Begini Cara Membuat Kandang Gecko Yang Baik dan Nyaman Untuk Pemula

By | 20 November 2022
kandang-gecko-yang-baik
Kandang gecko yang baik

Kandang gecko yang baik dibutuhkan agar bisa hidup dengan nyaman. Reptil satu ini memang sedang naik daun dikalangan penghobi, sebab memiliki beberapa jenis dengan corak yang beragam. Selain mempersiapkan makanan sehari-hari, Anda sebagai pemilik harus menyediakan tempat tinggal yang nyaman. Tidak boleh sembarangan dan asal jadi, karena hal seperti itu membuat gecko tidak nyaman.

Anda pasti sudah tahu, bahwasannya gecko merupakan reptil yang habitat aslinya berada di pinggiran gurun pasir. Gecko termasuk hewan dengan kondisi tubuh yang bersih dan sehat, karena bakteri tidak akan hidup disana.

Jika Anda berpikir untuk membuat kandang gecko yang baik meskipun sederhana, tentu harus menyesuaikan kondisinya seperti di daerah gurun pasir. Jangan bingung, mari disimak penjelasan selengkapnya berikut.

Cara Membuat Kandang Gecko yang Baik dan Nyaman

1. Merancang Dekorasi Kandang Gecko

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika membuat kandang gecko adalah merancang ukuran dekorasinya. Sebisa mungkin ini dibuat mirip seperti habitat asli. Tidak ada banyak dekorasi penghias yang mesti Anda tambahkan, melainkan hanya sebuah miniatur gurun pasir yang panas, berdebu dan luas.

Nantinya, di bagian pinggir kandang yang mirip dengan gurun pasir tersebut, silahkan Anda tambah sedikit ornamen seperti tumbuhan, bebatuan pasir dan sungai kering yang airnya hanya tersedia jika turun hujan. Mengingat gecko hidup di area pinggiran gurun pasir, sudah seharusnya Anda menciptakan suasana yang mirip seperti itu. Buatlah dekorasi dua tempat yang sangat dibutuhkan oleh gecko.

Yaitu tempat berburu di malam hari berupa tempat memanjat, sekaligus tempat persembunyian bagi gecko. Keduanya harus ada di kandang dan tidak boleh terlewatkan.Untuk menciptakan tempat persembunyian gecko, Anda bisa memanfaatkan batu bata atau kayu. Sebaiknya tidak memberikan terlalu banyak batu bata, karena bisa membahayakan gecko dan membuat kandang rentan mengalami roboh.

Daripada menggunakan batu bata, lebih baik Anda memakai kayu bertekstur lembut. Sehingga mudah untuk dibersihkan sehari-hari kotoran yang terdapat di kandang tersebut. Ketika Anda merancang kandang gecko, hindarilah menambahkan tanaman. Sebab, hal itu tidak ada gunanya dan kurang familiar dengan hewan gecko. Jika dilihat dari segi dekorasi, tanaman pada kandang gecko hanya bernilai ornamental yang kecil.

2. Menyesuaikan Kelembapan Kandang Gecko

Pada siang hari, kondisi gurun pasir memang panas dan gersang. Gecko sudah terbiasa dengan kondisi lingkungan ini dan menyukainya. Meskipun begitu, bukan berarti Anda tidak membutuhkan kelembapan di kandang gecko. Asalkan Anda tahu, hewan gurun kebanyakan menyukai dataran rendah dan tempat yang lembap pada malam hari. Jika ingin menciptakan suhu yang lembap, Anda bisa meletakkan kandang gecko berada di ruang tamu.

Jangan lupa menambahkan lampu pemanas dan menghidupkan pada siang hari. Ketika malam hari tiba, ini diharapkan kelembapan suhunya bisa maksimal dan membuat gecko merasa nyaman.

3. Jangan Lupa Menambahkan Air di Kandang

Kandang gecko yang baik sudah seharusnya dilengkapi oleh air demi kelangsungan hidup sehari-hari. Meski gecko adalah hewan reptil, tentu saja masih membutuhkan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, kebutuhan air gecko tidak seperti hewan peliharaan pada umumnya. Gecko membutuhkan air dengan jumlah yang lebih sedikit.

Gecko kecil hanya membutuhkan satu tetes air setiap seminggu sekali. Sementara itu, ketika sudah besar ia membutuhkan semangkuk kecil air setiap bulannya. Jika terdapat gecko betina yang hendak bertelur, siapkan kotak lembap dan tertutup. Berikan lubang sebagai akses keluar dan masuk gecko.

Demikianlah pembahasan mengenai tiga cara membuat kandang gecko yang baik dan nyaman. Setiap orang perlu mengetahui beberapa poin diatas supaya hewan peliharaannya seperti tokek leopard ini bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Tidak merasa kurang nyaman yang pada akhirnya menyebabkan stres. Semoga bermanfaat dan terima kasih.