Berikut Ciri ciri Kacer Sesak Nafas dan Cara Mengatasinya

By | 9 Desember 2022
ciri-ciri-kacer-sesak-nafas
Ciri ciri kacer sesak nafas

Ketika Anda mendapati burung kacer yang biasanya sering berkicau dan melompat dengan lincahnya, akan tetapi tiba-tiba kicauan tersebut mulai jarang terdengar atau bahkan sama sekali tidak berkicau, Mungkin Anda perlu sedikit menyelidiki apa yang terjadi pada burung kacer Anda.

Kebanyakan jika kacer sudah jarang berkicau, pasti setidaknya ada penyebabnya. Salah satunya adalah gangguan kesehatan pada burung kacer itu sendiri. Silahkan Anda perhatikan dengan seksama kira-kira apa yang terjadi dengan burung kacer tersebut. Diantara banyaknya gangguan kesehatan pada burung, salah satunya adalah sesak nafas. Contohnya seperti ini.

Ciri Ciri Kacer Sesak Nafas

Sesak nafas adalah suatu kondisi dimana seseorang merasa kesulitan untuk bernafas. Pada burung kacer, ciri-ciri sesak nafas dapat dilihat dari cara bernafasnya yang terlihat cepat dan tidak teratur, serta seringkali terlihat mengembangkan kulit di sekitar leher dan dada saat bernafas.

Selain itu, ciri ciri kacer sesak nafas juga dapat terlihat lemah fisiknya dan tidak bergairah, serta mungkin mengalami penurunan berat badan yang drastis. Jika Anda masih merasa ragu bahwa kacer Anda ini mengalami sesak nafas, sebaiknya segera periksakan ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga : Berikut ini Hewan Aneh dan Misterius yang Ditemukan di Dunia, Pasti Anda Belum Pernah Lihat !!!

Biasanya gejala burung sesak nafas pada beberapa burung kicau lainnya juga dapat mengalami batuk atau pilek, serta terkadang dapat mengeluarkan cairan dari saluran pernafasannya. Termasuk gejala yang terjadi pada burung kacer.

Penyebab Burung Sesak Nafas

Penyebab burung mengalami sesak nafas dapat bervariasi, tergantung pada faktor-faktor seperti umur, jenis burung, dan lingkungan tempat burung tersebut hidup. Beberapa penyebab burung sesak nafas antara lain infeksi saluran nafas, alergi, reaksi terhadap makanan atau obat-obatan tertentu, atau bahkan kondisi kesehatan yang lebih serius seperti tumor atau penyakit jantung.

Cara Mengatasi Kacer Sesak Nafas

Untuk mengatasi kacer yang sesak nafas, pertama-tama Anda perlu menentukan penyebabnya. Bila penyebabnya adalah infeksi saluran pernafasan, maka Anda bisa menggunakan obat burung seperti ORNITHO, Noill atau trimezyn-b untuk mengobatinya. Jika penyebabnya adalah masalah kesehatan lain, seperti kekurangan oksigen atau kelebihan karbon dioksida, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terkait untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jangan lupa untuk dijemur pada pagi hari maksimal jam 10 supaya bisa memberikan cukup udara segar dan menjaga lingkungan sekitar kacer agar tetap bersih dan sehat.

Tips Alami Agar Burung Tidak Sesak Nafas atau Megap Megap

  • Pastikan burung Anda diberikan makanan dan minuman yang cukup untuk takaran gizinya, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.
  • Sediakan sangkar yang cukup luas dan nyaman untuk burung Anda, serta jaga agar kandang tetap bersih dan jemur di pagi hari.
  • Sesekali letakkan burung Anda di sangkar burung yang besar, supaya dia bisa leluasa terbang dan bermain di kandang yang besar tersebut.
  • Jangan lupa untuk memberikan perawatan rutin, termasuk pemeriksaan kesehatan dan pemberian makanan tambahan seperti multivitamin dan suplemen yang cukup, agar burung Anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit.
  • Jika Anda menemukan tanda-tanda burung kacer Anda sakit, segera berikan penanganan yang tepat atau juga tidak bisa sendiri, silahkan bawa ke dokter hewan.

Selain beberapa hal tadi, yang perlu menjadi catatan adalah burung kacer lebih suka suhu yang hangat, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Oleh karena itulah sebabnya dianjurkan agar burung kacer dijemur ketika dipagi hari, supaya suhu tubuh kacer tetap stabil dan staminanya prima.

Demikianlah pembahasan mengenai ciri ciri kacer sesak nafas dan bagaimana cara mengobati burung yang sesak nafas tersebut. Semoga informasi ini banyak manfaatnya dan kacer Anda bisa kembali gacor. Terima kasih dan salam lestari.