Ukuran Ideal Leopard Gecko Lengkap Dengan Pembahasan Berat dan Panjangnya

By | 8 Mei 2022
panjang-maksimal-leopard-gecko
Panjang Gecko

Mengetahui berat dan panjang ideal dari Leopard gecko sebagai binatang peliharaan sangatlah penting, demi menjaga keseimbangan antara berat dan panjang reptil tersebut. Demi menjaga pola makan supaya peliharaan kita selalu terjaga kebugarannya dan kesehatannya.

Berapa Ukuran Maksimal Gecko Dewasa? Ukuran gecko jantan dan betina jelas berbeda. Panjang maksimal leopard gecko jantan berkisar antara 20 sampai dengan 28 cm dan berat badan sekitar 60 sampai 80 gram. Sedangkan panjang leopard gecko betina itu berkisar 18 sampai dengan 20 cm diikuti dengan berat badannya sekitar 50 sampai 70 gram.

Jenis Ukuran Leopard Gecko Terbesar di Dunia

Catatan yang pernah terekam untuk ukuran leopard gecko terbesar di dunia adalah morf dengan ukuran panjang maksimalnya mencapai 12 inchi dengan berat kurang lebih 130 sampai 150 gram, bahkan pernah ada sampai berat 170 gram. Wow, super sekali ya ukurannya untuk seekor leopard gecko.

Itulah ukuran maksimal leopard gecko yang perlu dipahami jika kamu tertarik untuk memelihara reptil yang sedang naik daun ini. Selain itu, nanti kita juga akan infokan mengenai harga berdasarkan panjang maksimal gecko dewasa atau yang sudah besar.

Berikut Kita Rangkumkan Secara Singkat Harga Gecko Super Giant dari Marketplace Indonesia.

  • Tokopedia 250.000 – 5.000.000
  • Biggo 276.000 – 7.500.000
  • Shopee 105.000 – 1.500.000
  • Bukalapak 450.000 – 550.000

Harga bervariasi tergantung dari jenis, umur serta corak dan warnanya. Ada yang menjual mulai dari harga yang murah dan ada yang termahal. Itulah sedikit rangkuman harga gecko ukuran 25 sampai 30 cm. Harga sewaktu-waktu bisa berubah tergantung harga pasaran yang berlaku pada saat itu. Untuk lebih detilnya lagi, kamu bisa cek langsung ke marketplace kesayangan kamu. Harga di atas tidak termasuk kandang ya, karena berbeda lagi harganya.

Berapa Umur Leopard Gecko

Menurut informasi yang kami dapatkan terkait umur, gecko ini bisa bertahan di alam liar selama kurang lebih 15 tahun. Tentunya jika dipelihara oleh manusia, maka lama hidup gecko kemungkinan bisa bertambah lagi. Karena makanan dengan segala nutrisi yang sudah disediakan oleh pemilik. Bahkan ada informasi yang menyatakan bahwa gecko bisa bertahan tanpa makan selama kurang lebih 2 bulan.

Ukuran-Kandang-Leopard-Gecko
Ukuran kandang

Berapa Ukuran Kandang Leopard Gecko

Setelah mengetahui ukuran panjang badan gecko alangkah baiknya kamu juga mengetahui ukuran kandangnya khususnya bagi pemula yang baru berniat memelihara gecko. Kali ini kita akan lebih membahas mengenai kandang gecko yang sudah dewasa. Agar leopard gecko kamu merasa nyaman di dalam kandang dan terlihat luas ada baiknya kamu siapkan kandang dengan ukuran L. Sedangkan untuk ukuran kandang sendiri terdiri dari 4 ukuran yaitu S, M, L, LL.

Baca juga : Apakah Leopard Gecko Berbahaya

Nah untuk gecko dewasa sebaiknya kamu pilih saja yang ukuran L dengan luas kapasitasnya 40 X 25 X 18 cm. Dengan rincian Panjang 40 cm lebar 25 cm dan tinggi 18 cm berikut volumenya 16 Liter. Dengan kapasitas kandang seperti ini kamu bisa isikan berbagai macam keperluan bagi si gecko seperti tempat sembunyi semacam goa kecil, mangkok minum dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Penting sekali mengetahui ukuran panjang maupun berat dari hewan peliharaan sendiri, agar kita mudah untuk memantau kesehatan dan kebugaran dari peliharaan kita tersebut. Jadi jika terjadi hal yang tidak semestinya pada reptil tersebut sudah dapat langsung kita prediksi dan segera mencari solusi untuk penangannya lebih lanjut.

Demikian informasi mengenai berat dan panjang dari leopard gecko sebagai tambahan bagi kamu yang hobi dengan reptil eksotis yang satu ini. Mohon maaf jika banyak kesalahan dalam pengetikan, mohon harap dimaklumi. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel lainnya, terima kasih.