Cara Menjodohkan Merpati Berdasarkan Warna Bulu

By | 15 Desember 2022

Pada artikel kali ini, kita akan mencoba membahas pertanyaan tentang menjodohkan merpati berdasarkan warna bulu. Hal ini penting sebagai dasar untuk mengidentifikasi atau menentukan identitas burung tersebut dan supaya dapat menemukan warna pasangan merpati yang cocok. Di lapangan, orang sering mengenali burung merpatinya sendiri, meskipun warna burungnya sama. Dengan begitu, sang pemilik otomatis tahu mana burung merpatinya sendiri.

Dari hal tersebut, warna bulu burung juga dapat menentukan karakternya. Berikut ini kita juga akan menjelaskan karakter dari setiap warna burung. Meskipun kadang-kadang ada perbedaan, namun studi kasus yang dilakukan di lapangan menunjukkan kejadian yang sama. Karakter burung merpati dapat dibedakan dan disimpulkan berdasarkan warna bulunya.

Menjodohkan Merpati Berdasarkan Warna Bulu

Beberapa penggemar burung merpati tinggian sering memiliki dan menyukai warna bulu tertentu, seperti warna bulu tritis, hawuk (coklat tua), dan megan. Dikatakan bahwa hampir semua pecinta burung di Jawa Barat lebih memilih dan mungkin percaya bahwa warna-warna tersebut memang sering menang di arena balap. Meskipun tidak menutup kemungkinan warna lain juga bisa sukses.

Baca juga : Berikut ini Hewan Aneh dan Misterius yang Ditemukan di Dunia, Pasti Anda Belum Pernah Lihat !!!

Hanya saja, minim yang saya lihat dan rasakan adalah faktor keberuntungan dan hoki. Berikut ini adalah hal-hal yang diyakini dan mungkin dipercaya oleh para penggemar burung merpati yang menitikberatkan pada kualitas dan kemampuan burung berdasarkan warna bulunya. Berikut cara menjodohkan merpati berdasarkan warna bulu.

menjodohkan-merpati-berdasarkan-warna-bulu

Merpati Coklat (Blewuk)

Burung coklat mudah dilatih dan mudah diajak terbang baik di dasar maupun tinggi, terutama saat berakselerasi di udara dan melakukan manuver. Konon, burung jenis warna ini kerap kali hilang. Namun, hal tersebut hanyalah mitos saja. Kenyataannya, itu bisa terjadi jika diterbangkan di Bandung kemudian dilepas di Purworejo, tentu saja akan hilang. Yang pasti, saat akan menerbangkan burung, perlu diperhatikan kondisi burung tersebut. Jika sudah terlihat letih, kurang fit, atau memiliki masalah lain, maka jangan dipaksakan untuk terbang. Jika dipaksakan, burung akan hilang.

Berdasarkan perspektif yang ada di lapangan, khususnya di Jawa Barat, burung dengan warna seperti ini sering menorehkan prestasi. Burung merpati coklat diyakini lebih mudah diajak terbang keras dan ngeket. Hal ini kembali lagi pada kemampuan pemilik dalam merawat dan memanjakan burung tersebut. Contohnya bisa di klik sini.

Diyakini juga, burung ini sangat baik untuk terbang baik di dasar maupun tinggi, serta cocok disandingkan dengan burung betina yang memiliki warna bulu yang sama. Warna ini dianggap memiliki keunikan tersendiri oleh para penggemar burung merpati, dan sering disebut sebagai warna berkelas. Warna ini juga banyak diminati oleh para peserta balap burung. Nah sekarang Anda sudah tahu kan mana jodoh merpati gambir ini.

menjodohkan-merpati-berdasarkan-warna-bulu

Merpati Blorok / Brontok

Burung ini diyakini memiliki kemampuan terbang yang kurang baik dan tidak konsisten seperti burung coklat. Namun, jika dikawinkan dengan betina berwarna apa pun, tidak masalah. Burung ini juga mampu menunjukkan akselerasi yang baik di cakrawala. Jadi jodoh merpati blorok bisa dengan warna apa saja.

Warna bulu jenis ini diyakini memiliki insting pulang yang baik, terutama untuk jarak tinggi. Namun, pada kenyataannya, burung dengan warna ini mayoritas kurang unggul dalam hal prestasi, baik tinggi maupun dasar. Meskipun demikian, ada juga yang unggul.

menjodohkan-merpati-berdasarkan-warna-bulu

Merpati Megan

Burung ini memiliki kemampuan terbang yang baik, seperti orang yang sangat posesif terhadap pasangannya. Warna ini diyakini bisa dikawinkan dengan pasangan berwarna apa saja.

