Inilah Perbedaan Pleci Jantan dan Betina Yang Wajib Kamu Ketahui,Tidak Akan Salah Pilih Lagi

By | 22 Oktober 2022
perbedaan-pleci-jantan-dan-betina
Cara mengetahui perbedaan pleci jantan dan betina

Cara mengetahui perbedaan pleci jantan dan betina sama sekali tidak sulit untuk dilakukan. Sebab, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dan mudah dikenali oleh mata setiap orang. Bahkan jika Anda masih tergolong awam, masih bisa mengenali apakah burung tersebut jantan atau betina. Adapun ciri-cirinya silahkan Anda simak pada artikel berikut.

Burung pleci atau Zosterops adalah peliharaan yang semakin diminati banyak orang. Daya tarik utamanya berasal dari suara kicauan yang merdu dan unik. Ada banyak jenis burung pleci yang paling bagus, seperti pleci dada kuning, pleci pacitan, dan pleci kacamata Enggano.

Yuk, mari baca dan simak bagaimana cara mengetahui Perbedaan pleci jantan dan betina yang akurat pada artikel dibawah ini. Sehingga Anda bisa memilih dengan tepat ketika ingin ternak maupun membeli burung pleci untuk kontes.

Cara Mengetahui Perbedaan Pleci Jantan dan Betina yang Akurat

Karakteristik Fisik

Terdapat perbedaan yang cukup mencolok antara pleci jantan dan betina dari segi karakteristik fisik. Dimulai dari dari ekor pleci jantan yang lebih panjang dibandingkan betina. Ekor milik burung jantan berujung runcing dan terlihat bercabang dua atau seperti huruf V. Sementara itu, ekor pleci betina lebih pendek yang terlihat ketika Anda menyandingkan keduanya.

Beralih ke bagian mata, pleci jantan memiliki lingkaran putih di mata yang putus-putus dan tebal. Sedangkan pada pleci betina pola lingkaran matanya tidak putus-putus dan berpola tebal. Paruh burung pleci betina cenderung memanjang dan tidak tebal. Berbeda dengan pleci jantan yang bentuk paruhnya pendek dan terkesan tebal.

Karakteristik berikutnya adalah dubur pleci betina yang cenderung kecil dan tidak banyak bulu. Tidak seperti dubur pleci jantan yang bentuknya memanjang dan banyak bulu disekitarnya.

Bentuk Tubuh

Burung pleci jantan umumnya memiliki bentuk tubuh yang besar dan lebih besar. Tubuhnya terlihat lebih padat dan memiliki bentuk kepala sedikit bulat sekaligus berukuran besar. Adapun bentuk paruh pada pleci jantan terlihat kasar. Karakteristik itu berbanding dengan pleci betina yang ukuran tubuhnya agak bulat dan berisi. Tidak seperti jantan yang tubuhnya panjang, si betina memiliki tubuh pendek.

Vent pleci jantan dan Betina

Vent pleci jantan lebih terlihat agak menonjol keluar beserta searah kaki burung plecinya dan jika sudah usia dewasa makan vent tersebut akan semakin besar. Sedangkan vent pleci betina ukuran lebih kecil dan searah dengan bentuk ekor. Akan tetapi melihat dari bentuk vent saja tidak bisa melulu tepat, harus dilihat dari ciri lainnya juga.

Perilaku

Cara membedakan pleci jantan dan betina berikutnya adalah melihat dari tingkah lakunya. Pleci jantan biasanya bergerak lebih lincah dan agresif. Mereka suka berkelahi dengan burung pleci yang lain ketika diletakkan di kandang yang sama.

Sedangkan perilaku burung pleci betina cenderung pendiam dan tenang. Ia sama sekali tidak seagresif burung pleci jantan. Jika dua pleci betina diletakkan di kandang yang sama, maka tidak ada tanda-tanda beradu atau berkelahi.

Anda bisa juga mencoba menyemprotak air ke bagian kepala pelci secara perlahan. Apabila bagian pupil matanya mengecil dan memperlihatkan jambul, maka bisa dipastikan ia adalah burung pleci jantan. Sedangkan pada pleci betina cenderung tetap tenang.

Warna Bulu

Ketika Anda melihat ada burung pleci yang bulunya berwarna mencolok, maka bisa dipastikan itu adalah pleci jantan. Dari segi warnanya sudah berbeda, pleci jantan memiliki warna bulu lebih menawan dan cerah. Sementara itu, bulu pada pleci betina berwarna agak kusam. Sehingga kurang menarik ketika dilihat dan tidak terlalu menawan.

Suara Kicauan

Mungkin perbedaan ini sedikit susah dikenali oleh orang awam, karena harus benar-benar memperhatikan suara kicauan. Suara kicauan pleci jantan terdengar mengkristal dan lebih jernih. Tidak seperti burung pleci betina yang tidak terlalu jernih dan terdengar lebih lirih.

Ciri Pleci Jantan Muda dan Betina Muda (Anakan)

Khusus untuk pleci jantan anakan atau yang masih muda, sepertinya tidak ada perbedaan dengan yang sudah dewasa, akan tetapi kita coba update artikel ini jika sudah menemukan referensi terbaru terkait pleci jantan anakan jantan dan betina.

Demikianlah pembahasan mengenai lima cara membedakan pleci jantan dan betina yang akurat. Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi ketika ingin mengetahui jenis kelamin burung pleci.