Cara Mengusir Katak Dari Kolam Ikan Dengan Mudah

By | 18 September 2022
cara-mengusir-katak-dari-kolam-ikan
Cara mengusir katak dari kolam ikan

Katak yang berada di sekitar kolam memang sangat meresahkan. Sebab, katak yang masuk ke dalam kolam bisa membuatnya memangsa ikan kecil yang berada di kolam tersebut. Tentu hal tersebut akan merugikan si pemilik kolam. Ada berbagai cara mengusir katak dari kolam ikan tanpa membunuhnya.

Apabila tidak diusir bisa membuat kolam ikan tersebut kotor. Apalagi jika katak tadi bertelur dan telur tersebut termakan oleh ikan. Biasanya ikan akan keracunan dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Lantas bagaimana cara mengusir katak dari kolam ikan? Diantaranya yang harus kamu lakukan adalah tutup kolam ikan, redupkan lampu di sekitar kolam dan untuk selengkapnya langsung saja kita bahas untuk lebih detilnya. Tanpa basa-basi lagi, di bawah ini akan diberitahu cara mengusir katak dari kolam ikan.

Cara Mengusir Katak Dari Kolam Ikan Tanpa Membunuhnya

Tutup Kolam Ikan

Untuk cara yang pertama yaitu dengan menutup kolam ikan tersebut. Namun, ada beberapa prosedur yang harus dilakukan sebelum melakukan penutupan kolam. Pemilik kolam dapat melakukannya dengan cara berikut :

  • Katak yang sudah terlanjur masuk ke kolam, sebaiknya tangkap terlebih dahulu.
  • Apabila sudah tertangkap semua, maka jangan buang sembarangan katak tersebut.
  • Lebih baik katak tadi dikembalikan ke tempat asalnya yaitu semak-semak.
  • Jika kolam ikan sudah bersih dari katak maka bisa dilakukan penutupan kolam.
  • Untuk menutupnya bisa menggunakan terpal yang tinggi, bisa juga dengan membuat pagar yang cukup tinggi.

Redupkan Lampu Di Sekitar Kolam

Cara mengusir katak dari kolam ikan yang selanjutnya adalah dengan mematikan lampu di sekitar kolam. Memang, ada yang mengatakan bahwa katak menyukai tempat yang gelap. Sehingga, banyak yang memilih untuk membuat penerangan di sekitar kolam.

Namun, biasanya serangga menyukai tempat yang terang. Jadi, serangga sudah pasti akan mendekati lampu tersebut. Jika serangga muncul biasanya diikuti dengan munculnya katak. Sehingga, di sekitar kolam buatlah lampu dengan pencahayaan yang redup saja.

Memelihara Hewan Lain

Ada beberapa hewan yang ditakuti oleh katak, seperti kucing serta anjing. Jika ingin mengusir katak dengan cara yang halus maka bisa memelihara dua hewan tersebut. Dijamin, katak tidak akan berani lagi mendekat ke kolam.

Tempatkan hewan peliharaan Anda di dekat kolam, biarkan hewan tersebut berkeliaran bebas. Katak pun sudah pasti akan pergi bila melihat kucing atau anjing. Kolam pun akan segera bersih dari yang namanya katak.

Menggunakan Ampas Kopi

Ternyata ampas kopi atau kopi yang sudah bekas minum bisa dimanfaatkan kembali untuk mengusir katak dari kolam ikan. Tentunya cara satu ini sangat simple serta tak memerlukan peralatan apapun. Inilah cara mengusir katak dengan memanfaatkan ampas kopi :

  • Siapkan ampas kopi yang sudah pernah dipakai.
  • Lalu taburkan kopi bekas tersebut ke daerah sekitar kolam ikan.
  • Ampas kopi bisa dicampur dengan tanah.
  • Katak tidak menyukai aroma kopi dan tanah.
  • Tunggu beberapa saat, katak pun akan segera pergi

Menggunakan Garam

Selain ampas kopi, bahan dapur seperti garam juga bisa digunakan untuk mengusir katak dari kolam ikan. Tentunya cara yang digunakan sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri. Berikut untuk cara mengusir katak menggunakan garam :

  • Siapkan garam dapur yang biasa digunakan untuk memasak.
  • Setelah itu, taburkan garam tersebut di sekitar kolam ikan.
  • Katak yang terkena garam tersebut sudah pasti akan pergi.
  • Hewan katak tidak menyukai garam, karena memiliki sifat panas yang dapat membakar kaki katak.
  • Jadi, katak pun sudah pasti tidak akan mendekat ke kolam ikan tersebut.

Itulah berbagai cara mengusir katak dari kolam ikan dengan menggunakan berbagai teknik yang mudah. Tinggal pilih saja akan menggunakan cara yang mana, karena semua cara memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengusir katak dari kolam ikan.

Demikian informasi terkait cara usir katak ataupun kodok dari kolam ikan yang dapat kami berikan, semoga pada halaman rumah dan kolam kamu senantiasa aman dari katak, apalagi jangan sampai masuk ke ruangan kamar atau dinding, terlebih lagi katak beracun. Semoga bermanfaat dan terima kasih.