Kadal Berkembang Biak Dengan Cara Apa Ya? Ini Dia Jawabannya

By | 29 Agustus 2022
kadal-berkembang-biak-dengan-cara
Kadal berkembang biak dengan cara apa?

Kalau kamu sering pergi ke kebun atau hutan, pastinya akan sering melihat reptil kecil berkaki empat dan bersisik yang satu ini bersembunyi dan berkamuflase di balik dedaunan yang mengering. Dan tak jarang kadang kita sering dikejutkan oleh suara gerakannya yang tiba-tiba di sela-sela daun kering tersebut, karena dikira ular. Ya inilah kadal. Dan kali ini kita akan coba membahas hewan kadal berkembang biak dengan cara apa sih. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut rangkuman jawaban singkat yang dapat kita kumpulkan dari berbagai sumber informasi di dunia maya.

Kadal Berkembang Biak Dengan Cara Apa?

Bagaimana cara berkembang biak kadal? kadal berkembang biak secara ovovivipar yang artinya setelah kadal betina dan jantan melakukan proses perkawinan, kadal betina akan bertelur akan tetapi telur tersebut tetap akan berada di dalam perut kadal betina hingga telur tersebut menetas. Dan ketika sudah menetas (di dalam perut) barulah bayi kadal itu akan keluar ke alam dunia. Nah, itulah yang disebut ovovivipar, cara berkembang biak tersebut bisa dibilang gabungan antara ovipar dan vivipar.

Secara singkat ketika pembuahan terjadi kemudian akan membentuk zigot. Lalu zigot tersebut akan berubah menjadi sebuah embrio di telur. Makanan dari embrio tersebut terdapat pada cangkang telur yang juga merupakan cadangan makanan sebagai nutrisi. Apabila zigot tersebut sudah berubah menjadi embrio, maka akan dilahirkan oleh induk kadal.

Calon bayi kadal tersebut ketika masih di dalam telur mendapatkan makanannya di dalam telur biasanya cadangan makanan ini di cangkang telurnya, jadi bukan berasal dari tubuh kadal induk betinanya. Kadal sebagai reptil ovovivipar cara perkembangbiakan kadal melalui proses seksual atau disebut generatif, dimana kemudian sperma kadal jantan bertemu dengan ovum kadal betina dan menjadi telur. Yang perlu menjadi catatan penting, tidak semua kadal berkembang biak secara ovovivipar atau bertelur beranak. Silahkan dilanjut membaca untuk keterangan lengkapnya.

Bagaimana Cara Berkembang Biak Kadal?

Pada dasarnya musim kawin pada reptil ini sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya ketersediaan makanan, suhu udara, curah hujan serta fotoperiode. Selain itu kadal biasanya akan berubah menjadi lebih agresif, terutama di daerah teritorinya. Ukuran testikel yang menjadi besar pada kadal jantan juga merupakan salah satu tanda bahwasannya musim kawin sedang akan dimulai.

Kadal jantan ketika berkembang biak dengan kadal betina menggunakan alat kopulasi yaitu sepasang hemipenis yang berbentuk seperti kantong, akan tetapi yang digunakan hanya satu saja. Sedangkan untuk kadal betina, memiliki ovarium serta oviduk dimana ketika telur sudah matang kemudian akan masuk ke dalam oviduk untuk menentukan jenis kelaminnya.

Apakah Kadal Bertelur atau Melahirkan?

Pada umumnya hewan kadal ini memiliki cara berkembang biak yang berbeda-beda, kebanyakan kadal berkembang biak dengan ovipar atau bertelur. Kemudian ada juga jenis kadal ketika berkembang biak dengan cara vivipar atau langsung melahirkan bayinya. kadal yang berkembang biak seperti ini adalah kadal skink atau kadal tanah yang biasa kita lihat di kebun. Sedangkan kadal yang berkembang biak dengan ovovivipar contohnya adalah bunglon.

Selain cara perkembangbiakan kadal seperti yang disebut di atas, ternyata ada juga sebagian kadal yang berkembang biak dengan cara proses Partenogenesis. Dimana pada kasus ini semua kadal memiliki jenis kelamin yang sama yaitu betina. Lacerta spp dan Cnemidophorus spp adalah contoh jenis kadal yang berkembang biak dengan cara ini. Perkembangbiakan semacam ini sering disebut vegetatif atau aseksual, jadi tanpa adanya proses perkawinan terlebih dahulu.

Sedangkan bagi kadal yang berkembang biak secara bertelur, secara naluri alamiah kadal betina akan mencari tempat aman bagi telurnya agar terhindar dari predator. Telur-telur tersebut akan ia tinggalkan hingga menetas dan menjadi individu baru. Masa penetasan telur kurang lebih 3 bulan lamanya.

Kesimpulan

Sudah kami jelaskan cara kadal berkembang biak di atas memiliki jawaban yang unik, yaitu tergantung dari spesies dan faktor lainnya yang sudah diutarakan diatas tadi. Jadi kadal berkembang biak dengan cara, ada yang ovipar / bertelur atau ovovivipar bertelur dan melahirkan.

Demikian informasi terkait cara berkembang biak kadal yang dapat kami sajikan. Semoga info singkat ini bermanfaat. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel lainnya.