kalajengking yang berbahaya, tapi tidak untuk dia karena tidak memiliki bisa sama sekali. Ketungging dan kalajengking cambuk merupakan nama lain dari binatang ini. Binatang ini tidak menyengat atau menggigit. Tapi jangan salah, dia masih punya senjata rahasia nih yaitu perpaduan antara asam oktanoat dan asam asetat yang bisa dia semprotkan jika merasa terancam. Untuk manusia sih ga berbahaya kok, paling efeknya sedikit gatal atau klo parahnya bisa seperti rasa terbakar. Klo seandainya kamu terkena, cukup cuci aja pakai sabun terus dibilas pakai air udah beres.

Ketonggeng Hidup Dimana?

Kalau di alam, biasanya sih dia tinggalnya di kayu yang sudah lapuk gitu. Tapi banyak juga ditemui dirumah, nah biasanya mereka biasa ditemukan disaluran pembuangan air dari kamar mandi.Jadi, usahakan lubang pembuangan air kamar mandi kamu pakai tutup yang seperti jaring itu ya, biar dia ga bisa masuk. Karena ketonggeng hewan yang aktif dimalam hari, jadi wajar kalau kamu jarang melihat. Klo ngomongin fisiknya, binatang ini panjangnya hanya berkisar antara 10 – 15 cm aja, lebih kecil dari kalajengking.

Perbedaan Ketonggeng dan Kalajengking

Sudah sangat jelas perbedaannya antara ketonggeng dan kalajengking. Berikut rangkuman singkatnya.

KetonggengKalajengking
Ukuran lebih kecilUkuran lebih besar
Warna lebih pucatWarna hitam mengkilat
Senjata Zat asamSenjata berbisa neurotoksin
Capit lebih kecilCapit lebih besar
1 Cambuk1 Sengat
Perbedaan Ketonggeng dan Kalajengking

Cara Mengusir Ketonggeng Dari Rumah

Sebenarnya serangga ini tidak perlu diusir pun bakal menghilang sendiri. Tapi bagi yang baru melihat binatang ini sebaiknya tidak dibunuh, cukup ambil kantong plastik dan kayu jika anda takut atau jijik untuk langsung memegangnya. Kemudian masukan ke kantong plastik dan buanglah keluar rumah. Bisa ke selokan atau tempat yang lain yang banyak kecoanya, karena ketonggeng suka makan kecoa atau sejenisnya.

Cara Mengatasi Sengatan Ketonggeng

Sebenarnya bukan menyengat ya, tapi menyemprotkan cairan asam oktanoat dan asam asetat yang berbau seperti cuka. Jika kamu terkena semprotan ketonggeng ini, cukup siram dengan air dan sabun sampai bersih kemudian dibilas. Jadi tidak berbahaya bagi manusia ya, tidak perlu dikhawatirkan. Cara ini juga ampuh untuk menghilangkan bau ketonggeng yang mirip bau cuka tersebut. Klo ketonggeng bahasa sunda apa iya? Karena saya bukan orang sunda, jadi kurang tahu. Mungkin kalau ada yang tau bisa beritahu di komen ya…

Apakah Ketonggeng Bahaya?
Apakah Ketonggeng Bahaya?

Harga Ketonggeng

Saya juga baru tahu kalau ketonggeng bisa dijual, Berikut harga yang sudah saya rangkum dari berbagai marketplace dan internet.

1.Tokopedia 25.000
2.Bukalapak 20.000
3.Lain lain 25.000

Hanya ini yang saya dapat dari pencarian saya mengenai harga jual ketonggeng

Manfaat Kalajengking Cambuk atau Ketonggeng Bagi Manusia

Kalau ada ketonggeng dirumah khususnya di kamar mandi, usahakan jangan dibunuh ya…karena ketonggeng ini makanan utamanya adalah kecoa. Artinya dia lah yang mengontrol populasi si kecoa agar tidak berkembang biak secara brutal. Dengan adanya ketonggeng, populasi kecoa akan aman terjaga. Jadi sangat bermanfaat ya bagi kehidupan manusia, jangan maen dibunuh aja, kasian tahu. Hehehe…

Kesimpulan

Intinya ketonggeng itu tidak berbahaya bagi manusia. Jika kamu menemuinya di rumah (biasanya kamar mandi) usahakan jangan dibunuh. Karena ketonggeng makanan utamanya adalah kecoa, dengan kata lain dia dapat menjaga populasi kecoa agar tidak terlalu banyak. Cukup sekian dulu artikel mengenai serangga, binatang, hewan atau apalah namanya. Yang pasti tetap jaga kelestarian alam kita agar tetap seimbang. Semoga bermanfaat dan terima kasih. jangan lupa di share ya sekiranya info ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar