Inilah Sarang Kalajengking Di Mana Ia Tinggal dan Bertahan Hidup

By | 25 Mei 2022
sarang-kalajengking-dimana-ia-hidup-dan-tinggal
Sarang kalajengking

Kalajengking merupakan hewan yang memiliki delapan kaki beruas serta tercatat ke dalam golongan Ordo Scorpiones pada kelas Arachnida. Untuk pembahasan ringan kali ini kita akan coba membahas mengenai sarang kalajengking, dimana tempat tinggal kalajengking, kalajengking hidup dimana, tempat persembunyian kalajengking dan lain sebagainya.

Dimana tempat tinggal kalajengking? Jika di alam liar kalajengking suka hidup dan bersarang di lubang-lubang kecil di tanah, biasanya dapat kamu temui disekitar pematang sawah, kebun dan lainnya. Tapi ada juga kalajengking yang bersarang di sekitar pekarangan rumah kita, contohnya seperti di tumpukan batu bata atau genteng yang tidak terpakai, tumpukan bebatuan, material bekas bangunan, beton dan masih banyak yang lainnya. Itulah sarang kalajengking di rumah yang mungkin bisa kamu temui kapan saja.

Ciri Ciri Sarang Kalajengking

Biasanya kalajengking menyukai tempat yang lembab, oleh karena itu sebagian besar sarangnya adalah di tempat yang lembab pula. Seperti yang sudah kita utarakan di atas tadi. Misalnya tumpukan batu, genteng, batu bata, bekas pohon tumbang yang sudah mulai membusuk, lubang-lubang kecil di gundukan tanah yang merupakan sarang dimana kalajengking hidup, karena di tempat tersebut juga terdapat makanan dari kalajengking seperti kecoa, kelabang, lipan, jangkrik, semut dan serangga kecil lainnya.

Jadi jika ada orang yang bertanya kalajengking tinggal dimana, tentu saat ini kamu sudah tahu jawabannya. Selain berbicara mengenai tempat hidup kalajengking, banyak juga orang yang penasaran apakah benar kalajengking hidup di air? Habitat asli dari kalajengking sebenarnya bukan di air, akan tetapi dia juga memiliki kemampuan untuk dapat bertahan ketika berada di dalam air. Hal ini dikarenakan seekor kalajengking mempunyai paru-paru buku yang sekilas terlihat seperti insang yang merupakan alat pernapasan pada ikan.

Ada Kalajengking Dalam Rumah Pertanda Apa?

Menurut informasi yang kita dapat, katanya sih ada kaitannya dengan santet. Tapi menurut sudut pandangan kami pribadi dikarenakan lingkungan rumah yang kotor dan berantakan atau tidak rapih, jarang bebersih sehingga banyak kalajengking atau serangga lainnya yang betah tinggal disitu. Logika aja sih kalau menurut kita, kalau lingkungan bersih sepertinya serangga atau hewan berbahaya lainnya tidak akan betah tinggal di pekarangan rumah kita. So, jangan malas ya untuk bersih-bersih pekarangan sendiri.

Dimana Kalajengking Bersembunyi?

Kalajengking menyukai tempat yang lembab, seperti di lubang-lubang tanah, tumpukan genteng, batu bata, bebatuan, barang-barang bekas, pohon yang sudah tumbang. Ketika kamu mencoba mencari kalajengking di sekitar rumahmu, cobalah buka tumpukan batu bata yang sudah lama di letakkan di tempat itu. Kemungkinan besar kamu akan menemui serangga berkaki delapan ini atau minimal bisa menemukan serangga lain, pasti ada. Itulah di mana tempat tinggal kalajengking.

Beberapa Jenis Kalajengking Yang Sering ditemui di Sekitar Rumah :

  • Kalajengking kayu
  • Black Hair Scorpion
  • Chaerilus celebensis
  • Leiurus quinquestriatus
  • Kalajengking Hutan Asia

Cara Mengusir Kalajengking Dari Rumah

Kalajengking yang dikenal banyak masyarakat Indonesia sebagai serangga yang beracun tentunya membuat kita khawatir dengan keberadaannya yang menjadikan pekarangan rumah kita sebagai sarang dan tempat persembunyiannya. Oleh karena itu beberapa tips ini mungkin akan sedikit bermanfaat guna mencegah kalajengking masuk ke area rumah kita. Yuk mari kita simak bersama.

  • Mulailah dengan rajin-rajin bersih-bersih pekarangan sekitar rumah
  • Letakkan lem tikus sebagai jebakan di tempat persembunyian kalajengking
  • Jika langsung berhadapan dengan kalajengking, tangkap menggunakan tali rafia dan buang jauh dari rumah
  • Berikan air jeruk nipis yang diduga tempat tinggal kalajengking
  • Atau bisa juga memakai pemutih pakaian semprotkan ke sarang atau ke badan kalajengking
  • Alternatif lain kamu juga bisa menggunakan cuka untuk disemprotkan ke badannya
  • Usir secara alami dengan menanam bunga Lavender
  • Pelihara kucing sebagai predator bagi kalajengking

Demikianlah pembahasan mengenai sarang kalajengking pada artikel ini, semoga bisa menambah pengetahuan anda dan bermanfaat dikemudian hari jika di rumah anda ada kalajengkingnya. Sejatinya hewan penyuka tempat lembab tidak akan menyukai tempat yang bersih, jadi saran bagi kamu semua jangan malas untuk membersihkan sekitar pekarangan rumah maupun di dalam rumah itu sendiri. Mohon maaf jika banyak penulisan yang kurang baik. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel lainnya.