Pemula Wajib Tahu 7 Ciri Merpati Betina Yang Bagus Buat Indukan

By | 20 Oktober 2022
merpati-betina-yang-bagus-buat-indukan
Ciri merpati betina yang bagus buat indukan?

Setiap peternak pastinya selalu mencari merpati betina yang bagus buat indukan, karena bisa menghasilkan keturunan yang berkualitas unggul. Bagi mereka yang sudah berpengalaman dana lama berkecimpung di dunia ternak burung, mungkin bukan hal sulit memilih indukan. Namun, beda cerita bagi orang awam yang baru merintis usaha. Jangan khawatir, karena poin-poin pentingnya bakal dibahas berikut ini.

Ada banyak orang yang sekarang ini mulai tertarik dengan bisnis ternak merpati. Pasalnya, merawat burung dara tidak begitu rumit dan tergolong mudah. Apalagi peminat merpati balap di pasaran sangatlah tinggi. Sehingga, masyarakat melihat ada peluang usaha yang menguntungkan.

Ingin tahu kriteria merpati betina yang bagus buat indukan dan bagaimana ciri-ciri merpati betina yang bagus buat ternak? Yuk mari kita bahas selengkapnya di bawah berikut ini.

Ciri Merpati Betina Yang Bagus Buat Indukan

Bentuk Kepala

Jika ini adalah kali pertama Anda membeli burung dara betina, maka perhatikan baik-baik bentuk kepalanya. Hindarilah merpati indukan yang kepalanya bulat. Ini kurang bagus menurut sebagian besar peternak berpengalaman.

Nah, merpati indukan yang bagus ditandai dengan bentuk kepala memanjang seperti kepala tikus. Ditambah lagi dengan bentuk mata menjorok ke dalam. Jika karakteristik kepala sudah memenuhi ciri seperti yang disebutkan tadi, lanjut ke poin berikutnya.

Karakteristik Bulu Sayap

Sekarang coba bentangkan sayap merpati betina yang hendak Anda beli. Jika tidak ada celah ketika dibentangkan, maka bisa dipastikan ia bisa menjadi indukan yang baik. Perhatikan pula bagian batang lar yang masuk ke dalam sayap, merpati indukan berkualitas memiliki bentuk bulat dan tebal. Merpati betina yang sayapnya rapi dan rapat bisa banget menjadi pilihan utama. Jika modelnya kebalikan dari itu, sebaiknya cari yang lain saja.

Punggung Kelihatan Ketika Berdiri

Ketika merpati diposisikan berdiri, bagian punggungnya kelihatan. Ini merupakan ciri khas yang menandakan betina berkualitas bagus. Sementara itu, untuk merpati yang bagian punggungnya hanya terlihat sedikit atau sama sekali tidak terlihat ketika berdiri, kurang recomended buat dipilih.

Bentuk Paruh

Merpati betina yang bagus buat indukan juga bisa dilihat dari bentuk paruhnya. Burung dara yang bagus memiliki paruh panjang dan tipis, sekaligus bentuknya melengkung ke bawah. Pastikan warna paruh sama seperti warna yang ada pada kukunya. Sebagai contoh, burung dara memiliki kuku berwarna hitam maka paruhnya juga harus hitam. Jika warna kuku merpati bersih, paruhnya harus bersih. Coba deh sekarang Anda lihat bagaimana model paruh yang dimiliki oleh merpati.

Klepekan Terlihat Hidup

Merpati betina yang sehat terlihat aktif bergerak dan tidak pasif. Anda bisa mengetahuinya dari posisi di klepek. Silahkan pegang bagian pinggangnya, jika sayapnya membuka seolah-olah sedang terbang maka bisa dikategorikan aktif. Burung dara seperti inilah yang bagus buat Anda pilih sebagai indukan ternak.

Bisa Kawin Disemua Posisi

Pemain merpati balap selalu mencari betina yang multitalenta seperti ini. Yaitu bisa melakukan kawin, baik di posisi bawah maupun atas. Gebetannya yang terlihat hidup mampu meningkatkan kecepatan pasangannya. Tidak heran apabila banyak penggemar merpati yang mencari tipe betina seperti ini.

Tipe yang Agresif

Burung merpati betina yang sehat dan berkualitas bagus senantiasa aktif bergerak. Tidak peduli apakah sedang berada di dalam kandang atau luar kandang. Sifat agresif seperti ini ditunjukkan kepada sesama merpati lain atau ke tuannya. Jangan memilih burung dara yang lebih banyak pasifnya.

Demikianlah pembahasan mengenai tujuh ciri merpati betina yang bagus buat indukan. Anda harus mengingat baik-baik setiap poinnya, sehingga menemukan indukan yang berkualitas unggul dan bisa mengetahui ciri-ciri merpati betina yang bagus buat ternak.