Berikut Pembahasan Lengkap Penyakit Leopard Gecko Berikut Cara Mencegah atau Mengobatinya

By | 17 Juli 2022

Pada artikel kali ini kita akan coba membahas lengkap penyakit apa saja yang sering menjangkiti leopard gecko secara umum dan bagaimana juga cara penanggulangannya serta cara pencegahan agar penyakit-penyakit tersebut tidak menghampiri hewan reptil kesayangan kita ini. Supaya ada gambaran untuk kamu yang sedang merawat gecko yang sakit.

Apa saja penyakit pada leopard gecko? Penyakit pada leopard gecko adalah Anoreksia, Crypto, Coccidia, Dycedisis, Eye Caps, Ekor Putus, Gastoenteritis atau diare, Prolapse, Penyakit Tulang Metabolik atau Metabolic Bone Disease (MBD), Stomatitis atau Mouthrot, Pneumonia dan Impaction. Tanpa panjang lebar lagi yuk mari kita bahas satu per satu Kumpulan Penyakit Pada Leopard Gecko.

penyakit-leopard-gecko

Penyakit Anoreksia Leopard Gecko

Merupakan penyakit yang membuat nafsu makan leopard gecko hilang. Sehingga bisa mengurangi berat badan secara drastis dan akhirnya gecko kurus dan mati, jika tidak cepat ditangani sesegera mungkin. Hal demikian ini bisa terjadi karena gecko mengalami stress, keadaan badan kurang fit atau kurang sehat, Kekurangan gizi, Seperti nutrisi dan lain sebagainya. Ciri yang biasanya terlihat ialah lemas dan kurang aktif dan tidak mau makan.

Cara Menangani Anoreksia Pada Leopard Gecko

  • Cek kembali kandang leopard gecko secara keseluruhan
  • Cek suhu yang ada di dalam kandang, usahakan suhu berkisar antara 23 sampai 32 derajat
  • Jangan membuat Gecko stress seperti menyatukan dengan gecko yang lain atau sering memindahkan ke kandang yang lain
  • Perhatikan pola makan dan timbang berat badannya secara berkala
  • Cek kebersihan kandang, jika banyak terdapat kotoran di kandang bersihkan secara rutin
  • Berikan makanan terbaik dan merupakan kesukaan dari leopard gecko

Penyakit Crypto Leopard Gecko

Penyakit ini merupakan penyakit yang perlu mendapatkan perhatian khusus bagi pemilik leopard gecko, karena berpotensi berbahaya sekali bagi gecko. Crypto ini merupakan protozoa yang menyerang pada gecko di saluran pencernaannya seperti pada usus kecil sehingga menyebabkan badan leopard gecko menjadi kurus dan biasanya berakhir dengan kematian.

Biasanya leopard gecko yang terkena Cryptosporidium ini memiliki kesamaan seperti tanda pada penyakit anoreksia yaitu kurangnya nafsu makan, muntah, badan menjadi kurus, pup encer dan berwarna kehijauan disertai bau yang menyengat, kondisi badan yang lemah, kekurangan cairan tubuh sehingga menyebabkan kulit menjadi keriput serta matanya yang cekung dan kurang aktif serta ekor yang kecil atau istilahnya pencil tail.

Cara Menangani Penyakit Crypto Pada Leopard Gecko

Pisahkan leopard gecko yang terjangkit penyakit crypto ini dengan leopard gecko yang lain, dikarenakan penyakit crypto ini bisa menular ke leopard gecko yang lain. Meskipun tidak mudah untuk menyembuhkannya tidak ada salahnya untuk dicoba. Kamu bisa memulai dengan mengoles di mulut gecko dan beri minum setiap hari dengan menggunakan suntikan yang tidak pakai jarum dengan obat cair gabbryl.

Penyakit Coccidia Leopard Gecko

Penyakit leopard Gecko yang satu ini juga lagi-lagi mengincar area pencernaan dan ini biasanya akan terjadi ketika parasit semacam protozoa sudah menyerang lapisan usus gecko. Jika kamu tidak segera mengobati dengan benar, maka akan menular kepada gecko yang lain yang ada di dekatnya. Biasanya ditandai dengan berkurangnya nafsu makan bahkan tidak mau makan sama sekali. Selain itu juga bisa menyebabkan dehidrasi pada leopard gecko, menjadi kurang aktif dan cenderung lamban.

