Tahu ga sih! Manfaat Capung Bagi Kehidupan Manusia dan Juga Mitosnya

Tuhan Yang Maha Kuasa tentunya sudah memberikan peran masing-masing bagi mahluk hidup yang diciptakan-NYA. Tak terkecuali bagi capung. Serangga lucu dengan corak warna warni ditubuhnya ini, ternyata adalah predator yang dimana mangsanya sebagian besar adalah hama yang mengganggu untuk para petani, jadi sangat terasa manfaat dari keberadaan capung ini bagi manusia. Selain bagi manusia, manfaat capung bisa dirasakan oleh mahluk lain seperti burung, tanaman bahkan mitosnya bagi kesehatan manusia loh.

Jadi apa manfaat capung? Manfaat hewan capung adalah secara umum menjaga keseimbangan ekosistem alam, karena capung adalah predator yang merupakan bagian dari ekosistem itu sendiri. Predator mungil ini berfungsi untuk mengendalikan populasi hewan atau serangga yang menjadi mangsanya. Contoh sederhana capung makanannya adalah nyamuk, terbayangkan apa akibatnya jika capung punah, pasti banyak nyamuk di rumah kita.

Manfaat Capung Bagi Manusia

Kemudian kalau berbicara tentang kesehatan pada manusia, apa manfaat capung untuk kesehatan? Seperti kebanyakan serangga biasanya memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan ini sangat berguna bagi tubuh manusia. Misalnya seperti di jogyakarta yang terbiasa dengan santapan belalangnya, capung pun sebenarnya bisa menjadi hidangan makanan yang kaya protein, dengan catatan kamu tidak jijik untuk memakannya, dengan begitu manfaat makan capung akan kamu rasakan. karena mengingat serangga ini masih merupakan makanan yang bisa dibilang extrem bagi masyarakat indonesia. jadi sangat jarang ada yang mengkonsumsinya.

Mitos Capung Masuk Rumah

Ada juga mitos yang berkembang di masyarakat kita, katanya kalau anak kecil masih suka ngompol, kasih capung aja pusarnya, nah manfaat gigitan capung inilah yang nanti akan membuat anak tidak akan ngompol lagi. Entah ini benar atau tidak silahkan anda coba sendiri saja. Sedangkan bagi pecinta burung khususnya kacer, manfaat capung buat kacer ini apa sih? Menurut suatu forum burung kacer yang saya baca, katanya setelah burung kacernya dengan tidak sengaja memakan seekor capung yang masuk ke sangkar, burung kacernya jadi lebih aktif dan sering ngoceh-ngoceh gitu, tapi ada juga yang bilang, jangan kebanyakan ngasih capung karena bisa merontokkan bulu kacer.

Dari tadi kita berbicara tentang manfaat capung, lalu apakah capung berbahaya? apa iya ada penyakit pada capung? Serangga ini jelas-jelas tidak berbahaya bagi manusia, gigitannya pun mungkin akan terasa geli ketika menyentuh kulit kita. Saya rasa tidak ada bahaya capung bagi kita. Mungkin lebih bahaya larva capung kali ya, khususnya bagi para petani yang bisa merusak tanaman padi mereka, itu pun kalau dalam jumlah yang sangat banyak.

Ada sebuah mitos yang sering dijadikan bahan pembicaraan oleh masyarakt kita, seperti mitos capung masuk rumah. Dimana biasanya capung yang masuk ke dalam rumah biasanya pada malam hari dan bentuk capungnya biasanya lebih besar, capung ini sangat jarang kita temui di siang hari, bahkan hampir tidak pernah. Mitosnya sih arti kedatangan capung menandakan akan terjadi hal buruk pada keluarga di rumah tersebut. Terlepas benar atau tidaknya mitos tersebut, saya lebih mempercayai takdir dari Allah SWT. Bagaimana dengan kamu?

Habitat, Karakteristik dan Sifat Capung

Biasanya habitat capung ini berada di daerah yang dekat dengan perairan dangkal. Seperti sungai kecil, rawa, danau dan lain sebagainya. Menyinggung sedikit mengenai sifat capung dimana karakteristik capung sebagai predator ulung terbilang cukup ganas bagi mangsanya. sifat capung adalah yang cenderung liar dan jago terbang ini mampu menangkap mangsanya ketika berada di udara dengan rahang tajamnya serta dilengkapi penglihatan yang bagus.

Demikian untuk pembahasan artikel mengenai capung kali ini, lain kali akan kita bahas tuntas info capung lainnya. Terima kasih untuk kamu yang sudah bersedia berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar