Cara Mengetahui Perbedaan Jagal Papua Jantan dan Betina! Baca Disini, Lengkap!

By | 21 November 2022
perbedaan-jagal-papua-jantan-dan-betina
Perbedaan jagal papua jantan dan betina

Perbedaan jagal papua jantan dan betina diakui cukup sulit memang untuk dibedakan, kenapa? Karena baik itu burung jagal papua jantan maupun betina memiliki kemiripan dalam penampilan terutama fisik dan bulunya. Oleh sebab itu burung yang berasal dari papua ini dikategorikan masuk dalam jenis burung monomorfik.

Keistimewaan burung jagal papua ini adalah baik jantan maupun betina memiliki peluang yang sama gacornya dan bisa berkicau. Akan tetapi memang burung jantan mempunyai variasi suara yang lebih banyak dan lebih lantang dari pada sang betina. Meski memiliki kelebihan tersebut, burung ini masih kalah populer dengan burung kicau lainnya.

Bagaimana cara mengetahui perbedaan jagal papua jantan dan betina? meskipun serupa antara jantan dan betina, tentulah masih bisa dibedakan jika teliti lebih dekat melihat ciri-cirinya. Mari kita kupas cara membedakan jagal papua jantan dan betina.

Beberapa Perbedaan Jagal Papua Jantan dan Betina Yaitu :

1. Tulang Supit Udang

Jika Anda bisa memegang langsung burung jagal papua ini, bisa langsung raba dibagian anus menonjol dan di bagian tulang supit udangnya rapat, sedangkan untuk jenis kelamin betina sebaliknya.

2. Suara Kicauan

Jika kita dengarkan dari suara kicauannya, burung jagal papua jantan memiliki variasi kicauan yang lebih banyak kemudian suara kicauan yang dihasilkan lebih lantang dan keras seolah suara kicauan tersebut seperti menggema atau istilah di dunia kicau mania itu disebut cemengklung (efek gaung). Nah, bagi jagal papua betina justru sebaliknya variasi kicauannya sedikit dan agak terdengar kasar.

3. Warna Bulu

Jika diperhatikan warna bulunya dengan seksama, terlihat jelas perbedaannya antara burung jagal papua jantan dan betina. Untuk jantan di bagian bulu punggungnya corak warna hitam lebih banyak atau lebih dominan sedangkan betina corak warna hitam di punggungnya lebih sedikit atau lebih dominan warna putih. Warna hitam di punggung sampai ke sayap untuk burung jantan sedangkan betina sayapnya hampir seluruhnya berwarna putih. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar.

4. Perilaku

Khusus untuk burung jagal papua betina ketika dia akan bertelur, secara naluri alaminya dia akan mematuk-matuk sangkar yang terbuat dari kayu, ini bertujuan seolah-olah dia akan membuat sarang seperti yang dia lakukan di alam liar, ini merupakan insting seekor betina jagal papua yang akan bertelur. Catatan bagi Anda yang memelihara burung jagal papua ini, gunakanlah sangkar besi agar tidak mudah rusak.

Ketika pada masa akan bertelur burung jagal papua betina akan terlihat sering berada di bagian bawah sangkarnya. Dia duduk dan nampak terlihat seperti burung yang sedang sakit. Burung jagal papua betina juga mampu bertelur meski tidak ada pejantannya. Nah, ciri ini tentu tidak ada pada jagal papua jantan.

Demikian informasi mengenai perbedaan jagal papua jantan dan betina yang dapat kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang masih bingung bagaimana membedakan jagal papua jantan dan betina, harapannya setelah membaca artikel ini Anda sudah tahu letak bedanya dimana. Terima kasih.