Cara Menangani Penyakit Coccidia Leopard Gecko

Beri air putih (air mineral) secukupnya, jangan berikan suplemen untuk sementara waktu hingga leopard gecko kamu sembuh total seperti sediakala. Oh iya jangan lupa isolasi dulu di kandang khusus dan jangan disatukan dengan leopard gecko yang lain.

penyakit-leopard-gecko

Penyakit Dycedisis Leopard Gecko

Penyakit ini tidak hanya terjadi pada leopard gecko saja, akan tetapi juga terjadi pada semua reptil yang sering ganti kulit atau shedding. Nah, Penyakit Dycedisis pada Leopard Gecko ini karena kurang sempurnanya kulit lama yang mengelupas dari kulit baru. Sehingga bisa mengakibatkan gejala infeksi yang cukup parah.

Cara Menangani Penyakit Dycedisis Leopard Gecko

Kulit yang tertinggal biasanya berada di area tungkai, ekor, mata atau area lainnya yang susah dijangkau oleh leopard gecko. Oleh karena itu, perlu perhatian khusus dari sang pemilik dan segera memberikan bantuan ketika leopard gecko kamu sudah terlihat akan ganti kulit.

penyakit-leopard-gecko

Eye Caps Pada Leopard Gecko

Hal ini disebabkan karena mata gecko dimasuki oleh benda asing, seperti debu, serangga kecil, serutan kayu dan lain sebagainya. Sehingga hal ini menyebabkan infeksi pada mata gecko.

Cara Menangani Eye Caps

Kamu cukup siapkan kapas yang masih bersih dan steril dan air hangat, kemudian bersihkan secara perlahan pada area mata gecko hingga benar-benar bersih.

penyakit-leopard-gecko

Ekor Putus Pada Leopard Gecko

Hal ini disebabkan karena tingkat stess yang sangat tinggi. Salah satunya karena perkelahian antar sesama gecko hingga dia merasa nyawanya terancam dan akhirnya stress. Tapi dalam kasus yang lain bisa juga disebabkan karena ulah sang pemilik ketika memegang ekornya terlalu kencang.

Cara Menangani ekor putus Gecko

Jika sudah terlanjur terputus ekornya, kamu fokuskan untuk menjaga kebersihan kandang, pakai kertas untuk alasnya. ini dilakukan supaya gecko tidak stress lagi dan merasa nyaman kembali di kandang. Sehingga ekor akan tumbuh kembali meskipun bentuknya tidak akan sama lagi seperti sediakala.

Penyakit Gastroenteritis atau Diare Leopard Gecko

Gastroenteritis pada leopard gecko dapat menyebabkan ekor yang menjadi kurus disertai berat badan yang turun. Beberapa tanda yang dapat terlihat biasanya gecko mengeluarkan kotoran yang tidak seperti biasanya, yaitu berdarah dan cenderung cair. Karena biasanya kotoran gecko yang sehat itu padat dan kering. Dikarenakan penyakit ini juga bisa menular melalui kotoran itu, sehingga kamu wajib memisahkan dari gecko lainnya. Lama kelamaan gecko tidak mau makan, sehingga menjadi dehidrasi dan kurus. Nantinya akan berakibat pada kematian. Erat kaitannya penyakit ini dikarenakan keadaan kandang yang kurang sehat dan diperparah kondisi badan gecko tidak sedang dalam kondisi fit.

Cara Menangani Penyakit Gastroenteritis atau Diare Gecko

Pertama kamu fokuskan pada kandangnya, usaha yang dapat dilakukan seperti menjaga kebersihan kandang, naikkan suhu pada area kandang, beri minum dengan air mineral yang bersih seperti biasa dan untuk sementara waktu jangan beri gecko pakan maupun suplemen hinggga kondisi leopard gecko menjadi normal kembali.

penyakit-leopard-gecko

Penyakit Prolapse Leopard Gecko

Penyakit jenis ini disebabkan pasca terjadinya perkawinan yang tidak normal antara gecko jantan dan betina. Akibatnya membuat organ internal seperti alat reproduksi bahkan usus yang nampak terlihat akan keluar dari tubuh gecko.

