Cara Menjinakkan Burung Kutilang Liar Dalam Waktu Singkat

By | 30 Desember 2022
cara-menjinakkan-burung-kutilang-liar
Cara menjinakkan burung kutilang liar

Jika Anda yang merupakan penggemar burung kicau, sudah bisa dipastikan sangat mengetahui burung kutilang, jenis burung yang memiliki suara yang indah satu ini. Di negara kita ini, burung kutilang banyak pemeliharanya, burung ini memiliki suara yang merdu dan bisa juga diberi isian suara dari burung lainnya seandainya sudah jinak. Burung kutilang ya bukan trucuk, karena berbeda.

Akan tetapi burung kutilang yang ditangkap dari alam liar, tidak semuanya dapat beradaptasi dengan lingkungan baru mereka. Burung kutilang liar ini biasanya bisa dibeli di pasar burung dan tentu masih bersifat liar. Jangankan berkicau ketika dipindahkan ke sangkar baru pasti sering ingin keluar menerobos dan tidak bisa tenang. Contohnya seperti ini.

Jika anda memiliki burung kutilang liar ini, pastikan merawat sebaik mungkin supaya sifat liarnya lambat laun akan menghilang dan menjadi jinak. Meskipun menjinakkan burung kutilang bukan hal yang mudah dan tentu butuh banyak waktu. Nah, kali ini akan dibahas bagaimana sih cara menjinakkan burung kutilang liar.

Cara Menjinakkan Burung Kutilang Liar

Burung kutilang banyak dipelihara di jawa, karena burung kutilang adalah satu dari sekian banyak burung favorit pecinta kicau mania di sini. kalau anda adalah salah satu dari pemilik burung ini, pastikan rawat dengan baik karena populasinya sudah lumayan terancam, supaya tetap lestari.

Baca juga : Berikut ini Hewan Aneh dan Misterius yang Ditemukan di Dunia, Pasti Anda Belum Pernah Lihat !!!

Biasanya yang banyak dipelihara itu kutilang jantan dibandingkan kutilang betina, karena kutilang jantan suara kicauannya lebih nyaring dan lantang. Tapi ada juga penghobi kicau mania yang mencoba melatih burung kutilang betina sebagai umpan atau pikat supaya menarik perhatian burung kutilang jantan dari alam liar untuk didatangi.

Apabila sudah jinak burung kutilang kadang bertingkah laku lucu dan sedikit menggemaskan sehingga membuat peemliharanya jadi gemas. Tapi pada umumnya burung kutilang yang didapat dari alam liar, sifat liarnya masih terbawa seperti sering memberontak ketika sudah dimasukan ke sangkar jadinya tidak hanya burungnya yang stress, si pemeliharanya pun juga frustasi dan stress bagaimana cara mengatasinya.

Ketika anda memutuskan untuk merawatnya hingga nanti dapat menjinakan, harus ada komitmen kesungguhan dan ketelatenan untuk merawat burung ini. Sampai nantinya burung kutilang menjadi jinak dan gacor, berikut kita berikan sedikit tips yang terbukti bisa membuat burung kutilang liar menjadi jinak secara instan atau dalam waktu yang singkat, berikut cara menjinakkan burung kutilang liar diantaranya adalah :

Mandikan Burung Dengan Rutin

Meskipun cara ini terlihat agak memaksakan dan bisa dibilang agak kejam, namun pada kenyataannya cara ini terbukti bisa membuat burung kutilang jadi jinak lebih cepat. Ya betul, caranya bisa dilakukan dengan terapi mandi yang sedikit menghilangkan sifat liar burung kutilang.

Sebelum memandikan burung kutilang, sebaiknya keluarkanlah wadah makanan yang ada sangkar agar tidak terkena semprotan air dan menjadi basah. Kemudian mandikan burung setiap hari sampai basah kuyup dengan semprotan air, lakukan ini secara rutin.

Setelah selesai dimandikan sampai basah kuyup dan sudah tidak lagi berontak, segera pindahkan sangkar burung dan burung kutilangnya itu ke tempat yang ada sinar mataharinya untuk dijemur. Sambil dijemur jangan lupa bawakan makanan burung kutilang seperti jangkrik atau buah pisang, karena ketika kondisinya basah kuyup burung kutilang cenderung merasa sangat lapar.

