Apakah Makanan Alami Dari Laron? Berikut Ini Penjelasan Singkatnya

By | 25 Januari 2022

Laron adalah serangga yang dulunya adalah rayap, bisa dibilang rayap yang bersayap.Hehe.. Ada juga yang menyebutnya anai-anai, serangga ini biasanya suka keluar pada malam hari untuk mencari kehangatan melalui sumber cahaya yang biasanya terdapat pada lampu-lampu yang ada di rumah orang, karena disarangnya suhunya dingin jadi dia pergi keluar mencari kehangatan.

makanan laronmakanan rayap
Makanan Laron

Apakah makanan laron? Makanan alami dari laron atau rayap ini adalah kayu kering, biasanya sering kita dapati di rumah memakan perabot rumah seperti lemari, kursi, meja yang terbuat dari kayu. Itu ketika dia masih menjadi rayap. Dan ketika sudah dewasa atau sudah menjadi rayap makanan laron itu adalah jamur yang warnanya itu putih dan ada rongganya, mirip seperti sponge. Jamur ini murni hasil dari bertani dari para rayap atau laron tersebut dan letaknya di dalam sarang mereka. Ini juga berfungsi sebagai cadangan makanan yang sewaktu-waktu bisa langsung dimakan buat laron dan anak laron juga. Itulah makanan kesukaan laron. Jadi kalau nanti ada yang bertanya ” makanan laron apa ya “, anda sudah bisa menjawabnya.

Rayap atau Laron adalah Arsitek Handal

Serangga yang tidak bisa melihat dan mendengar ini juga bisa ditemui di alam liar. Biasanya dia membuat sarang yang cukup besar jika berada di alam liar, bahkan pernah didapati tingginya mencapai 7 meter. Dengan ukuran tubuh yang sangat kecil tapi bisa membangun sarang yang begitu besar ini sungguh luar biasa, salah satu arsitek yang mumpuni.

Perbedaan Laron dan Rayap

Beda waktu dulu masih unyu-unyu dengan sebutan rayap, serangga ini banyak menghabiskan waktunya di sarang yang kering. Dan ketika sudah usia dewasa atau sudah menjadi laron, barulah dia keluar untuk mencari pasangan dan membuat koloni baru. Biasanya keluar dari sarang ketika kelembaban di dalam sarangnya sudah tinggi, ini biasanya terjadi pada saat musim penghujan. Oleh karena itu laron sering kita jumpai di saat musim hujan. jadi laron itu datangnya dari sarangnyalah.

Olahan Makanan Dari Laron

Sejak dahulu laron sudah sering dimanfaatkan sebagai tambahan makanan bagi manusia, karena pada laron kandungan proteinnya sangat tinggi. Untuk olahannya sendiri kebanyakan dibuat rempeyek yang digoreng kering dengan tepung, mungkin disetiap daerah berbeda-beda olahannya. Tapi yang sering kita jumpai adalah rempeyek. Berbeda ketika waktu masih jadi rayap, seringnya dibuat untuk pakan ternak seperti ayam, burung, bebek dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan artikel kali ini mengenai apa itu makanan laron. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda di dunia fauna. Jika dirasa informasi ini berguna, silahkan boleh anda bagikan ke sosmed anda seperti facebook, Twitter dan lain sebagainya. Terima kasih dan salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *