Sudah Tahu Perbedaan Gecko Jantan dan Betina? Kalau Belum, Silahkan Baca Disini

By | 20 November 2022
perbedaan-gecko-jantan-dan-betina
Perbedaan gecko jantan dan betina

Perbedaan gecko jantan dan betina adalah hal pertama yang harus Anda ketahui ketika ingin membudidayakan reptil bermotif ini. Sebab, tanpa mengetahui jenis kelaminnya Anda tidak bisa mengawinkan dan membuatnya bertelur. Meskipun hewan ini berukuran kecil dan susah dibedakan kelaminnya, bukan berarti tidak bisa. Tentu masih ada beberapa yang menjadi pembeda diantara keduanya.

Cara membedakan gecko jantan dan betina bisa dikenali setelah berusia minimal 7 bulan. Jika belum mencapai umur tersebut, maka semakin susah mengenali apakah ia jantan atau betina.

Gecko sekarang sedang digemari oleh banyak orang dan diternak. Sebagai bekal bagi pemula, berikut ini perbedaan gecko jantan dan betina yang harus Anda pahami. Inilah beda gecko jantan dan betina, mari simak bersama untuk melihat detail ciri fisiknya.

Perbedaan Gecko Jantan dan Betina yang Mudah Dikenali

Leopard Gecko baru bisa diketahui kelaminnya jika sudah berusia lebih dari 7 bulan. Sebab, jika Anda memeriksa diusia kurang dari itu maka secara fisik masih belum terlihat jelas. Ada bagian tertentu yang perlu Anda periksa sehingga bisa menentukan apakah gecko berjenis kelamin jantan atau betina.

Setelah memasuki usia dewasa, secara fisik sebenarnya masih belum cukup untuk mengetahui kelaminnya. Baik itu secara bentuk ataupun warna. Agar Anda tidak perlu bingung lagi, silahkan simak bagaimana cara mengetahui kelamin gecko seperti dibawah :

1. Karakteristik Pangkal Ekor

Gecko jantan memiliki dua buah tonjolan pada pangkal ekornya. Bagian ini seringkali disebut sebagai Hemipenai Bulges. Selain itu, disana juga terdapat titik-titik berbentuk huruf V atau Femoral Pores. Berbeda dari jantan, gecko betina sama sekali tidak memiliki bagian Hemipenai Bulges dan Femoral Pores.

2. Panjang Tubuh Gecko

Selain melihat dari karakteristik pangkal ekor, perbedaan gecko jantan dan betina juga bisa dilihat dari panjang tubuhnya. Lagi-lagi ini hanya bisa diketahui setelah usia sudah memasuki dewasa. Gecko jantan memiliki ukuran tubuh yang bisa mencapai 28cm. Sementara itu, gecko betina hanya memiliki ukuran tubuh sepanjang 20cm.

Jika suatu saat nanti Anda membeli gecko dari orang lain, maka perlu memperhatikan pangkal ekor dan panjang dari tubuh miliknya. Gecko betina ditandai dengan tubuh yang panjangnya sekitar 20cm dan tidak ada apa-apa dibagian pangkal ekor. Sedangkan gecko jantan memiliki panjang sekitar 28cm, sekaligus terdapat Hemipenai Bulges dan Femoral Peres.

Cara Melihat Kelamin Gecko Ketika Berusia Kurang Dari 4 Bulan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kelamin gecko baru bisa diketahui jika usianya sudah cukup. Meskipun begitu, sebenarnya bisa kok melihat kelamin leopard gecko ketika berusia kurang dari 4 bulan. Yaitu dengan metode Candling. Candling dilakukan dengan cara menyinari pangkal ekor gecko yang masih kecil, coba perhatikan bagian atas.

Jika dipangkal ekor tersebut terdapat 2 Vemoral (bagian merah), maka bisa dipastikan baby leopard gecko berkelamin jantan. Sedangkan bagian pangkal ekor yang tidak terdapat Vemoral, berarti gecko kecil berjenis kelamin betina.

Metode Candling ini memang efektif dan ampuh untuk mengidentifikasi kelamin gecko yang masih kecil. Namun, sebenarnya kurang direkomendasikan karena berpotensi membuatnya stres. Candling bisa mempengaruhi emosional baby gecko, sehingga membuatnya tertekan dan merasa stres. Apalagi ketika masih bayi gecko cenderung takut dengan manusia dan agresif.

Ketika ia memberontak ketika Candling, dikhawatirkan ekor gecko putus. Tentu saja hal seperti ini tidak Anda inginkan. Lebih baik menunggu sampai berumur cukup terlebih dahulu. Jika Anda adalah pembeli, sebaiknya mencari yang sudah cukup umur. Sebab, dengan begitu Anda bisa semakin mudah mengetahui kelamin gecko.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai cara mengetahui perbedaan gecko jantan dan betina. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan Anda mengenai reptil bermotif yang mirip tokek ini. Harapan untuk kedepan Anda sudah bisa cara membedakan gecko jantan dan betina. Semoga bermanfaat dan terima kasih.