Anda bisa berikan makanan kepada burung kutilang sampai kenyang, gunakananlah sedotan atau lidi lalu makanan tersebut arahkan ke mulut burung kutilang. Pada awalnya mungkin burung akan merasa takut, tapi bila secara rutin dilakukan, biasanya burung tidak akan takut lagi. Lakukan setiap hari hal ini pada waktu pagi hari.

Gantungkan Sangkar Di Tempat Rendah

Gantungkan sangkar di tempat yang tidak begitu tinggi, karena ini merupakan pengalaman dari banyak penghobi burung kutilang. Usahakan tempatnya juga yang banyak orang lewat, tujuannya supaya burung bisa cepat adaptasi dan terbiasa melihat lingkungan yang banyak manusianya. Akan tetapi jangan keseringan dilihat, agar burung kutilang tidak merasa ketakutan.

Layaknya manusia yang baru pindah ke tempat tinggal yang baru, burung kutilang pun sama pasti membutuhkan waktu untuk adaptasi dengan tempat tinggal barunya. Buat dia merasa tenang dan nyaman sehingga lambat laun bisa menghilangkan rasa takutnya. Jangan lupa untuk sesekali dilihat apakah makanannya masih ada atau sudah habis, supaya dia tetap tenang dan nyaman.

Berikan Pakan Langsung Menggunakan Tangan

Setelah burung kutilang sudah bisa adaptatsi dengan suasana yang banyak manusianya, coba berikan ulat yang langsung dari tangan anda. Untuk diawal coba berikan 1 ekor ulat terlebih dahulu, kemudian jika dia terlihat mau lagi langsung saja berikan tapi dengan cara tarik ulur makanannya itu.

Ketika dia akan mematuk untuk mengambil ulat tersebut tarik ulatnya, coba sedikit permainkan dulu hingga dia terlihat mengepak-ngepakan sayapnya. Jika sudah seperti itu, artinya burung kutilang seolah-olah butuh dengan kita dan biasanya akan dia sudah merasa dekat dengan pemilik.

Untuk memastikan burung kutilang sudah jinak dan ada ketergantungan kepada anda, cobalah masukan tangan anda ke sangkar untuk elus dada dan punggungnya. Biasanya kalau burung kutilang sudah jinak, dia pasti menikmati elusan tersebut dengan tanda-tanda menjulurkan lidahnya keluar.

Lakukanlah Terapi Makan

Terapi ini bisa dilakukan pada burung yang baru dibeli atau didapat dari alam liar. Pastikan masukan ke sangkar yang baru, meskipun burung kutilang nantinya akan terlihat menerobos untuk berontak tapi tidak masalah. karena memang suasana baru untuk dia.

Berikan makanan berupa buah dalam jumlah yang banyak, misalnya seperti pisang, pepaya, mangga, jambu atau alpukat. Ini bertujuan supaya burung cepat tenang karena terdapat banyak makanan kesukaannya di dalam sangkar. Cara ini bisa anda lakukan selama satu minggu untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari burung kutilang kepada anda sebagai pemilik barunya.

Ubahlah Posisi Sangkar

Namanya juga burung liar, dia biasa hidup bebas di alam liar dan ketika berada di sangkar pastinya tidak mudah dan membutuhkan ketelatenan dan waktu yang tidak sedikit untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan baru. Tentunya anda sebagai pemilik haruslah sabar dan jangan lupa untuk menyiapkan segala kebutuhan burung tersebut.

Ketika di masa adaptasi, anda bisa mencari posisi sangkar baru yang sekiranya dapat membuat burung kutilang merasakan kenyamanan dan aman. Meski di lokasi tersebut lumayan ramai atau banyak orang, tidak apa-apa biar adaptasinya lebih cepat.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk burung kutilang liar supaya cepat jinak dan menjadi gacor. Dengan kesabaran, ketelatenan dan konsistensi tingkat tinggi, menurut para pakar hanya dibutuhkan waktu 2 bulan saja, anda sudah bisa melihat burung kutilang liar tersebut sudah menjadi jinak dan sudah bisa berkicau.

Demikianlah ulasan kami, harapannya artikel cara menjinakkan burung kutilang tangkapan liar ini, bisa bermanfaat dan mendapatkan hasil yang memuaskan untuk anda dan orang lain. Terima kasih sudah membaca dan salam lestari.