Nyamuk Berkembang Biak Dengan Cara Apa? Berikut Penjelasan Singkatnya

By | 3 Agustus 2022
nyamuk-berkembang-biak-dengan-cara
Nyamuk berkembang biak dengan cara Apa

Nyamuk merupakan serangga yang sudah tidak asing lagi bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari pagi hingga malam selalu menemani,halah.Hehehe… seringnya sih muncul di malam hari ketika kita akan beristirahat, kalau nyamuk yang paling berbahaya ya apalagi kalau bukan nyamuk ini. Nah, pada artikel kali ini kita mau membahas mengenai bagaimana cara nyamuk berkembang biak hingga jumlahnya tak terhingga.

Bagaimana cara nyamuk berkembang biak? Nyamuk berkembang biak dengan cara si betina akan melalui proses bertelur terlebih dahulu, biasanya sekali bertelur tiap 2 sampai 3 hari dan telur yang dihasilkan bisa mencapai antara 30 sampai dengan 150 butir, malahan bisa sampai dengan 400 butir loh.

Baca juga : Bagaimana Jika Terlanjur Di Gigit Nyamuk Demam Berdarah

Secara singkatnya, awal ketika masih telur sampai dengan menjadi seekor nyamuk yang sudah dewasa memerlukan waktu sekitar 7 sampai 8 hari, wow cukup singkat ya. Dan hebatnya lagi nyamuk dengan adanya sedikit genangan air saja sudah bisa bertelur dam berkembang biak. Jadi intinya nyamuk berkembang biak dengan bertelur bertempat di genangan air meskipun genangannya kecil.

Diharapkan kamu lebih memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar tempat kamu tinggal, supaya tidak ada genangan air sedikit pun. Karena nyamuk berkembang biak dengan bertelur bertempat di genangan air, nah kamu cukup hilangkan atau buang saja tempat atau wadah yang ada airnya tersebut supaya nyamuk tidak punya kesempatan untuk berkembang biak. Itulah salah satu cara untuk mencegah dan membasmi perkembangbiakan nyamuk sederhana.

Berikut Penjelasan Lengkap Bagaimana Cara Nyamuk Berkembang Biak

Bertelur

Bagaimana cara nyamuk kawin? Nyamuk betina seumur hidup hanya 1 kali saja kawin dengan nyamuk jantan, setelah bertelur maka telur-telur tersebut akan diletakkan ke air kemudian menetas. Kenapa harus di air? telur nyamuk tidak akan berkembang jika tidak ada air, telur bisa mengalami kerusakan dan tentu saja mustahil untuk menetas. Rata-rata nyamuk betina bisa bertelur sebanyak 300 butir pada waktu yang bersamaan. Waktu yang diperlukan untuk menetas cukup singkat saja yaitu sekitar 1 atau 2 hari. Untuk ukurannya sendiri kurang lebih 1 mm dan kemungkinan hanya bisa dilihat melalui alat bantu seperti mikroskop.

Menjadi Jentik Nyamuk atau Larva

Pada saat telur nyamuk sudah di air kemudian menetas berubahlah menjadi jentik nyamuk, selama menjadi jentik mereka akan tinggal di air dengan ukuran yang sangat kecil. Jentik ini akan memakan organisme yang ada air dan ada juga yang memakan sesamanya atau kanibal. Jentik nyamuk bernafas melalui bagian pada ujung ekornya yaitu tanduk thorakis. Umur jentik nyamuk ini kurang lebih 8 sampai 10 hari saja sebelum menjadi pupa.

Menjadi Pupa

Setelah berubah menjadi jentik kemudian akan berubah lagi menjadi pupa atau bisa dibilang semacam kepompong dan ini berlangsung hanya 1 sampai 2 hari aja. Pada saat menjadi pupa ini masih di dalam air, setelah nampak sayapnya sudah terbentuk barulah dia akan keluar dari dalam air dan sudah sudah bisa langsung terbang. Pada bagian ini jenis kelamin nyamuk sudah dapat diketahui.

Menjadi Nyamuk Dewasa

Setelah seutuhnya menjadi nyamuk dewasa, maka nyamuk-nyamuk baru tersebut akan mulai kawin untuk dapat berkembang biak kembali. Untuk usia nyamuk jantan sekitar 10 hari, sedangkan umur nyamuk betina adalah kurang lebih 42 sampai dengan 56 hari.

Apa Jenis Daur Hidup Nyamuk?

Siklus hidup nyamuk atau jenis daur hidup nyamuk ialah daur hidup sempurna dan terbagi menjadi 4 tahapan. Dimulai dari telur, berubah menjadi larva atau jentik kemudian menjadi pupa dan akhirnya jadilah nyamuk dewasa. Proses siklus hidup nyamuk tersebut memerlukan waktu kurang lebih 8 sampai 10 harian. Berikut gambar siklus hidup nyamuk :

gambar-daur-hidup-nyamuk

Berikut kita tampilkan gambar siklus hidup nyamuk atau gambar daur hidup nyamuk yang dapat kami temukan dari beberapa sumber dari internet. Semoga informasi mengenai nyamuk berkembang biak dengan cara apa yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat untuk kamu, mohon maaf jika masih tulisan yang kurang rapih. Sampai bertemu di artikel lainnya dan terima kasih.