Tahukah kamu, Berapa Ukuran Berat, Panjang dan Lama Hidup Capung?

Umur capung terbilang sangat singkat sekali, yaitu rata-rata sekitar 6 bulan di alam liar. Akan tetapi umur tersebut dihitung sejak mereka berubah menjadi capung dewasa. Sedangkan ketika mereka masih berwujud larva atau nimfa, Lama hidup capung ini lumayan cukup lama yaitu sekitar 4 tahun. Jadi mereka banyak menghabiskan hidupnya ketika berada di air sebagai larva capung. Untuk ukuran seekor serangga cukup lama juga ya…

Ukuran Capung
Ukuran Capung

Jadi berapa lama capung hidup? usia capung adalah 6 bulan. Masa hidup capung ketika sudah dewasa banyak dihabiskan di udara dan tentunya dengan daerah yang tidak jauh dengan air.

Ukuran Capung di Ukur dari kepala Hingga Ekor

Kemudian juga banyak yang bertanya, berapa sih ukuran tubuh capung? Ukuran Capung adalah untuk rata-ratanya jika di ukur dari ujung kepala sampai dengan ujung ekor maka panjang capung adalah 4,5 sampai 8 centimeter atau 3 inchi. Untuk ukuran capung besar yang pernah kita temui sekitar 10 cm biasanya capung ini sering kita jumpai pada malam hari. Sedangkan untuk capung kecil adalah jenis capung jarum yang memiliki ukuran panjang 4,5 cm karena memang termasuk jenis capung terkecil pula.

Berapa Jumlah Sayap dan kaki Capung Besar dan Kecil

Di kutip dari berbagai sumber di internet, untuk golongan serangga yang termasuk dalam insecta ini kebanyakan memiliki 3 pasang kaki dan 2 pasang sayap. namun jangan salah, ternyata capung ini merupakan serangga purba loh. Dari fosil yang ditemukan oleh para peneliti yang diperkirakan berusia sekitar 300 juta haun yang lalu, lebar sayap capung purba adalah 3 meter. Ini sih sudah termasuk capung raksasa ya, kira-kira jumlah kaki capung purba sama gak ya dengan capung masa kini. Hehehe…

Berapa Berat Capung Terbesar yang Pernah kita Lihat?

Pernah iseng ga sih ngukur berat badan capung, mari kita coba telisik lebih dalam untuk memuaskan dahaga informasi para pembaca. Menurut penelitian yang sudah dilakukan di sebuah kampus di Virginia oleh para mahasiswa bahwasannya untuk rata-rata berat capung itu adalah 400 miligram. Diperkirakan mereka dapat membawa beban lebih dari 3 kali berat badannya.

Bagaimana kawan informasi mengenai ukuran, berat dan usia capung ini cukup bagus bukan, lumayan untuk menambah pengetahuan kita tentang dunia fauna. Semoga artikel dengan tulisan yang masih acak-acakan ini dapat bermanfaat. Dan jangan lupa share ya ke sosmed kamu. Terima kasih.

Satu pemikiran pada “Tahukah kamu, Berapa Ukuran Berat, Panjang dan Lama Hidup Capung?”

Tinggalkan komentar