Ini Dia 7 Ciri Burung Dara Turun Jedor Yang Harus Diketahui Pemula

By | 20 Oktober 2022
ciri-burung-dara-turun-jedor
Ciri burung dara turun jedor

Setiap peternak ataupun penggemar lomba harus mengetahui ciri burung dara turun jedor. Sehingga, Anda bisa mendapat indukan yang bagus dan harga jual anakan mahal. Sementara itu, bagi penghobi dara balap bisa memenangkan setiap kompetisi yang ada. Sebagian besar pemula masih belum bisa membedakan mana tinggian yang bagus dan biasa.

Merpati stut kencang sebenarnya cukup mudah untuk dikenali, selama Anda jeli memperhatikan beberapa bagian tubuhnya. Burung dara seperti ini selalu menjadi incaran utama di pasaran dan biasanya dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Agar uang Anda tidak terbuang percuma, mari disimak bersama-sama ciri burung dara turun jedor berikut ini.

Bagaimana ciri burung dara turun jedor itu? Mari simak penjelasan di bawah ini secara lengkap.

Beberapa Ciri Burung Dara Turun Jedor Yang Perlu Dipahami

Postur Tubuh

Hal pertama yang bisa Anda lihat untuk membedakan burung dara berkualitas dan tidak adalah postur tubuhnya. Merpati tinggian yang bagus memiliki postur tubuh njantung atau bentuknya mirip seperti jantung pisang. Ketika dipegang tubuh merpati terasa lentur dan nyaman buat digenggam tangan.

Bulu

Ciri berikutnya berasal dari bulu yang terlihat mengkilap ketika terpapar sinar matahari. Burung merpati stut kencang bisa Anda kenali dari bagian bulunya yang lebih mencolok dan menawan.

Mata

Coba perhatikan respon mata burung dara yang hendak Anda pilih terhadap sinar matahari. Merpati yang memiliki stut kencang mampu merespon sinar matahari dengan gesit dan cepat. Ketika terkena sinar matahari bola matanya langsung mengecil dan kembali normal begitu dijauhkan dari sinar matahari. Proses respon mata berlangsung dengan cepat, tanpa adanya jeda sedikitpun. Semakin cepat respon mata burung dara terhadap sinar matahari, maka semakin bagus pula kemampuannya untuk terbang dan beradu balap.

Kaki

Ciri burung dara turun jedor selanjutnya adalah memiliki bentuk kaki panjang dan mbesik. Anda tidak boleh melupakan bagian ini setiap kali memilih merpati untuk dibeli. Selain itu, ada juga peternak yang menjelaskan bahwa merpati stut kencang bisa dilihat dari gerakan mendorong kaki ke belakang dan menajajarkannya dengan ekor ketika dipegang oleh tangan.

Sayap

Sayap adalah bagian tubuh utama yang dipakai untuk terbang oleh setiap burung. Oleh karena itu, performa balap burung merpati sangat dipengaruhi bentuk sayapnya. Merpati stut kencang memiliki ciri khas berupa bulu yang rapat, tebal, lebar dan tulang bulu kuat atau tidak kaku. Perhatikan pula 4 luar sayap paling luar, pastikan ia menonjol dibandingkan lar yang lain. Ditambah lagi dengan bagian luar yang tidak lancip atau membulat.

Bentuk Kepala

Ciri merpati tinggian stut kencang selanjutnya adalah memiliki kepala berukuran besar, dengan bentuk batok kepala bagian depan lebih tinggi dibandingkan batok bagian belakang. Karakteristik kepala tersebut dipercaya sebagai ciri dari merpati yang cerdas menukik, dibandingkan merpati dengan ukuran kepala kecil.

Paruh

Tidak seperti enam ciri merpati stut kencang sebelumnya, kali ini ada dua pendapat dari para peternak. Sebagian percaya bahwa paruh mempengaruhi kemampuan terbangnya, sedangkan yang lain tidak mempermasalahkan bentuk paruh. Burung dara yang memiliki kemampuan balap bagus konon paruhnya berukuran sedang dan lancip. Anda bisa menggunakan acuan ini atau melewatkannya.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai tujuh ciri burung dara turun jedor yang bisa Anda jadikan pedoman ketika hendak membeli di pasar burung. Dengan membeli bibit yang berkualitas, maka ini bisa menghasilkan keturunan yang bagus juga. Ketika Anda berhasil memilih merpati tinggian stut kencang, maka bisa semakin mudah memenangkan perlombaan.