Warna bulu ini diyakini memiliki insting pulang yang lebih baik daripada warna lain, terutama untuk burung merpati tinggian blorok. Bahkan, para penggemar burung percaya bahwa burung dengan warna ini mampu terbang tinggi dengan stamina dan performa yang baik. Perbedaannya dengan warna coklat adalah kemampuan ngeshoot (nyetut) dengan tepat dan cepat di garis finish. Konon, warna ini tidak sehebat warna coklat dalam hal ini.

Burung warna ini, yang dikagumi oleh para pigeonlovers karena keunikannya, sering disebut dengan warna kelas. Burung ini banyak diminati oleh para kontestan balap burung, dan biasanya dibandrol dengan harga yang tinggi. Apalagi jika burung tersebut memiliki prestasi dan gen keturunan yang baik.

menjodohkan-merpati-berdasarkan-warna-bulu

Merpati Hitam

Burung ini memiliki giring yang kadang baik dan kadang biasa saja. Bisa dijadikan pasangan dengan betina warna bulu apa saja. Namun, warna bulu ini diyakini memiliki insting untuk pulang yang lebih baik daripada burung blorok/brontok, tetapi di bawah warna megan. Dikatakan bahwa burung seperti ini dapat terbang tinggi, tetapi tidak sampai ketinggian terbang warna megan.

menjodohkan-merpati-berdasarkan-warna-bulu

Merpati Tritis

Burung merpati dengan warna bulu tritis, mirip dengan warna coklat, tetapi diyakini oleh para penikmat geber merpati memiliki insting untuk pulang yang lebih baik daripada warna coklat. Dengan kata lain, burung merpati dengan warna tritis diyakini lebih cerdas daripada merpati coklat.

Sama halnya dengan Coklat dan Megan, burung ini diyakini oleh para pengagum pigeonlovers memiliki keunikan tersendiri yang sering disebut sebagai warna kelas. Banyak diminati oleh para kontestan balap burung, dan biasanya dibandrol dengan harga yang tinggi. Apalagi jika burung tersebut memiliki prestasi dan gen keturunan yang baik.

menjodohkan-merpati-berdasarkan-warna-bulu

Merpati Putih

Hanya ada sedikit saja burung dengan warna putih yang memiliki performa dan akselerasi yang baik saat terbang. Namun, para penikmat geber merpati menganggap bahwa warna putih dapat menjadi warna yang menyenangkan untuk dilihat saat bermain di lapangan.

menjodohkan-merpati-berdasarkan-warna-bulu

Merpati Plontang / Blantong

Warna plontang ini mudah dijodohkan dengan berbagai jenis burung dan dapat meningkatkan performa mereka. Meskipun ada yang mengatakan bahwa konsistensi dari warna tersebut kurang baik, namun tampaknya ia sangat cocok sebagai pemanis saat beberapa burung tinggi giring dan dikumpulkan betinanya dalam satu tempat. Warna ini juga terlihat lebih bersih dan mulus, sehingga menarik untuk dipandang mata.

menjodohkan-merpati-berdasarkan-warna-bulu

Merpati Tlampik

Warna ini adalah campuran dari dua warna yang terlihat lebih rapih daripada warna bulu brolok. Dominasi warna bulu tergantung pada warna dasar bulu, dan beberapa penggemar burung merpati percaya bahwa jenis warna ini memiliki kemampuan yang baik dalam berbagai hal. Namun, realitasnya tidak dapat dibuktikan secara umum di lapangan, dan masih ada beberapa burung yang mengalami kendala.

Dalam analisis dan opini yang terjadi di lapangan dapat dikatakan sebagaimana adanya. Namun, dalam hal olahraga geber japati (merpati), mitos, keyakinan, dan kemampuan burung, terutama dari segi warna bulu, seringkali dianggap belum secara khusus dipahami. Karena banyak faktor yang mempengaruhi, mungkin burung yang galak menjadi salah satunya. Harapannya setelah membaca artikel ini Anda sudah tahu warna pasangan merpati yang cocok untu merpati Anda.

Dengan memperhatikan warna bulu, baru Anda dapat menjodohkan merpati dengan lebih baik dan meningkatkan performa mereka. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi kesehatan burung dan menjaga konsistensi warna bulu agar hasilnya optimal. Demikianlah pembahasan pada artikel ini tentang cara menjodohkan merpati berdasarkan warna bulu. Semoga bermanfaat dan terima kasih.