Inilah Semua Ciri Katak Beracun Yang Ada Di Indonesia dan Dunia

By | 19 September 2022
katak-beracun-di-indonesia
Ciri katak beracun

Katak merupakan hewan amfibi yang seperti diketahui bisa bertahan di darat dan juga air. Namun, tahukah kamu bahwasannya jenis katak beracun itu ada beraneka macam. Bahkan, terdapat ciri katak beracun yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Tentunya informasi mengenai katak beracun ini sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat umum sebagai upaya dari kewaspadaan.

Mengapa sangat penting? Karena tidak semua orang mengetahui tentang mana katak yang beracun serta mana yang tidak. Pasalnya, katak beracun ini sangat berbahaya sekali. Maka dari itu, kenali ciri katak yang beracun di bawah ini untuk dapat membedakan.

Apakah ciri-ciri katak beracun di jawa, katak beracun di indonesia dan katak paling beracun di dunia? Berikut jawabannya akan kita rangkum berdasarkan jenisnya masing-masing, selengkapnya dibawah ini.

Beberapa Ciri Jenis Katak Beracun di Indonesia

Ada beberapa ciri katak beracun yang biasanya dari bentuknya saja sudah berbeda dengan katak biasa. Memang sekilas tidak terlihat beracun dari tampilan fisiknya, namun sebenarnya ada ciri tertentu yang membuatnya bisa dikategorikan beracun.

Untuk ciri yang pertama yaitu dapat dilihat dari aktivitas katak tersebut. Biasanya katak yang beracun akan lebih aktif pada siang hari. Sebaliknya justru pada malam hari, katak beracun akan menggunakan waktunya untuk beristirahat. Jadi, waspadalah jika menemui katak pada siang hari.

Ciri katak beracun yang kedua adalah dilihat dari warna kulit katak tersebut. Biasanya katak yang beracun memiliki warna kulit yang lebih terang dibandingkan dengan katak yang tidak beracun. Sehingga, saat menemui katak dengan warna yang cerah serta cantik berhati-hatilah.

Pada ciri yang selanjutnya ini adalah pola atau bentuk badan dari katak tersebut. Katak beracun memiliki pola tubuh dengan bentuk aposematic. Pola tersebut mempunyai fungsi untuk pertahanan yaitu memberikan peringatan kepada mangsanya agar jangan mendekat dan memakannya.

Jadi, apabila menemui katak dengan ciri di atas sebaiknya perlu waspada dan hati-hati. Karena, jika sampai terkena air liurnya bisa membahayakan. Walaupun, dari luar terlihat cantik dan menawan ternyata justru beracun dan mematikan. Selain itu, di dunia ini juga ada berbagai jenis katak beracun.

Jenis Katak Paling Beracun Di Dunia

Terdapat berbagai jenis katak beracun yang hidup disekitar manusia. Jenis katak ini tersebar berdasarkan tempat asalnya di berbagai belahan dunia. Berikut akan disajikan informasi beberapa katak beracun yang saat ini masih ada. Untuk lebih jelasnya, ikuti penjelasan berikut :

Katak Asia

Untuk jenis yang pertama yaitu ada katak asia, biasanya katak ini disebut dengan bangkong. Tinggal di daerah Asia, seperti Indonesia serta negara Asia lainnya. Jenis katak ini biasanya akan menghancurkan populasi hewan lain seperti elang serta ular.

Granular Poison Frog

Jenis yang berikutnya yaitu ada granula poison frog. Katak ini biasanya ada di daerah dengan iklim tropis rendah, seperti Panama. Mempunyai warna orange yang cerah akan membuat siapa saja tertipu. Di kulitnya juga terdapat beberapa butiran halus.

Blue Poison Dart Frog

Pada jenis yang berikutnya yaitu ada blue poison dart frog. Memiliki ciri yang sangat khas yaitu berwarna biru menawan. Namun, justru dari warna biru tersebutlah menyimpan banyak sekali racun. Nah, racun tersebut dapat digunakan untuk melumpuhkan lawan atau mangsa.

Strawberry Poison Dart Frog

Katak beracun yang selanjutnya ini yaitu ada strawberry poison dart frog. Sesuai dengan namanya, katak ini memiliki ukuran yang kecil seperti buah strawberry. Dilihat dari warnanya juga mirip dengan bauh tersebut.

Black Legged Dart Frog

Untuk jenis katak beracun yang terakhir ini adalah black legged dart frog. Jenis katak merupakan katak yang paling mematikan. Bahkan, bisa mematikan manusia juga hanya dengan cairan yang ada di dalam tubuhnya.

Baiklah, itu tadi merupakan ciri katak beracun disertai dengan jenis-jenis yang berbahaya di Indonesia dan dunia. Apabila menemui jenis katak dengan ciri di atas, sebaiknya menghindar saja. Karena, sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Semoga informasi ini bermanfaat, sampai bertemu di pembahasan artikel lainnya dan terima kasih. Salam.