Bagaimana Jika Terlanjur Digigit Nyamuk DBD Demam Berdarah Dengue

By | 26 Juli 2022

Penyakit demam berdarah dengue atau sering juga disingkat DBD karena akibat gigitan nyamuk aedes aegypti. Penyakit ini sangat berbahaya bahkan sering kita jumpai penderita DBD yang meninggal dunia karena kurangnya penanganan yang tepat dan cepat setelah digigit nyamuk dbd demam berdarah.

digigit-nyamuk-dbd

Lantas bagaimana bila terlanjur digigit nyamuk demam berdarah? setelah digigit nyamuk demam berdarah sebaiknya perbanyak istirahat, minumlah air putih sebanyak kurang lebih 2 liter setiap satu hari, berikan kompres dengan menggunakan air hangat, jika langsung ada efek seperti demam tinggi, segera minum obat pereda panas demam. Akan tetapi apabila dalam kurun waktu 2 sampai 3 hari terlihat gejala yang semakin parah maka upaya yang harus dilakukan sebaiknya cepat dilarikan ke rumah sakit atau puskesmas terdekat untuk pertolongan lebih lanjut.

Ciri Ciri Bekas Gigitan Nyamuk DBD

Gigitan nyamuk dbd demam berdarah dapat kamu kentahui melalui ciri bintik merah yang terdapat pada kulit biasanya ada di ketiak, dada bagian atas serta tungkai sebelah bawah. tapi jangan salah, tidak semua yang berbintik merah itu adalah DBD. Sedangkan ciri lainnya adalah gangguan pada pernafasan, mual dan muntah, nyeri otot serta sendi, gejala pilek, bisa juga batuk, sakit kepala, terasa nyeri atau sakit dibelakang mata, sakit pada tenggorokan dan yang paling umum adalah demam tinggi yang bisa mencapai 40 derajat celcius. Itulah gejala awal digigit nyamuk demam berdarah.

Berapa Lama Reaksi Dari Gigitan Nyamuk Demam Berdarah?

Masa inkubasi setelah gigitan nyamuk Aedes Aegypti tersebut sangat bervariasi jangka waktunya paska tergigit nyamuk, akan tetapi pada kebanyakan kasus demam berdarah biasanya 4 sampai 7 hari. Nah, kemudian setelah masa inkubasi ini selesai barulah efek atau reaksi dari gigitan nyamuk dbd itu akan mulai mengeluarkan tanda seperti yang telah disebutkan tadi di atas.

Apa Nyamuk Penyebab DBD Demam Berdarah

Penyakit yang sudah umum diketahui oleh masyarakat Indonesia ini penyebabnya adalah virus dengue melalui perantara nyamuk yang menggigit ke manusia, nyamuk yang dimaksud adalah Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Akan tetapi di Indonesia sendiri nyamuk tersebut teridentifikasi mempunyai 3 jenis, diantaranya Aedes Aegypti, Aedes scutellaris dan Aedes Albopictus. Dan sebagian besar aktor utama dibalik dbd ini lebih dominan ke nyamuk betina, karena memiliki mulut penghisap yang lebih panjang daripada nyamuk jantan. Mulut yang mirip seperti jarum ini disebut probosis.

Cara Membedakan Gigitan Nyamuk DBD dan Nyamuk Biasa

Layaknya nyamuk pada umumnya seandainya kamu tergigit oleh nyamuk ini, tentu gejala awal pada permukaan kulit adalah bentol atau bengkak bulat yang pasti menimbulkan rasa gatal. Dan apabila kamu tergigit oleh nyamuk dan ada bintik merah bukan berarti kamu terkena penyakit dbd, karena bukan itu saja satu-satunya tanda. Lantas apa yang membedakan gigitan nyamuk dbd dan nyamuk yang biasa? Tentu saja banyak yang perlu diperhatikan di antaranya efek yang mulai terasa pada tubuh seperti yang telah disebutkan di atas. Yang perlu mendapatkan fokus perhatian yaitu jika mendadak demam tinggi dan di ikuti oleh 2 sampai 3 tanda yang lainnya. Misalnya seperti bintik-bintik merah, nyeri sendi, pendarahan, mual, linu, pegal dan sakit kepala. Sudah bisa dipastikan ini bukan gigitan nyamuk biasa, melainkan nyamuk Aedes Aegypti si penyebab DBD.

Nyamuk Demam Berdarah Keluar Jam Berapa?

Secara umum nyamuk penyebab dbd Aedes Aegypti ini aktifnya dari pagi hingga petang. Tapi menurut para ahli pediatri dan infeksi ada waktu tertentu dimana nyamuk ini sangat aktif, biasanya sekitar jam 10 sampai 12 siang. Nyamuk Aedes Aegypti bisa menyerang siapa saja, tak ada patokan umur tertentu. Sejauh informasi yang telah dikumpulkan nyamuk tersebut lebih banyak menyerang usia remaja dan tak jarang anak yang masih kecil atau bayi.

Apakah Ciri Ciri Nyamuk Aedes Aegypti?

Saya yakin kamu sudah pernah melihatnya, akan tetapi mungkin kamu tidak sadar bahwa nyamuk tersebut adalah nyamuk Aedes Aegypti. Ciri yang membedakan dengan nyamuk biasa ialah nyamuk ini memiliki warna hitam disertai warna belang hitam putih di seluruh bagian tubuhnya, ukurannya lebih kecil dari nyamuk pada umumnya dan mampu terbang sejauh 100 meter. Jadi sangat mudah sekali dikenali.

Upaya Sederhana Untuk Pencegahan Agar Terhindar Demam Berdarah Dengue

Pertama terapkan 3M untuk antisipasi yaitu Menguras dan membersihkan tempat yang biasa menjadi tempat penampungan air, seperti bak mandi, ember, toren air, kaleng bekas, kendi dan lain sebagainya. Kemudian menutup tempat penampungan air dan mengubur jika ada kaleng bekas yang sangat berpotensi menampung air ketika hujan. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan ikan yang memakan jentik nyamuk, pakai obat nyamuk, pada jendela rumah pasang kawat kasa, tanam bunga lavender untuk mengusir nyamuk, penyemprotan nyamuk dengan asap dan terakhir adakan kerja bakti dengan masyarakat setempat minimal 1 bulan sekali untuk membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal. Ingat kata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati.

Demikian informasi singkat yang dapat kami rangkum dari berbagai sumber, bagaimana jika digigit nyamuk dbd, mengetahui ciri2, usaha penyemprotan nyamuk dan tindakan apa yang harus segera dilakukan untuk menghindari kemungkinan terburuk akibat Demam Berdarah Dengue. Harapan kami semoga informasi ini bermanfaat dan mohon maaf jika ada banyak kesalahan dalam pengetikan. Terima kasih dan sampai bertemu di artikel lainnya.