Mengetahui Ciri-Ciri Capung dan Bagian-Bagian Capung

Capung sangat mudah sekali dikenali karena keberadaannya banyak disekitar kita, tapi apakah kamu pernah secara mendetail melihat ciri-ciri capung? Jika belum, yuk kita belajar bersama. Apakah ciri-ciri capung yang kamu tahu? ciri-ciri capung adalah bentuknya seperti helikopter, dengan alat gerak capung berupa tiga pasang kaki untuk berjalan dan 2 pasang sayap untuk terbang. Nah sekarang coba kamu tulis di komen sebutkan ciri-ciri capung yang kamu ketahui.

Pada kesempatan kali ini mungkin kita tidak akan membahas klasifikasi capung secara rinci, seperti anatomi atau morfologi capung, disini kita akan bahas secara santai saja. Sebelumnya ada yang tahu nama latin capung? Nama ilmiah atau latin dari capung adalah Anisoptera. Berikut keterangan singkat mengenai klasifikasi capung.

KindomAnimalia
KelasInsecta/Heksapoda
SubkelasPterygota
InfrakelasPalaeoptera
OrdoOdonata
FilumArthropoda
SubfilumMandibulata
SubordoAnisozygoptera, Anisoptera, Zygop
klasifikasi capung
Bagian kepala capung
Bagian kepala capung

Bagian-bagian Kepala Capung

Capung adalah serangga yang terdiri dari kepala atau caput, dada atau toraks dan perut atau abdomen, Pertama kita akan bahas kepala capung. pada bagian ini terdapat bagian mata majemuk, Ocelli atau bintik mata, antena, mandibula atau rahang kemudian frons atau bagian depan. Itulah bagian-bagian yang ada di kepala capung. Untuk pembahasan bagian tubuh capung nanti akan kita update lagi di artikel ini.

Alat Reproduksi Capung

Cara reproduksi capung adalah seksual karena tergolong dalam ordo arthropoda. Untuk alat reproduksi capung betina terdiri dari sepasang ovarium. Dan khusus untuk kelamin capung jantan ini sangat susah dijelaskan dengan satu istilah karena terdapat banyak bagiannya, pada penis capung jantan diantaranya terdiri dari semacam pengait, tanduk, sikat, tangan untuk dipergunakan ketika proses perkawinan dengan capung betina. Jadi alat reproduksi capung jantan sebut aja penis capung ya. Heheā€¦

telur capung menetas menjadi larva
telur capung menetas menjadi larva

Bentuk Telur Capung

Setelah melakukan proses perkawinan, capung betina akan bertelur dan setelah itu capung menyimpan telurnya di batang rumput atau akar yang letaknya terendam dengan air. jadi pertanyaan ini “capung bertelur dimana” sudah terjawab ya. Dan ketika telur capung yang menetas akan menjadi capung muda yang disebut larva capung. Jumlah telur capung yang dapat dihasilkan oleh seekor capung rata-rata mencapai 100.000 butir. Berikut bentuk atau gambar beserta warna telur capung.

Alat Pencernaan Pada Capung

Pada saluran pencernaan capung disebut esofagus yang berfungsi juga sebagai tembolok atau penyimpan makanan sementara sebelum makanan dicerna lebih lanjut. Dengan kata lain esofagus berfungsi untuk wadah lalunya makanan. itulah bagian dari alat pencernaan capung.

Fungsi ekor capung adalah sebagai penyeimbang ketika dia terbang di udara. Ukuran panjang ekor capung kurang lebih sekitar 3 cm pada capung dewasa.

Demikian informasi tentang capung yang dapat kami sajikan untuk anda pembaca setia targetkita.com, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke sosmed kamu ya. Terima kasih.

Tinggalkan komentar