Mengetahui Perbedaan Katak Jantan dan Betina Dengan Mudah

By | 21 September 2022
perbedaan-katak-jantan-dan-betina
Perbedaan katak jantan dan betina

Tentu saja terdapat perbedaan katak jantan dan betina karena diantara keduanya berbeda jenis. Baik dari bentuk tubuh, perilaku, dan lainnya. Bahkan tidak harus melihat jenis kelamin, siapapun bisa menebak secara langsung dari jauh asalkan sudah memahami ciri-ciri dan teorinya.

Kenapa penting mengetahui perbedaan keduanya khususnya perbedaan katak jantan dan betina? Sebenarnya perbedaan tersebut hanya sebagai pengetahuan saja. Namun bagi beberapa orang sangat penting, seperti para pembudidaya dan pemelihara. Dengan mengetahui jenis kelamin, mereka bisa mudah melakukan perkembangbiakan serta pemberian nama jika untuk dipelihara.

Lantas, apa saja perbedaan katak jantan dan betina dilihat dari tubuhnya? Berikut penjelasan selengkapnya.

Perbedaan Katak Jantan dan Betina dari Bentuk Tubuh

Ukuran Telinga

Telinga katak atau tympanum umumnya berada di bagian belakang mata. Ukuran telinga dari jantan dan betina dapat memberikan indikasi mengenai jenis kelaminnya. Apabila kecil berarti katak tersebut betina, sedangkan bila ukurannya lebih besar berarti berjenis kelamin jantan.

Cara lain dapat dilihat dari perbandingan ukuran mata dan telinga masing-masing jenis. Jantan ukuran telinganya akan lebih besar dibanding mata. Sementara betina tampak sama atau relatif lebih kecil ukuran telinganya.

Tampilan Badan

Perbedaan katak betina dan jantan selanjutnya bisa dilihat dari tampilan badan. Jika mengira ukuran jantan lebih besar dibanding betina, maka tebakan tersebut salah. Pasalnya, ternyata ukuran katak betina jauh lebih besar dari jantan. Jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil dan memanjang.

Hal demikian disebabkan proses reproduksi dimana katak jantan akan menaiki tubuh betina. Supaya tidak berat, maka ukuran tersebut disesuaikan ciptaannya. Warna tubuh keduanya juga berbeda. Bedanya jantan biasanya lebih cerah daripada betina.

Kantung Suara

Vocal sac pada katak yang terletak di leher berguna untuk menimbulkan suara. Semakin besar volumenya, maka akan nyaring terdengar hingga 1 mil jauhnya.

Pada keadaan normal, kondisi kantung katak jantan tampak kendur karena lebih sering digunakan dibanding betina. Namun bukan berarti katak betina tidak berbunyi. Hanya saja sangat jarang.

Warna kantung dari pejantan yaitu gelap daripada warna di bawah tubuhnya, sementara betina sama. Ketika malam hari, suara vocal sac juga sangat berbeda. Jika terdengar sangat nyaring terutama saat musim reproduksi berarti itu katak jantan.

Kaki

Karena saat kawin katak jantan menaiki punggung katak betina, maka kaki katak jantan biasanya akan terdapat bantalan. Bantalan yang terletak di sebelah ibu jari berfungsi untuk mencengkram tubuh lawan jenisnya.

Tekstur kulit jantan pun lebih kasar khususnya bagian kulit kaki ibu jari. Selain kasar juga tampak besar dan tebal dibanding bentuk jari lainnya. Namun untuk selaputnya ukuran betina lebih tebal dari jantan.

Tubuh Lainnya

Tidak hanya dapat dilihat dari bagian tubuh paling kentara diatas yang dapat menjadi acuan perbedaan antara betina dan jantan. Sebab, bagian lain juga bisa memberikan indikasi meski diperlukan pengamatan lebih dekat.

Seperti melihat alat kelaminnya, bentuk tubuh dengan otot yang lebih kuat, terdapat duri, dan lainnya. Namun tidak disarankan untuk melihat jenis kelamin katak.

Alasannya karena justru akan semakin bingung mengingat bentuknya hampir mirip. Faktor pemicunya yaitu ada fenomena yang disebut dengan saluran telur vestigial.

Demikian ulasan tentang perbedaan katak betina dan jantan yang bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk kamu semua. Entah untuk tugas sekolah, ternak, atau hanya sekedar ingin tahu. Sebetulnya cara yang paling ampuh untuk dapat membedakan ialah dengan melihat kondisi kantung terutama malam hari dan pada musim kawin, seperti yang telah kita sebutkan di atas.

Karena yang akan bersuara untuk menarik perhatian adalah jantan bukan betina. Umumnya betina cenderung diam meski ada pula yang menyahut, tetapi suaranya lirih. Demikianlah yang dapat kita terangkan perbedaan antara katak jantan dan katak betina, semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih. Salam.