Inilah Makanan Burung Sogok Ontong yang Bagus Biar Cepat Gacor dan Agar Tidak Mati

By | 26 Desember 2022
makanan-burung-sogok-ontong-agar-tidak-mati
Makanan burung sogok ontong

Burung madu srigati yang juga dikenal sebagai burung kolibri sogok ontong adalah jenis burung yang mudah ditemukan di Indonesia. Burung ini biasa hidup di hutan mangrove, bagian semak pantai, dan bahkan di pekarangan rumah. Burung madu srigati termasuk dalam kategori burung penghisap madu dan memiliki nama asli Burung Madu Srigati di Indonesia.

Beberapa orang mungkin salah dalam menentukan makanan terbaik untuk merawat sogok ontong. Namun, makanan merupakan faktor penting dalam menjaga sogok ontong agar cepat gacor. Makanan burung sogok ontong selain madu diantaranya juga terdapat beberapa macam buah-buahan dan ulat kandang. Contohnya seperti ini.

Jenis Makanan Burung Sogok Ontong

Makanan burung sogok ontong selain madu adalah ulat kandang, kroto dan buah. Buah-buahan seperti pisang atau pepaya dapat diberikan kepada burung sogok ontong sebagai sumber vitamin dan mineral. ditambah ulat kandang sebagai sumber protein yang tinggi.

Makanan Burung Sogok Ontong yang Bagus

Makanan yang bagus untuk burung sogok ontong tentulah makanan kesukaan burung tersebut yaitu berupa madu seperti yang dia peroleh dari nektar bunga di alam atau dengan kata lain juga bisa makanan terbaiknya adalah madu.

Baca juga : Berikut ini Hewan Aneh dan Misterius yang Ditemukan di Dunia, Pasti Anda Belum Pernah Lihat !!!

Akan tetapi jika burung ini dipelihara tentu saja harus ada makanan lain misalnya seperti vitamin, larutan susu kental manis, kroto, ulat kandang, makanan instan dan buah.

Makanan Burung Sogok Ontong Biar Cepat Gacor

Beberapa orang yang telah pernah merawat burung sogon mengalami kesulitan dalam menentukan pola pemberian makan yang tepat. Jika tidak memberikan makan dengan benar, umur burung ini biasanya tidak akan lama.

Maka dari itu yang menjadi pertanyaan adalah, apa makanan yang dapat diberikan kepada burung sogon agar tidak mati? Penyebab utama kematian burung sogon adalah makanan yang tidak sesuai, terutama akibat salah dalam pemberian makan.

Oleh karena itu, sangat penting buat mencatat dan memahami cara yang tepat dalam memberi makan harian burung sogon supaya tetap sehat dan jadi burung kicau yang gacor. Persiapkan bahan-bahan untuk membuat makanan racikan sendiri untuk burung sogon anda.

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan :

  • Satu susu saset kental manis Indomilk
  • Gula merah untuk variasi campuran
  • Media wadah sebagai tempat makanan
  • Air putih secukupnya
  • Pisau untuk memotong gula merahnya
  • Sesuaikan takaran dengan porsi burung

Makanan Burung Sogok Ontong Liar

Burung sogok ontong atau yang juga dikenal dengan nama sriganti adalah salah satu jenis burung penghisap madu yang masih termasuk dalam keluarga kolibri nektariana. Jenis burung ini sangat menyukai sari-sari bunga dan serangga-serangga kecil sebagai makanan utamanya.

Makanan Burung Sogok Ontong Anakan

Merawat burung sogok ontong dari masa kecil memang cukup menyita waktu, terutama jika Anda tidak memiliki waktu luang yang cukup untuk lolohan. Anda harus sering memberikan makan kepada burung yang berupa racikan beberapa jenis makanannya, sehingga resiko kematiannya bisa ditekan sekecil mungkin.

Namun, merawat burung sogok ontong dari masa kecil atau anakan akan lebih menguntungkan daripada memeliharanya dari tangkapan alam. Burung akan lebih jinak dan suara kicauannya akan lebih bagus karena bisa dimaster sejak dini.

Secara umum, burung sogok ontong yang dikembangbiakkan dari masa anakan akan cepat gacor dan jinak saat dewasa. Namun, jika Anda menangkap atau membelinya ketika burung dewasa, ia akan sulit gacor dan susah jinak serta rentan terhadap kematian.

Hal ini disebabkan karena burung sogok ontong yang ditangkap atau dibeli dari pikatan atau jaringan jarang mau makan sendiri. Selain gacor dan jinak, burung sogok ontong yang dikembangbiakkan dari masa anakan juga akan memiliki kicauan yang lebih bagus dan bervariasi.

Cara Memberi Makan Burung Sogok Ontong

Untuk memelihara burung sogok ontong yang masih anakan, sebagai pemilik burung Anda harus memberikan pakan secara teratur, minimal 4 kali sehari. Jenis pakan yang diberikan kepada burung sogok ontong yang masih kecil adalah pakan kroto, yang diberikan dengan menggunakan batang lidi atau dengan tangan sampai burung mampu makan sendiri.

Setelah burung dewasa dan mampu makan kroto sendiri, Anda dapat memberikan pakan voer halus dengan cara mencampurnya dengan kroto dan sedikit air, dan memperhatikan apakah burung memakannya atau tidak dengan melihat bentuk kotoran yang dikeluarkannya. Selain itu, Anda juga dapat memberikan air minum tambahan berupa air susu kental atau air gula pasir.

Makanan Burung Sogok Ontong Agar Tidak Mati

Makanan yang baik untuk membantu mencegah kematian burung sogok ontong adalah air gula, air susu, dan kroto. Selain itu, ada beberapa jenis makanan lain yang dapat Anda berikan kepada burung sogok ontong untuk membantu menjaga kesehatannya, seperti buah-buahan pepaya. Anda juga dapat memberikan makanan khusus burung seperti pakan voer atau pakan yang tersedia di toko hewan peliharaan. Jangan lupa untuk memberikan air yang cukup dan segar untuk membantu menjaga kesehatan burung sogok ontong.

Cara Merawat Burung Sogok Ontong

Setiap pagi, keluarkan sogok ontong sejak pagi buta atau subuh untuk diembunkan dan membiarkannya bersuara sambil menghirup udara segar. Setelah matahari mulai tampak, mandikan burung sogok ontong sampai lepek, jangan menaruhnya di tempat terlalu tinggi, terutama untuk burung hutan atau tangkapan. Biarkan burung didis dan mengeringkan bulunya tanpa sinar matahari secara langsung.

Setelah bulu burung kering, berikan sogok ontong setengah sendok teh kroto, lalu jemur agar burung mengeluarkan suara pancing dengan suara burung betina. Jemur sogok ontong selama satu sampai satu setengah jam, meskipun burung ini tahan terhadap panas, sebaiknya jemur secukupnya saja. Setelah dijemur, angin-anginkan burung dan berikan setengah sendok teh kroto lagi setelah 15-30 menit. Setelah itu, krodong burung sogok ontong.

Demikianlah artikel mengenai makanan burung sogok ontong supaya tidak cepat mati dan sekaligus biar cepat gacor. Mohon maaf jika banyak kesalahan pada tulisan artikel ini, dikarenakan kami masih pemula. Sedikit banyaknya semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih dan salam lestari.