Sudah Tahu Belum, Manfaat Merica Untuk Merpati Itu Apa Saja? Ini Dia Jawabannya

By | 31 Desember 2022
manfaat-merica-untuk-merpati
Manfaat merica untuk merpati

Alangkah baiknya jika burung yang akan diikutkan dalam perlombaan harus dilatih dulu oleh pemiliknya. Seperti menggiringkan burung merpati sama pasangannya. Waktu menggiring burung merpati bebas saja sesuai kemauan sang pemilik. Tentunya ada beberapa cara yang bisa coba dilakukan seperti beberapa pelatihan khusus atau menggunakan bumbu dapur yang biasa digunakan emak-emak yaitu merica.

Apa anda tahu bahwa salah satu kegunaan makanan yang bagus untuk burung merpati adalah merica? Merica bukan hanya digunakan sebagai bumbu masakan untuk manusia, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi burung merpati. Selain untuk bumbu memasak ternyata kegunaannya bisa menghangatkan tubuh manusia, merica juga memiliki banyak manfaat bagi burung khususnya burung merpati. Beberapa manfaat merica untuk merpati adalah sebagai berikut :

Beberapa Manfaat Merica Untuk Merpati

Berikut adalah beberapa khasiat atau manfaat merica untuk merpati yang sudah kita rangkum dari berbagai sumber media internet, diantaranya adalah :

1.Melancarkan Peredaran Darah

Secara fundamental, burung sama seperti manusia yaitu ia memiliki aliran darah dalam tubuhnya untuk kelangsungan hidup, sehingga burung juga membutuhkan berbagai ramuan yang dimana fungsi itu untuk membantu aliran darahnya menjadi lancar. Dengan aliran darah yang lancar pada burung tentu akan membuat burung terlihat lebih sehat.

2.Penghangat tubuh

Seperti manusia, burung adalah makhluk hidup yang juga merasakan rasa panas dan rasa dingin, oleh karena itu lada atau merica ini sangat efektif jika digunakan untuk menghangatkan tubuh burung merpati. Cara yang dapat dilakukan untuk menghangatkan burung merpati dengan lada ini pun sangat mudah. Contohnya seperti ini.

3.Membuat Merpati Menjadi Rajin

Beberapa pemilik burung tentu memiliki alasan mengapa ia memelihara burung, tak terkecuali mereka yang memelihara burung merpati, tentu ia menginginkan burungnya selalu terus berkicau, karena suaranya yang merdu sehingga sangat nikmat untuk didengar. Ada kalanya burung menjadi malas untuk mengeluarkan suara dan burung pun menjadi tidak mau berkicau, namun tidak perlu khawatir karena dengan adanya merica ini dapat membantu burung merpati menjadi burung yang lebih rajin mengeluarkan suara.

4.Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat yang tidak terduga dari lada bagi kesehatan burung merpati salah satunya adalah lada ternyata dapat digunakan untuk mengatasi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh pada burung merpati, hal ini tentu akan membuat burung merpati lebih sehat dan lebih lama untuk bertahan hidup daripada burung merpati yang tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik.

5.Meningkatkan Stamina

Selain menjaga sistem kekebalan tubuh yang baik, manfaat dari lada adalah ia mampu untuk mengatasi dan meningkatkan stamina bagi burung yang mengkonsumsi lada tersebut untuk menambah stamina. Untuk burung merpati, merica dapat membantu meningkatkan stamina mereka sehingga dapat terbang dengan lebih jauh dan lebih lama.

Baca juga : Berikut ini Hewan Aneh dan Misterius yang Ditemukan di Dunia, Pasti Anda Belum Pernah Lihat !!!

Selain itu, merica juga dapat membantu meningkatkan kondisi fisik burung merpati secara keseluruhan, seperti meningkatkan kekuatan otot dan menjaga keseimbangan hormon. Dengan demikian, burung merpati yang mengkonsumsi merica secara teratur akan terlihat lebih sehat dan lebih kuat dibandingkan dengan burung merpati yang tidak mengkonsumsi merica.

6.Metabolisme Tubuh Menjadi Lebih baik

Metabolisme tubuh sangat penting bagi burung dan manusia, bahkan semua makhluk hidup membutuhkan metabolisme tubuh yang baik agar tidak mudah terkena penyakit. Oleh karena itu salah satu cara untuk menjaga metabolisme tubuh adalah dengan memberikan burung yang anda pelihara dengan merica. Karena merica sangat efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

7.Meningkat Birahi

Gairah seksual merupakan kesiapan fisik dalam hal seksualitas. Memang selain manusia, hubungan seksual hampir dilakukan oleh semua makhluk hidup. Tak terkecuali burung. Maka dari itu bagi burung perlu pula diberikan merica agar fisik dan mentalnya menjadi kuat dalam melakukan hubungan seksual.

Cara Menggiringkan Merpati dengan Merica

Berikut ini adalah beberapa langkah cara menggiring merpati dengan menggunakan merica. Caranya mudah saja, pertama siapkan beberapa butir merica kering kurang lebih 3 butir. Kemudian berikan merica tersebut langsung ke burung merpati, dengan cara meloloh ke 3 butir merica tersebut ke paruh merpati.

Setelah diberikan merica, simpan burung merpati ke kandang yang gelap. Caranya kandang burung merpati tersebut harus ditutup dan lakukan ini dari selesai diberi merica sampai sore. Hal ini bermaksud agar burung merpati mampu giring keras dengan pasangannya ketika esok harinya.

Demikianlah arikel tentang manfaat merica untuk merpati dan info kesehatanya secara herbal yang perlu diketahui. Bagi anda para pencinta burung tentu wajib mengetahui manfaat merica ini bagi burung, karena dengan mengetahui manfaat lada atau merica bagi burung akan membantu menjaga kesehatan burung apabila pengetahuan tersebut dapat di aplikasikan dengan baik dalam perawatan buat burung merpati kolong. Semoga bermanfaat, terima kasih dan salam lestari.