Jenis Makanan Kambing Etawa dan Kacang. Penjelasan Singkat, Jelas dan Padat

Makanan kambing
Makanan kambing

Kenapa anda masih mencari artikel ini? mungkin bisa jadi anda adalah peternak kambing pemula yang ingin mengetahui detil tentang makanan kambing pada umumnya dan pada khususnya. Kambing memang menjadi hewan ternak pilihan yang menggiurkan untuk dapat meraup untung yang sebesar-besarnya. karena bisa dimanfaatkan semua bagian dari tubuh kambing.

Jadi kambing makan apa sih? Pada umumnya kambing memakan berbagai macam dedaunan, Seperti daun nangka, pisang, singkong, daun petai, rumput dan masih banyak yang lain. Tetapi jika anda adalah peternak kambing, tentu pemilihan pakan untuk hewan ternak anda ini akan menjadi prioritas utama. kenapa, karena nantinya tentu akan berpengaruh juga pada kualitas daging kambing yang dihasilkan. Berikut uraian yang akan kita sampaikan dengan singkat, padat dan jelas.

Jenis Makanan atau Pakan Kambing

Pakan kambing sendiri terbagi dalam dua macam, yaitu pakan hijau dan non hijau. Pakan hijau bisa diperoleh dari rerumputan, dedaunan dan legume. kemudian untuk pakan kambing non hijau, itu diperoleh dari beberapa sumber mineral dan biji-bijian. Ada juga yang pernah kita temui, peternak memberikan ampas tahu sebagai sumber mineralnya. Tentunya harus langsung diberikan, karena tidak boleh terlalu lama disimpan takutnya jamuran.

Jenis Makanan Kambing Etawa dan Kacang

  • Daun hijau fresh
  • Daun hijau yang sudah di fermentasi
  • Jerami
  • Konsentrat
  • Vitamin
  • Mineral
jenis makanan kambing
Jenis Makanan Kambing

Apa itu konsentrat kambing?

Makanan konsentrat kambing adalah pakan alternatif bagi kambing agar cepat gemuk. Terbuat dari bahan yang mudah untuk dibuat serta mudah didapatkan. Didalamnya banyak terkandung protein dan karbohidrat sebagai asupan gizi bagi kambing. Apa saja sih bahan-bahannya? Pakan konsentrat terdiri dari dedak padi yang sudah dihaluskan dengan takaran 75 %, jagung kuning yang terlebih dahulu sudah digiling sebanyak takarannya 6 %, untuk memperkaya kandungan gizi bisa ditambahkan bungkil kelapa sebanyak 10 % dan bungkil kedelai sebanyak 3 % kemudian terakhir bisa dicampurkan garam dapur serta kalsium dengan takaran sebesar 6 %. Diaduk sampai rata, kemudian bisa langsung diberikan ke kambing. Berikut kami urutkan bahannya :

  • Dedak padi 75 %
  • Jagung Kuning 6 %
  • Bungkil kelapa 10 %
  • Bungkil kedelai 3 %
  • Garam Dapur dan Mineral 6 %

Diharapkan untuk pemberian pakan konsentrat ini pada kambing, supaya bobot kambing bertambah sehingga menambah pula nilai jualnya. Cara memberi makan ini yang bagus sebaiknya sebelum pakan hijauan.

Berapa kg kambing makan tiap hari?

Biasanya kambing akan membutuhkan pakan 10 persen dari berat badannya. Misalkan berat badannya 20 kg berarti dia membutuhkan makan tiap harinya sebesar 2 kg saja. Setelah itu beda lagi klo urusan air minum, klo kambing biasanya butuh 1,5 liter sampai 2,5 Liter air per harinya untuk dia minum.

Apakah kambing boleh makan daun pisang?

Tentu saja boleh. Justru daun pisang adalah pakan paling ideal untuk kambing dan juga bisa disertakan pohon pisannya juga (dibuat fermentasi) . karena pada daun pisang ini terkandung 28 persen serat kasar, 10 persen protein kasar dan 4 persen lemak kasar. Oleh karena itu daun pisang merupakan pakan yang sangat ideal bagi hewan ternak ini.

Akhir Kata

Demikian rangkuman yang dapat kami sajikan untuk para peternak kambing semoga penjelasan singkat ini dapat memberikan pencerahan kepada anda semua. Jika artikel ini anda rasa bermanfaat, mohon kiranya bisa anda bantu share di sosial media anda supaya banyak orang yang menerima manfaat dari artikel ini. Wassalam. Terima kasih.

Tinggalkan komentar