Cara Menangani Penyakit Prolapse Pada Leopard Gecko

Untuk kali ini cara menanganinya cukup mudah saja, pertama kamu coba ganti alas di kandang menggunakan Paper towel atau kertas koran biasa. Kemudian siapkan air hangat yang sudah diberi gula pasir dan rendam leopard gecko selama kurang lebih 15 sampai 30 menit atau sampai air gula tersebut terlihat mengental. Ini bisa rutin dilakukan setiap hari pada pagi dan sore hingga gecko sembuh.

Penyakit Tulang Metabolik atau Metabolic Bone Disease (MBD) Leopard Gecko

Penyakit ini disebabkan karena kurangnya asupan gizi pada gecko sehingga berpengaruh pada pembentukan pertumbuhan tulang. Hal ini bisa terjadi ketika gecko masih berupa telur dan asupan vitamin D3 dan kalsium yang kurang dari makanan yang di makan oleh induknya. Akibatnya gecko akan mengalami tremor atau berkedut, nafsu makan yang berkurang, bisa juga cacat di bagian anggota badan tertentu biasanya ekor, punggung, kaki dan tulang belakang. Tulang nampak lunak bengkok, tidak padat atau rapuh dan kurang aktif.

Cara Menangani Penyakit Tulang Metabolik atau Metabolic Bone Disease (MBD) pada Leopard Gecko

Sejauh ini kebanyakan pemilik gecko masih kesulitan untuk menangani masalah penyakit yang satu ini. Untuk penanganannya memang susah karena sudah bawaan lahir, akan tetapi tidak ada salahnya untuk mencegah yaitu dengan cara memberikan kalsium pada pada makanan gecko yang ada di tempat makannya. Selain itu kamu juga bisa pakan yang sudah di gutload.

penyakit-leopard-gecko

Penyakit Stomatitis atau Mouthroot Leopard Gecko

Ketika diserang penyakit ini, Leopard gecko biasanya akan mengalami bengkak di area mulut dan bernanah karena infeksi. Penyebabnya adalah suhu pada kandang yang terlalu dingin untuk seekor leopard gecko, ditambah lagi pola makan yang salah disertai kondisi gecko yang sedang lemah.

Cara Menangani Penyakit Stomatitis atau Mouthroot pada Leopard Gecko

Pertama kamu harus menaikkan suhu di dalam kandang sekitar 27 sampai 32 derajat. Kemudian pola makan yang harus dijaga dan tepat waktu, jangan sampai telat. Dengan cara sederhana ini, kemungkinan gecko kamu akan cepat sembuh seperti sediakala.

Penyakit Pneumonia Leopard Gecko

Hampir sama seperti Stomatitis, penyakit pada leopard gecko ini disebabkan karena suhu di kandang yang terlalu dingin untuk gecko ditambah lagi tempat yang kurang nyaman seperti basah dan becek dengan tingkat kelembaban yang tinggi. Sehingga kekebalan tubuhnya melemah dan memunculkan bakteri di paru-paru gecko. Biasanya ini merupakan infeksi pada saluran pernapasannya. Ditandai dengan susah bernafas karena hidung yang berlendir.

Cara Menangani Penyakit Pneumonia Pada Leopard Gecko

Fokuskan pada suhu kandang, jika terlalu dingin kamu perlu memberi lampu supaya suhu meningkat. Usahakan sekitar 27 sampai 32 derajat saja. Dengan begitu gecko akan sembuh dengan sendirinya.

Penyakit Impaction atau Penyumbatan Saluran Pencernaan Leopard Gecko

Penyebab utama dari penyakit tersebut ialah gecko menelan sesuatu dimana yang ditelannya tidak memungkinkan untuk dicerna. Misalnya seperti kerikil, tanah, pasir dan lain sebagainya yang bukan merupakan makanannya. Hal ini memungkinkan untuk terjadi karena kandang yang diberi alas dari bahan-bahan tersebut hingga akhirnya tertelan secara tidak sengaja oleh gecko. Akibatnya bisa terjadi peradangan atau infeksi pada usus dikarenakan penyumbatan tersebut.

