Sudah Tahu Belum? Inilah Ciri Ciri Leopard Gecko yang Sehat

By | 9 Desember 2022
ciri-ciri-gecko-sehat
Ciri ciri gecko sehat

Siapa yang tidak ingin hewan peliharaannya tumbuh sehat, lincah dan bisa menghasilkan keturunan yang banyak. Apalagi kalau kita adalah peternak hewan yang banyak digemari oleh orang-orang pecinta reptil. Pasti menyenangkan bukan dan pastinya peluang meraup cuan sebanyak-banyaknya dari menjual hewan yang banyak dijadikan hoby ini.

Agar Anda bisa menjual dan menghasilkan hewan peliharaan yang sehat, khususnya seperti leopard gecko ini, Anda tentu perlu mempunyai pengetahuan mengenai bagaimana ciri ciri gecko sehat itu. Supaya ketika gecko terjual tidak ada lagi komplain dari customer karena geckonya bermasalah dengan kesehatan alias sakit.

Baca juga : Berikut ini Hewan Aneh dan Misterius yang Ditemukan di Dunia, Pasti Anda Belum Pernah Lihat !!!

Ciri Ciri Gecko Sehat

Leopard gecko adalah hewan yang sangat mudah dalam perawatannya. Jika Anda belum yakin memiliki leopard gecko yang sehat, maka beberapa hal berikut yang dapat Anda perhatikan ciri ciri gecko sehat adalah :

1.Berat badan yang normal

Gecko yang sehat akan memiliki berat badan yang normal untuk usia dan jenisnya. Jika Anda merasa bahwa gecko Anda terlihat kurus atau terlalu gemuk, maka sebaiknya Anda mencari informasi berapa berat ideal gecko atau membawanya ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Contohnya seperti ini.

2.Kulit yang sehat

Gecko yang sehat akan memiliki kulit yang bersih dan tidak berlubang. Jika Anda melihat bahwa gecko Anda memiliki luka atau lubang di kulitnya, sebaiknya Anda cari tahu solusinya.

3.Gerakan yang aktif

Gecko yang sehat akan memiliki gerakan yang aktif dan tidak terlihat lesu. Jika Anda melihat bahwa gecko Anda terlihat lesu atau tidak aktif, maka patut Anda curigai.

4.Nafsu makan yang baik

Gecko yang sehat akan memiliki nafsu makan yang baik dan akan makan dengan rutin sesuai kebutuhan nutrisinya. Jika Anda melihat bahwa gecko Anda tidak mau makan atau makan dengan jumlah yang tidak normal, maka sebaiknya Anda perlu periksa kembali.

5.Pup atau buang kotoran yang teratur

Gecko yang sehat akan memiliki kotoran yang teratur dan tidak berbau. Jika Anda melihat bahwa gecko Anda memiliki kotoran yang tidak teratur atau berbau.

Jika Anda bisa memastikan ciri-ciri tersebut di atas ada, maka kemungkinan besar gecko Anda dalam keadaan yang sehat walafiat. Namun, jika Anda merasa ada sesuatu yang tidak beres atau tidak seseuai dengan ciri ciri gecko di atas, maka sebaiknya Anda membawanya ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Apakah gecko bisa stress?

Ya, gecko bisa mengalami stres. Stres adalah reaksi tubuh terhadap perubahan lingkungan atau situasi yang menantang. Gecko, seperti hewan lainnya, dapat mengalami stres akibat perubahan lingkungan atau situasi yang tidak nyaman baginya.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan stres pada gecko, berikut ciri gecko stress diantaranya :

1.Perubahan lingkungan

Gecko dapat mengalami stres jika lingkungan tempat tinggalnya diubah secara drastis atau jika ia dipindahkan ke tempat yang baru.

2.Kekurangan nutrisi.

Gecko yang tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dapat mengalami stres karena kekurangan gizi.

3.Kelebihan suhu

Suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan stres pada gecko.

4.Kehadiran predator

Gecko dapat mengalami stres jika merasa terancam oleh predator.

5.Kekurangan ruang

Gecko yang tidak memiliki cukup ruang untuk bergerak dapat mengalami stres.

Jika Anda merasa leopard gecko sudah mengalami stres, tidak ada salahnya untuk dibawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dokter hewan dapat memberikan saran dan bantuan untuk mengatasi stres yang dialami oleh gecko Anda.

Selain penyebaab stress di atas ada lagi yang membuat gecko stress salah satunya leopard gecko mengalami ovulasi, yaitu proses pembuahan dan pengeluaran telur yang matang dari ovarium. Namun, gecko tidak dapat mengalami ovulasi setiap bulan seperti halnya manusia. Gecko biasanya mengalami ovulasi hanya setelah terjadi persilangan atau setelah berpindah ke tempat yang baru.

Beberapa Ciri ciri Gecko Ovulasi adalah :

1. Membesar di bagian perut

Gecko yang sedang mengalami ovulasi biasanya akan memiliki perut yang membesar karena telur yang tumbuh di dalamnya.

2.Berat badan yang meningkat

Gecko yang sedang mengalami ovulasi biasanya akan mengalami peningkatan berat badan karena telur yang tumbuh di dalamnya.

3.Mengeluarkan telur

Gecko yang sedang mengalami ovulasi akan mengeluarkan telur dari tubuhnya. Anda dapat melihat telur yang keluar dari duburnya atau yang tersembunyi di tempat persembunyiannya.

Jika Anda melihat salah satu atau beberapa ciri di atas pada gecko Anda, maka kemungkinan besar gecko Anda sedang mengalami ovulasi. Namun, jika Anda masih ragu atau tidak yakin, sekali lagi kita sarankan Anda membawanya ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Karena dokter hewan adalah ahlinya hewan.

Itulah pembahasan terkait ciri ciri gecko sehat dan ciri gecko stress yang dapat kami sampaikan, semoga ada manfaatnya buat Anda yang membaca. Terima kasih dan salam lestari.