Inilah Manfaat Bawang Putih dan Bawang Merah Untuk Merpati Peliharaan

By | 7 Januari 2023
manfaat-bawang-putih-untuk-merpati
Manfaat bawang putih untuk merpati

Apakah Anda tahu tentang manfaat bawang putih dan bawang merah untuk burung merpati? Mungkin beberapa dari Anda terkejut saat membaca judul artikel tentang manfaat bawang putih dan bawang merah untuk burung merpati. Kami memahami jika informasi ini terlihat minim bagi para merpati mania atau mungkin dianggap asing dan meragukan kebenarannya.

Meski begitu, yang jelas ada dua manfaat bawang putih untuk burung merpati yaitu sebagai media penyembuhan dan pencegahan penyakit. Kedua manfaat ini tidak terlepas dari zat yang terkandung di dalam bawang yang baik untuk kesehatan burung merpati. Begitu juga dengan bawang merah, ternyata juga memiliki kegunaan atau khasiat yang jarang diketahui banyak pemelihara burung merpati. Contohnya seperti ini.

Manfaat Bawang Putih Untuk Merpati

Anti Parasit

Mungkin khasiat bawang putih sebagai obat cacing sudah dikenal lama. Menurut penelitian, kandungan alisin yang terkandung di dalam bawang putih sangat efektif untuk melawan jenis parasit yang sering menyerang burung merpati.

Anti Virus

Selain memiliki sifat antiparasit, bawang putih juga mengandung alisin yang memiliki fungsi sebagai antivirus. Alisin ini memiliki khasiat untuk mencegah burung terinfeksi oleh virus.

Anti Jamur

Salah satu manfaat bawang putih yang dapat Anda ambil untuk merawat burung merpati adalah sifatnya sebagai anti jamur. Jadi, bagi Anda yang ingin burung kesayanganmu tidak terkena jamur, gunakan bawang putih.

Anti Bakteri

Selain memiliki sifat anti jamur, bawang putih juga memiliki sifat anti bakteri. Ini disebabkan oleh kandungan alisin yang terdapat dalam bawang putih yang dapat berfungsi sebagai anti bakteri.

Mengobati Luka

Jika burung merpatimu sedang mengalami luka, Anda dapat memanfaatkan bawang putih untuk menyembuhkan luka pada burung merpati tersebut. Bawang putih juga sering digunakan sebagai terapi untuk menumbuhkan bulu ekor dan sayap.

Menghangatkan Tubuh

Manfaat bawang putih selanjutnya adalah untuk menghangatkan tubuh burung merpati, terutama pada musim hujan saat ini. Ini sangat bermanfaat untuk diterapkan pada burung merpati milikmu.

Cara Pemberian Bawang Putih Untuk Merpati

  • Untuk menggunakan bawang putih, pertama-tama Anda harus menumbuknya dan kemudian mencuci dengan air bersih.
  • Setelah menumbuk bawang putih, kemudian campurkan tumbukan bawang tersebut ke dalam gelas yang berisi air hangat.
  • Kemudian tunggu sampai bawang putih benar-benar tercampur dengan air hangat tersebut.
  • Setelah tercampur, saring campuran tersebut dan simpan dalam tempat minum burung merpati. Setelah dingin, berikan campuran tersebut secara rutin kepada burung.

Itulah beberapa manfaat bawang putih untuk merpati yang bisa anda coba dirumah, kemudian setelah ini kita lanjutkan pembahasan mengenai manfaat bawang merah buat merpati, silahkan lanjutkan membacanya untuk mengetahui khasiatnya.

manfaat-bawang-merah-buat-merpati
Manfaat bawang merah buat merpati

Apa Manfaat Bawang Merah Buat Merpati

Salah satu manfaat bawang merah untuk merpati yaitu bisa digunakan untuk perawatan kesehatan dan selama masa penyembuhan untuk burung merpati. Sehingga banyak sekali dari para penghobi burung merpati yang begitu terobsesi dari berbagai macam olahan jamu demi mencari alternatif dalam perawatan burung kesayangannya.

Baca juga : Berikut ini Hewan Aneh dan Misterius yang Ditemukan di Dunia, Pasti Anda Belum Pernah Lihat !!!

Bawang merah adalah salah satu solusi untuk mengurangi penggunaan obat kimia yang nantinya mempunyai efek samping bagi burung merpati. Bawang merah bukan hanya dipakai dan dimakan oleh manusia saja, sebab bawang merah juga bisa digunakan untuk produk kesehatan alami atau tradisional yang hanya membutuhkan biaya yang rendah.

Ini menjadi alternatif untuk penghobi burung merpati supaya tidak boros dalam hal keuangan. Bawang merah mempunyai kandungan alicin, allin dan minyak atsiri juga terdapat senyawa lain seperti saltivine, kalsium, diallysulfide, belerang, fosfor, protein, lemak, zat besi, vitamin A, B1 dan C.

Sedikitnya ada pigeon pox atau patek yang merupakan penyakit yang bisa menyerang burung merpati. Kulit atau selaput lendir merpati akan diserang oleh virus yang berakibat permukaan kulit merpati akan terluka, dan biasanya virus ini tidak akan menyerang pada kulit yang sehat.