Cara Menangani Penyakit Impaction atau Penyumbatan saluran pencernaan Pada Leopard Gecko

Sebaiknya untuk alas di kandang kamu gunakan saja kertas yang masih bersih dan alas dari kertas ini sangat baik untuk kandang gecko. Akan tetapi apabila gecko sudah terkena penyakit ini, sebaiknya kamu cepat bawa ke vet saja untuk penanganan lebih lanjut.

penyakit-leopard-gecko

Penyakit Egg Bounding atau Egg Binding Leopard Gecko

Hal ini disebabkan karena telur yang menumpuk di dalam perut betina induk leopard gecko ketika sedang mengandung. Penyebab utamanya adalah kondisi sang induk yang dalam keadaan lemah atau tidak fit, diperparah ukuran telur yang sangat besar dan si indukan ini tidak menemukan tempat yang cukup aman dan nyaman untuk mengeluarkan telurnya.

Cara Menangani Penyakit Egg Bounding atau Egg Binding Pada Leopard Gecko

Pertama siapkan kandang yang agak gelap dan suhu yang lebih hangat dari kandang sebelumnya. Untuk alasnya kamu pastikan agak lembab, dimaksudkan agar nanti memudahkan si induk ini bertelur. Akan tetapi dalam beberapa kasus apabila telur masih belum bisa keluar juga, perlu ada bantuan dari sang pemilik dengan cara siapkan air hangat kemudian rendam 5 sampai 10 menit sambil diurut pada bagian perut sampai sedikit muncul keluar telurnya. Kamu perlu menggunakan pinset untuk menariknya secara perlahan satu per satu telur tersebut. Kamu juga bisa memakai suntikan untuk menyedot telur keluar. Akan tetapi kalau kamu ragu untuk melakukannya sendiri, tidak ada salahnya untuk langsung dibawa ke tempat vet yang dekat dari tempat tinggalmu untuk mengurangi resiko pecahnya telur.

Luka Luar Leopard Gecko

Selayaknya binatang lain bahkan manusia pun juga bisa mengalami yang namanya terluka, tak terkecuali leopard gecko. Hal ini disebabkan karena antara gecko yang satu dengan yang lain saling berkelahi dan biasanya saling menggigit, mencakar dan akhirnya luka. Tidak hanya disebabkan sesamanya, hal ini juga bisa disebabkan karena digigit oleh makanannya sendiri seperti jangkrik yang memiliki rahang yang tajam.

Cara Menangani Luka Luar Pada Leopard Gecko

Pisahkan ke kandang yang baru dan pastikan di kandang menggunakan alas dari kertas yang steril dan bersih. Segera bersihkan lukanya sebelum dioleskan obat sebanyak 2 sampai 3 kali sehari, lakukan ini sampai luka tersebut mengering. Obat yang bisa kamu gunakan untuk luka gecko tersebut yaitu : Betadine, Minyak Zaitun, Madu asli, Minyak tawon, bioplacenton dan lain lain. Dilarang keras menggunakan minyak rem, minyak lintah dan minyak tanah yang sudah mulai langka itu. Kemudian ketika kamu memberi makan sebaiknya disuapi saja, hal ini dimaksudkan supaya serangga pakan tersebut tidak melawan ketika gecko akan memakannya, jadi langsung dilahap habis. Hap…

penyakit-leopard-gecko

Obesitas Leopard Gecko

Obesitas bisa terjadi karena pemberian pakan yang berlebihan, biasanya pakan yang digunakan adalah mealworm atau ulat shanghai yang banyak mengandung lemak. Sebenarnya tidak masalah asalkan takarannya tidak berlebihan. Ini sangat umum terjadi, akan tetapi tidak baik jika dibiarkan. Karena akibatnya bisa berbahaya bagi gecko, misalnya ketika berat badan melonjak drastis akan tetapi seketika berat tiba-tiba menjadi turun drastis pula dikarenakan hilangnya nafsu makan.

Cara Menangani Obesitas Pada Leopard Gecko

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Nah, cara pencegahannya ialah kamu berikan pakan yang mengandung protein tinggi disertai vitamin berupa suplemen agar leopard gecko menjadi bugar kembali. Perawatan yang cukup mudah bukan.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai nama penyakit pada leopard gecko. Penting untuk mengetahui supaya jika nanti gecko kamu terkena penyakit ini, kamu sudah tahu harus berbuat apa. Semua data ini kita ramkum dan semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel lainnya. Terima kasih.