Sudah Tahu Perbedaan Ciblek Kristal dan Semi? Temukan Jawabannya Disini

By | 20 November 2022
perbedaan-ciblek-kristal-dan-semi
Perbedaan ciblek kristal dan semi

Perbedaan ciblek kristal dan semi memang cukup susah untuk dikenali karena memiliki kemiripan dari berbagai sisi. Baik itu kemiripan suara maupun segi fisiknya. Jika ingin bisa membedakan kedua burung ini, maka harus memperhatikan detail bagian-bagian tertentu dengan seksama. Jangan bingung dan pusing, karena Anda akan segera tahu apa beda 2 burung ini pada uraian dibawah.

Burung ciblek memiliki suara merdu dan nyaring yang membuatnya disukai oleh kicau mania. Meskipun sekarang kontes di kelas ciblek jarang diadakan dan membuat popularitasnya menurun, namun tetap saja ada sebagian orang yang menjadi peminat burung satu ini.

Ingin tahu perbedaan ciblek kristal dan semi? Cari tahu selengkapnya pada artikel dibawah. Kita bisa segera tahu perbedaan keduanya dengan cara memperhatikan fisik dan suaranya, baik bedanya burung ciblek jantan maupun betina dan anakan.

Perbedaan Ciblek Kristal dan Semi yang Harus Pemula Tahu

Kontes untuk burung ciblek memang sudah jarang diadakan di komunitas kicau mania. Meskipun demikian, bukan berarti burung ini langsung ditinggalkan begitu saja. Berkat suara kicauannya yang memiliki speed rapat, membuat ciblek cocok dijadikan masteran burung kicau lain. Seperti burung murai batu, kacer dan lain sebagainya.

Kicau mania di Indonesia memiliki minat yang tinggi terhadap dua jenis burung ciblek. Yaitu ciblek kristal (cikris) dan ciblek semi (cisem). Karena kemiripannya susah membedakan kedua jenis burung tersebut. Jika Anda melihat dari segi fisik, secara sekilas keduanya sama persis dan hampir tidak ada perbedaan. Namun, setelah memperhatikan bagian tertentu barulah kemudian bisa diketahui dimana letak perbedaannya.

1. Karakteristik Bulu Dada

Pada bagian dada ciblek semi terdapat semburat hitam, sekaligus warna putih yang sampai bagian perut. Di bagian perut ciblek semi juga terlihat ada warna kuning sedikit yang menghiasinya. Coba perhatikan bagian dada dan perut burung ciblek yang hendak Anda beli. Jika terdapat kombinasi putih, semburat hitam dan kuning berarti dari kelompok ciblek semi.

Sementara itu, pada bagian dada sampai perut ciblek kristal berwarna putih bersih. Kemudian diikuti warna hitam yang lebih dominan di bagian dada. Tidak ada embel-embel warna kuning seperti yang ditemukan pada ciblek semi. Setelah mengetahui seperti apa karakteristik warna masing-masing jenis ciblek, seharusnya Anda tidak kesulitan lagi mengenalinya.

2. Suara Ciblek

Meski banyak orang yang bilang sulit membedakan suara ciblek semi dan ciblek kristal, sebenarnya cukup mudah kok jika Anda mendengarkan lebih seksama. Ciblek kristal memiliki suara lebih nyaring, keras dan sped ngebernya cepat. Karakteristik suara seperti itu tidak ditemukan pada ciblek semi. Suaranya terdengar tidak sekeras dan senyaring ciblek kristal.

3. Sifat Fighter

Secara umum, burung ciblek kristal memiliki sifat fighter yang lebih unggul dibandingkan ciblek semi. Inilah salah satu alasan mengapa ciblek kristal cukup digemari oleh para kicau mania. Meskipun demikian, pola perawatan sehari-hari sangatlah menentukan sifat fighter pada burung ciblek. Dengan perawatan yang bagus, ciblek semi sekalipun sebenarnya bisa memiliki sifat fighter bagus.

Itu tadi adalah pembahasan ringkas mengenai perbedaan ciblek kristal dan semi. Ciri ciri diatas berguna untuk memudahkan Anda mengenali jenis burung ciblek ketika hendak membeli di pasaran. Sehingga, tidak mudah tertipu oleh pedagang karena sudah bisa mengenalinya sendiri.

Mengingat kelebihan yang dimiliki oleh ciblek kristal dari segi sifat fighter dan kualitas suara, sehingga wajar apabila banderol harganya lebih mahal. Jika sekarang ini Anda bingung mencari burung masteran, maka bisa mencoba burung ciblek kristal atau ciblek semi. Suaranya yang bagus cocok dipakai sebagai pancingan.