Inilah Manfaat Buah Harendong Buat Burung? Simak Disini

By | 20 Oktober 2022
buah-harendong-buat-burung
Manfaat buah harendong buat burung

Manfaat buah harendong buat burung ada banyak sekali lho ternyata. Sebagai seorang pemula yang masih baru memelihara burung, Anda pasti kurang familiar dengan tumbuhan ini yang ternyata bisa dipakai sebagai pakan. Bahkan tidak tanggung-tanggung, harendong bisa meningkatkan stamina dan memulihkan kondisi burung kicauan. Bagaimana, ternyata cukup menarik buat dicoba bukan?

Buah harendong memiliki nama lain seperti Kemanden (Madura), Senduduk (Sumatera), dan Senggani (Jawa). Ini termasuk sebagai tumbuhan liar yang mudah ditemukan di tempat terbuka dan terkena sinar matahari cukup. Seperti lapangan, semak belukar dan lereng gunung.

Ingin tahu manfaat buah harendong buat burung? Simak pembahasan selengkapnya pada artikel berikut.

Jenis-Jenis Tanaman Harendong

Sebelum membahas dua manfaat buah harendong yang bagus untuk burung peliharaan Anda di rumah, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis dari tanaman satu ini.

Harendong Bulu (Cilademia Hirta)

Pertama, ada buah harendong Bulu atau yang memiliki nama latin Cilademia Hirta. Ciri khasnya adalah buahnya berbentuk buni dan bulat telur, dengan warna kulit dan biji kecilnya yang sama-sama ungu.

Harendong Gede (Melastoma Polyanthum)

Spesies selanjutnya adalah buah harendong Gede atau yang memiliki nama latin Melastoma Polyanthum. Jika sebelumnya berbentuk buni dan bulat telur, maka sama saja. Namun, harendong Gede memiliki warna kulit dan biji kecil merah. Sehingga tidak sulit untuk mengenalinya.

Harendong Monyet (Bellucia axinanthera)

Jika dua spesies buah harendong sebelumnya memiliki karakteristik yang mirip dan hanya berbeda warna, maka kali ini sangat jauh berbeda. Harendong Monyet memiliki buah buni yang berbentuk bulat mirip seperti periuk. Tajuk kelopaknya berdaging dan berwarna kuning gading. Ia juga memiliki biji kecil-kecil yang berjumlah banyak.

Itu tadi adalah tiga macam buah harendong yang umumnya ditemukan di Indonesia. Setiap wilayah biasanya memiliki jenis buah harendong yang berbeda-beda. Jika memang disekitar banyak ditemukan buah harendong, maka tidak ada salahnya memetik dan memberikan kepada burung peliharaan. Manfaatnya sangat besar lho meskipun tergolong sebagai tumbuhan liar.

Berbagai Manfaat Buah Harendong Buat Burung

Buah harendong kelihatannya memang sangat sepele, karena berasal dari tanaman liar. Namun jangan salah, karena seorang peneliti burung terkenal bernama Bas Van Vallen pernah menjelaskan bahwa tanaman ini sangat bagus buat burung.

Meningkatkan Stamina Burung Kicauan

Pemilik burung cucak jenggot biasanya rutin memberikan buah harendong setiap pagi, disamping memberikan jangkrik dan buah pisang. Pemberian buah harendong ini dilakukan sebanyak 5 buah sekali pakan. Mereka percaya bahwa harendong mampu mendongkrak performa atau meningkatkan stamina burung yang dirawat untuk dilombakan atau sebagai masteran. Jika tidak terbukti memiliki manfaat yang bagus, mungkin tidak banyak orang yang memberikan buah harendong kepada burung peliharaannya.

Memulihkan Kondisi Burung Kicauan

Dari segi ukuran, buah harendong masuk kategori kecil. Ketika sudah matang, buahnya berubah menjadi ungu atau merah sesuai jenisnya. Buah harendong yang matang berkhasiat untuk memulihkan stamina burung ketika ngedrop karena melahirkan atau stres.

Pemilik burung cucak jenggot biasanya memanfaatkan buah harendong untuk mengatasi kondisi burung peliharaannya yang lemas. Anda bisa ikut mencoba merasakan sendiri manfaat yang ditawarkan oleh buah satu ini. Untuk takaran pemberian sebenarnya tidak ada batasan. Namun, para kicau mania biasanya memberikan sebanyak 10-15 buah harendong matang selama masa terapi berlangsung.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai manfaat atau khasiat dari buah harendong buat burung yang ternyata sangat besar. Anda bisa menjadikannya makanan tambahan sehari-hari yang menyehatkan. Ia mudah sekali didapatkan di lingkungan sekitar dan tidak perlu beli di toko.