Berikut Daftar Jenis Katak Beracun di Indonesia, Simak Selengkapnya.

By | 24 September 2022
Jenis-katak-beracun-di-Indonesia
Jenis katak beracun di Indonesia

Selama ini sosok katak yang merupakan hewan amfibi dikenal karena suaranya yang begitu nyaring. Sebagian orang merasa katak merupakan hewan yang cukup menakutkan dikarenakan bentuk dan juga suaranya. Sekaligus banyak yang bertanya adakah jenis katak beracun di Indonesia yang patut diwaspadai?

Karena dikhawatirkan jika tidak mengetahui berbagai jenis katak beracun tersebut akan membuat siapa saja mengalami hal kurang menyenangkan. Mengingat jika katak begitu mudah ditemukan di berbagai wilayah di tanah air. Dimana sebelumnya kita sudah pernah membahas terkait ciri katak beracun.

Lantas apa saja jenis katak beracun di indonesia? Maka dari itu, simak penjelasan selengkapnya mengenai jenis katak beracun di Indonesia dibawah berikut. Anda perlu memahaminya ketika bertemu agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan diri sendiri.

Mengenal Katak Beracun

Sebelum membahas pertanyaan apakah ada jenis katak beracun di Indonesia, alangkah baiknya untuk memahami dasarnya terlebih dahulu. Sebenarnya katak beracun lebih mudah dibedakan karena karakteristik yang khas dari tubuhnya. Contohnya saja warna yang lebih cerah dan juga terdapat berbagai pola aposematic.

Berbagai pola unik terdapat pada tubuh katak beracun berfungsi sebagai peringatan untuk mangsa. Sebagian besar berbagai katak beracun yang ada di dunia ini terdapat di kawasan Amerika Selatan dan Amerika Tengah dan Amazon. Berikut penjelasan sejumlah katak beracun perlu untuk diwaspadai :

Jenis Katak Beracun di Indonesia

Berikutnya masuk pada pembahasan singkat mengenai jenis katak beracun yang ada di Indonesia. Walau keberadaan katak tersebut tidak sampai mengancam jiwa manusia, tetapi tentu saja ada berbagai dampak yang bisa ditimbulkan. Hal ini mengecoh lantaran katak tersebut memiliki tampilan yang menarik.

Hal ini wajib untuk diketahui oleh berbagai kalangan karena sebagian masyarakat justru menjadikan katak sebagai hewan konsumsi. Dikhawatirkan jika tidak mengenali ini maka akan membuat berbagai masyarakat mengalami kesulitan yang berarti. Maka dari itu, simak berbagai penjelasan selengkapnya seperti berikut.

Kodok Asia

Jenis katak beracun pertama bernama kodok Asia atau nama latinnya duttaphrynus melanostictus. Menariknya lagi untuk ukuran daripada tubuh katak ini sendiri bisa mencapai panjang 20 cm, terdapat di kawasan pulau Madagaskar. Bahkan keberadaan hewan tersebut rupanya bisa mengacaukan ekosistem.

Terutama terhadap populasi hewan lain termasuk ular dan elang. Keberadaan daripada jenis katak ini terdapat di Asia Selatan hingga Asia Tenggara termasuk Indonesia. Maka dari itu ini menjadi contoh jenis katak beracun di Indonesia urutan pertama, mayoritas juga ditemui sejumlah negara Asia.

Katak Kuning

Berikutnya sebagai jenis katak beracun di Indonesia juga ditemukan katak kuning. Hewan amfibi tersebut dikenal dengan nama spesies katak panah beracun dengan beragam warna mencolok, seperti warna hijau, kuning atau juga orange. Belum lama dikabarkan jika katak tersebut ditemukan di Jawa Barat.

Racun termasuk sistem perlindungan bagi jenis katak tersebut apalagi tidak memiliki gigi yang tajam atau juga duri untuk melakukan penyerangan. Melainkan hanya racun yang menjadi andalannya. Akibat yang ditimbulkan dari racunnya berupa gagal jantung hingga juga mencegah saraf untuk mengirimkan impuls.

Selain itu, umumnya berbagai jenis dan keberadaan untuk spesies katak beracun berada di luar negeri. Terutama banyak ditemukan didaerah Amerika Selatan atau juga beberapa tempat berupa hutan yang menjadi habitatnya. Tapi tak ada salahnya mulai mengenal hal tersebut untuk menjaga diri.

Itulah berbagai penjelasan singkat terkait jenis katak beracun yang ada di Indonesia yang wajib diketahui. Dengan ini berarti pengguna berupaya untuk mencegah diri dari berbagai macam hal yang akan merugikan diri sendiri. Melihat hewan amfibi ini, jangan tergiur bentuknya yang menarik tetapi membahayakan kesehatan.