Berikut Makanan Kodok Pacman Ketika Masih Kecil dan Dewasa

By | 16 September 2022
makanan-kodok-pacman
Apa makanan kodok pacman?

Kodok pacman adalah karnivora, dia akan memakan apa saja yang ada di depannya tak terkecuali sesama kodok dengan beda jenis atau sejenis, pasti akan dia lahap. Tapi ini berlaku untuk hewan yang seukuran atau lebih kecil daripada ukuran tubuhnya. Nafsu makan yang tinggi ini sudah dia perlihatkan sejak kodok pacman ini masih berupa kecebong, bahkan saling memakan antar sesama kecebong alias kanibal.

Lantas sebenarnya apa saja sih makanan kodok pacman ini? Seperti yang disinggung tadi diawal, kodok pacman ini memakan segala sesuatu yang ada di depannya, mangsa yang dia makan biasanya sih sesuai dengan ukurannya (setengah dari ukuran kodok pacman). Jadi kita coba bagi sesuai ukuran dari si kodok pacman tersebut.

Apa Makanan Kodok Pacman Ketika Masih Kecil dan Dewasa?

Ketika masih kecil kodok pacman biasa diberi makan ulat hongkong, udang, jangkrik kecil, cacing tanah dan ikan kecil. Akan tetapi jika telat memberi makan, kemungkinan besar saudaranya akan menjadi menu makan dia saat itu juga. Biasanya ini diberikan ketika dia baru berumur satu bulan.

Dan pada saat menjadi kodok pacman dewasa nafsu makannya akan sedikit menurun, meskipun masih lumayan tergolong tinggi. Pada usia ini makanan pacman frog sudah bisa diberi anak tikus, ikan dan jangkrik ukuran normal. Ketika diberi makan, kamu bisa letakkan di wadah kecil yang ada di kandangnya, karena jika diberi makan langsung dari tangan pasti dia gigit itu tangan kamu.

Dikarenakan nafsu makan yang tinggi dari kodok pacman ini, kamu wajib memperhatikan pola makannya agar tidak terlalu berlebihan. Karena bisa menimbulkan banyak penyakit nantinya. Penyakit kodok pacman biasanya adalah kebutaan, kembung, sindrom toxic dan lain-lain. Pembahasan lengkap terkait penyakit kodok pacman nanti kita bahas di artikel lainnya saja.

Cara Pemberian Makan Kodok Pacman

Untuk kodok pacman yang masih kecil, pakan bisa kamu beri setiap 2 – 3 hari sekali saja. Sedangkan untuk kodok pacman dewasa cukup 1 kali dalam seminggu, selanjutnya setiap 10 sampai dengan 14 hari sekali saja. Kemudian untuk tambahan nutrisi makanan bisa kamu berikan kalsium dan vitamin (dicampur dengan pakan) setiap seminggu sekali untuk yang masih kecil (ukuran 5 sampai 7 cm), dan 3 sampai 4 minggu sekali untuk kodok pacman yang sudah dewasa (ukuran 7 sampai 12 cm). Kamu bisa cari vitamin dan kalsium ini di marketplace favorit kamu.

Khususnya jika katak pacman masih berusia muda, asupan kalsium ini perlu mendapatkan perhatian lebih. Karena ketika masih muda adalah masa pertumbuhan, jadi agar tulang-tulangnya tumbuh maksimal dan sehat ketika sudah dewasa. Apabila asupan kalsium tercukupi maka akan menunjang sekali ke tampilan fisik si pacman frog, selain itu tulang juga tumbuh sehat dan maksimal tentu akan terhindar penyakit cacat seperti mulut bengkok dan kakinya kecil. Dengan perawatan seperti ini kodok pacman kemungkinan besar akan selalu sehat dan umurnya bisa mencapai 5 sampai 7 tahun.

Tak lengkap rasanya membahas pakan tanpa minumnya. Untuk wadah minumnya usahakan yang lebar dengan pemberian air yang tidak melebihi tinggi badan kodok pacman tersebut. Karena kodok ini tidak bisa berenang, selain itu kamu wajib mengganti tiap hari karena selain untuk minum biasanya kodok pacman juga akan pup disitu.

Demikian artikel yang dapat kita rangkum untuk menjawab pertanyaan Pacman frog makan apa? Semoga bisa menambah wawasan khususnya dunia kodok perpacmanan dan semoga bermanfaat. Terima kasih dan sampai bertemu di artikel lainnya. Salam.