Kelelawar Berkembang Biak Dengan Cara Ovipar, Vivipar atau Ovovivipar?

By | 13 Agustus 2022
kelelawar-berkembang-biak-dengan-cara
Kelelawar berkembang biak dengan cara apa?

Mamalia yang aktif pada malam hari ini (nokturnal) dan tergolong Ordo Chiroptera artinya mempunyai sayap serta mampu terbang meskipun statusnya hewan mamalia, bisa juga loh dijadikan patokan indikator ekosistem. Namun begitu pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas peran kelelawar dalam ekosistem, akan tetapi kita akan menitik beratkan pembahasan terkait hewan kelelawar berkembang biak dengan cara apa?

Kelelawar berkembang biak dengan cara apa? Cara berkembang biak kelelawar adalah melahirkan atau beranak atau Vivipar. Umumnya binatang yang tergolong mamalia semuanya melahirkan. Jadi kelelawar adalah contoh hewan yang berkembang biak dengan cara vivipar atau beranak. Biasanya kelelawar dalam 1 tahun hanya akan melahirkan 1 sampai 4 bayi kelelawar.

Bagaimana cara kelelawar kawin?

Biasanya di daerah subtropis kelelawar akan melakukan proses perkawinan pada musim gugur lalu melahirkan pada musim seminya. Kelelawar betina sanggup untuk menyimpan cairan sperma dari kelelawar jantan supaya sperma tersebut tidak langsung membuahi sel telurnya sampai tiba waktunya musim semi.

Pada musim semi mereka hanya memakan sedikit dari biasanya, dan ini yang menyebabkan proses perkawinan terasa lebih sulit dilakukan. Oleh karena itu kelelawar memilih untuk melakukan proses perkawinan di musim gugur. Ketika memasuki musim semi dan hamil, kelelawar betina akan berkumpul untuk mendapatkan kehangatan antara satu dengan yang lain untuk membentuk subkoloni yang baru.

Bagaimana Cara Kelelawar Melahirkan?

Kelelawar betina biasanya mengandung kurang lebih 6 sampai dengan 9 minggu, durasi kehamilan tersebut sangat dipengaruhi sekali oleh yang namanya iklim, cuaca, jumlah makanan yang tersedia di tempat mereka menetap dan spesies dari kelelawar itu sendiri. Mamalia ini sangat sensitif ketika pada proses melahirkan, bahkan kelelawar betina tidak akan peduli dengan anaknya jika ia merasa tak nyaman atau terganggu.

Keunikan lainnya mamalia yang satu ini melahirkan dengan cara bergantung di ranting pohon atau langit langit goa dimana mereka tinggal. Tentu saja ini adalah posisi tersulit bagi bagi kelelawar betina pada saat proses melahirkan.

Bagaimana cara kelelawar menyusui anaknya?

Pada saat bayi kelelawar kecil sudah dilahirkan, tentu sebagai induknya akan menjaga dengan sangat hati hati serta menyusui anaknya tersebut selama rentang waktu 4 sampai dengan 5 minggu. Hingga saatnya bayi kelelawar tersebut mampu untuk terbang, mereka akan pergi keluar sarang dan secara mandiri akan menemukan makanannya sendiri juga. Ketika masih kecil, bayi kelelawar ini akan selalu berada digendongan induknya, bahkan pada saat menyusu pun kepala tetap menghadap ke bawah.

Kelelawar termasuk jenis hewan apa?

Kelelawar merupakan hewan yang aktif pada malam hari yang termasuk ke dalam golongan mamalia atau hewan yang menyusui anaknya, karena kelelawar berkembang biak secara vivipar dengan adanya proses perkawinan terlebih dahulu yaitu generatif bukan vegetatif. Biasanya hewan yang menyusui anaknya itu tidak mempunyai sayap dan tidak bisa terbang. Nah, kelelawar ini adalah hewan mamalia dengan status satu-satunya hewan menyusui yang mempunyai sayap dan bisa terbang.

Kesimpulan

Cara berkembang biak kelelawar melahirkan atau beranak (vivipar bukan ovipar atau Ovovivipar), kelelawar akan kawin di musim gugur dan melahirkan di musim semi. Ketika sudah lahir, bayi kelelawar disusui secara bergantung di langit langit goa sampai bisa terbang. Kelelawar berkembang biak dengan cara generatif artinya memerlukan proses terjadi aktivitas seksual untuk dapat terjadinya kehamilan.

Demikian pembahasan kelelawar berkembang biak dengan cara apa pada artikel ini. Semoga bisa menambah wawasan dan penasaran kamu terlebih untuk ilmu pengetahuan. Jadi kelelawar berkembang biak secara vivipar dan memiliki cara unik tersendiri dalam berkembang biak. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat, sampai berjumpa di artikel lainnya dan terima kasih.