Virus tersebut dapat menular dari air liur melalui perantara tempat pakan dan air yang bersamaan dengan burung lain. Terkadang juga bisa ditularkan oleh gigitan nyamuk, seekor nyamuk dapat membawa virus dalam beberapa minggu lalu gigitan tersebut akan menularkan virus tersebut jika sudah melalui masa inkubasi antara 4-10 hari dalam tubuh nyamuk.

Berikut beberapa manfaat bawang merah untuk burung merpati :

Anti Bakteri, Jamur dan Virus

Bawang merah yang mengandung kandungan alisin dapat mencegah serangan jamur dan bakteri. Selain manfaat bawang dayak kering, penggunaan bawang merah juga merupakan solusi untuk mencegah risiko penyakit yang mungkin terjadi. Penyakit tetelo pada merpati, yang juga dikenal sebagai ND, disebabkan oleh virus paramyxovirus yang menyerang bagian saraf merpati.

Ini adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit tetelo menunjukkan gejala seperti burung tampak murung, kepala bergoyang tidak normal, dan gerakan tidak teratur setelah masa inkubasi sekitar 4-6 hari pada infeksi alamiah. Setelah sembuh dari penyakit ND, kemungkinan terbesar adalah burung merpati tidak akan sembuh dengan optimal karena sistem sarafnya terganggu dan tidak normal.

Menghangatkan Tubuh

Bawang merah lanang juga bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan mencegah risiko stroke pada manusia. Selain itu, bawang merah juga berguna untuk menghangatkan burung, terutama saat musim hujan, serta dapat berfungsi sebagai antibodi dan penguat sistem kekebalan tubuh pada burung merpati.

Anti Parasit

Kandungan antioksidan, anti virus dan anti inflamasi di dalam Bawang merah dapat mencegah burung terganggu oleh parasit yang merugikan dengan menghambat pertumbuhan mereka. Seperti yang diketahui bersama, parasit bisa mengganggu tubuh kembang burung. Seperti yang terungkap dalam sebuah penelitian, kandungan alisin pada bawang merah sangat efektif untuk melawan jenis parasit yang sering menyerang burung merpati. Penyakit yang diakibatkan oleh parasit seperti Cacing Pita (tapeworm), Cacing Gelang (roundworm), dan Cacing Rambut (hairworm) sangat sering ditemui pada merpati.

Penyakit ini disebabkan oleh parasit. Penyakit yang disebabkan oleh parasit cacing menyebabkan nutrisi tidak bisa diserap secara penuh oleh merpati karena parasit tersebut juga ikut menyerap nutrisi yang terkandung dalam makanan yang dimakan burung. Tanda yang bisa dilihat dari penyakit tersebut adalah adanya gumpalan pada kotoran, biasanya ada cacing keluar dari dubur burung dan membuat tubuh burung merpati menjadi kurus.

Penyakit pada burung merpati juga bisa diakibatkan oleh Ectoparasite (Kutu) seperti Lice, Mites, dan Pigeon Fly. Gejala atau tanda dari penyakit tersebut adalah burung yang sering menggaruk badannya dan nampak ada kutu sedang beterbangan, serta terdapat kutu kecil yang menyelip di antara bulu-bulu burung. Kutu merupakan penyebab utama penyakit ini. Jika sudah parah, gigitan kutu dapat menyebabkan terkoyaknya bulu dan luka pada kulit burung merpati.

Selain itu, penyakit Trichomoniasis/Canker (Goham) juga disebabkan oleh parasit bersel tunggal bernama trichomonas gallinae. Parasit ini ditemukan di mulut, tenggorokan, dan tembolok. Gejala awal dari penyakit ini termasuk banyaknya liur/ludah yang terlihat di mulut dan tenggorokan.

Mengobati Luka pada Burung Merpati

Selain mengandung manfaat yang sama dengan bawang merah tunggal, bawang merah juga seringkali dipakai untuk terapi dalam menumbuhkan bulu ekor dan sayap pada burung merpati. Penyakit Coccidiosis, yang disebabkan oleh protozoa dan dapat menyebabkan peradangan pada usus, juga dapat diobati dengan bawang merah. Proses penyembuhan luka pada burung merpati juga dapat dilakukan dengan menggunakan bawang merah.

Untuk menggunakan manfaat bawang merah pada burung merpati, bawang merah dapat ditumbuk dan dicuci hingga bersih. Kemudian, hasil tumbukan tersebut dicampurkan dalam gelas yang berisi air hangat dan diamkan hingga bawang merah tercampur dengan baik dengan air hangat.

Setelah itu, saring campuran tersebut dan simpan dalam tempat minum burung merpati. Setelah dingin, berikan minuman tersebut kepada burung secara rutin. Berbeda dengan manfaat bawang merah pada burung melati, proses penyediaan minuman ini harus dilakukan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada burung.

Dengan demikian, penggunaan bawang merah dan putih pada burung merpati terbukti dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai penyakit yang mungkin dihadapi baik burung merpati kolong atau balap.

Selain itu, bawang merah dan putih juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu proses penyembuhan luka. Oleh karena itu, tidak salah jika bawang merah dan putih dijadikan sebagai salah satu pilihan dalam perawatan burung merpati. Semoga bermanfaat, terima kasih dan salam lestari.