Apa Saja Makanan Burung Kutilang, Baik Anakan ataupun Dewasa

By | 23 November 2022
makanan-burung-kutilang
Makanan burung kutilang

Makanan burung kutilang meliputi buah-buahan dan serangga karena termasuk omnivora. Nah, makanannya ini juga perlu mendapatkan sedikit perhatian dari sang pemilik, supaya burung kutilang tetap terjaga kesehatannya dan bahkan tidak menutup kemungkinan membuat suara kicauannya menjadi makin gacor. Layaknya mahluk hidup lainnya, burung kutilang juga memerlukan asupan gizi yang seimbang agar badannya tetap fit terjaga.

Makanan burung kutilang sebaiknya memperhatikan komposisi gizi yang akan diberikan, haruslah mengandung karbohidrat, vitamin, lemak, mineral, air dan protein. Pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas jenis makanan burung kutilang baik yang di perlihara maupun di alam liar.

Lantas apa saja makanan burung kutilang? Pembahasan detil makanan burung kutilang akan kita jabarkan di setiap paragraf di bawah ini. Silahkan disimak ya.

Makanan Burung Kutilang Dewasa di Alam Liar dan Sangkar (Peliharaan)

Contoh makanan burung kutilang di alam liar adalah buah-buahan, biji-bijian dan serangga. Untuk buah sendiri yang menjadi makanan favorit dari burung kutilang adalah pepaya dan pisang atau buah lainnya yang bertekstur lunak. Sedangkan untuk menu makanan serangga, burung kutilang bisa memakan semua jenis serangga. Misalnya belalang, kupu-kupu, jangkrik dan ulat.

Sedangkan untuk burung kutilang yang dipelihara biasanya akan diberikan jangkrik, ulat hongkong, Voer dan kroto yang dapat dibeli secara online di marketplace atau di toko perlengkapan hewan terdekat. Sama seperti di alam liar burung kutilang juga bisa Anda berikan pepaya karena buah ini memang bagus untuk pencernaan karena kandungan air, mineral dan vitaminnya.

Selain itu pisang kepok juga menjadi alternatif buah lainnya karena kandungan vitamin dan mineralnya membuat badan kutilang selalu bugar. Kedua buah ini yang disukai burung kutilang.

Makanan Burung Kutilang Anakan

Makanan burung kutilang yang masih kecil tentu saja haruslah menyesuaikan dengan lambung burung tersebut. Karena masih kecil, anakan burung kutilang sebaiknya diberi makanan yang lembut agar mudah dicerna. contoh makanan burung kutilang anakan adalah campuran antara pur ayam (Voer Ayam) dan air, dengan takaran masing-masing 50% disetiap bahannya.

Makanan Burung Kutilang Biar Gacor

Bagi Anda yang memiliki burung kutilang ini sebagai burung kicauan, wajib mengetahui beberapa jenis makanan khusus yang bisa membuat kicauan burung kutilang menjadi semakin gacor atau sering ngoceh. Berikut list makanannya.

1. Jangkrik

Jika burung kutilang peliharaan Anda saat ini mandeg berkicau, jangkrik bisa menjadi solusi supaya burung kutilang kembali gacor. Takaran pemberian jangkrik biasanya 2 atau 3 ekor dalam 1 hari. Karena jangkrik mengandung nutrisi dan protein tinggi dengan komposisi asam amino esensial, lemak kasar 38.30%, protein kasar 44.60%, dan asam lemak yang bervariasi.

2. Makanan Tambahan

Vitamin, Jamu atau Voer khusus burung kicau bisa menjadi makanan tambahan yang bisa membuat burung kutilang menjadi gacor. Untuk mendapatkannya Anda bisa membeli langsung di toko hewan terdekat atau memesan secara online di marketplace, biasanya disana sudah banyak yang menjual.

3. Air Putih

Air putih tidak hanya sebagai pelepas dahaga bagi burung kutilang tapi juga dipercaya dapat membuat burung semakin gacor, dengan catatan air minum yang diberikan haruslah steril atau bersih. Sebelum diberikan untuk minum, air putih sebaiknya direbus dahulu supaya kuman atau bakteri yang terdapat pada air bisa mati.

Makanan Burung Kutilang Emas

Sama seperti kutilang pada umumnya Makanan Burung Kutilang Emas juga meliputi serangga, buah-buahan dan makanan tambahan yang diracik sendiri oleh pemilik burung. Belalang, jangkrik, dan ulat hongkong diantaranya. Pisang dan pepaya juga sama yaitu makanan favorit burung kutilang emas, sedangkan untuk makanan tambahan juga sama voer dll. Jadi tidak ada bedanya makanan burung kutilang biasa maupun emas.

Makanan Burung Kutilang Sutra

Makanan Burung Kutilang Sutra adalah sawo, pisang kepok, apel, pepaya, voer, ulat hongkong dan jangkrik. Jenis makanannya sama seperti kutilang jenis lainnya hanya saja ada tambahan jenis buah-buahan lain. Pemberian makanan ini juga bertujuan yang sama yaitu supaya suara kicauannya makin gacor, nyaring dan keras.

Daftar makanan burung kutilang yang disebutkan di atas hampir semuanya sama. Termasuk makanan burung kutilang putih dan makanan burung kutilang liar, peliharaan maupun yang masih kecil.

Apakah Burung Kutilang Boleh Makan Nasi?

Beras atau nasi bukan makanan burung kutilang jadi tidak direkomendasikan menjadi pakannya. Dikarenakan kandungan nutrisi yang sedikit apabila dibandingkan dengan jenis biji-bijian.

Demikian pembahasan terkait makanan burung kutilang dilihat dari jenis dan habitat dari burung kutilang itu sendiri. Semoga bermanfaat dan terima kasih.