Keistimewaan Katak Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

By | 20 September 2022
Apa keistimewaan katak ?

Tidak sulit rasanya menemukan hewan bernama katak karena hampir ada di semua wilayah Indonesia. Namun, beberapa jenisnya memang hanya dapat ditemukan pada daerah tertentu saja. Keistimewaan katak sendiri cukup banyak dan menarik untuk diketahui.

Sebutkan keistimewaan-keistimewaan katak? Meski terlihat menjijikan dengan lendir dan suaranya yang berisik, ternyata katak mempunyai peran penting dalam perubahan lingkungan terutama air. Dimana keberadaan katak dapat menjadi indikasi bahwa kualitas air di tempat tersebut masih bagus.

Hal ini dikarenakan katak menyerap air untuk menjaga kelembapan pada tubuhnya. Sehingga bahan kimia sangat mudah masuk yang mana bisa menyebabkannya mati. Penasaran apa saja keunikan dan keistimewaan katak? Berikut ulasannya.

Beberapa Keistimewaan Katak yang Unik

Dapat Hidup di Dua Tempat

Salah satu keistimewaan katak yang tak asing diketahui orang yakni dapat hidup di dua alam. Alasannya karena kelebihan katak mempunyai dua organ pernapasan yaitu sistem pernapasannya terdiri dari kulit dan paru-paru.

Meski bisa bertahan hidup di kedua alam, kulit hewan ini harus selalu berada dalam kondisi lembab. Oleh karena itu, keberadaannya lebih mudah ditemukan disekitar sungai atau sumber air.

Ketika kulit katak sudah mulai mengering, hewan ini akan masuk ke air untuk melembabkannya kembali dengan cara menyerap air melalui kulit perut.

Biasanya tidak begitu lama sebab membutuhkan oksigen untuk bernapas. Keseimbangan itulah yang membuat katak bisa bertahan hidup di alam yang berbeda.

Mempunyai 4 Siklus Metamorfosis

Siklus tumbuh katak memang tergolong unik dimana mempunyai 4 fase dimulai dari telur, berudu, katak muda, lalu menjadi katak dewasa. Tidak banyak binatang yang melewati proses tumbuh seperti katak.

Kenapa dikatakan spesial? Karena dalam metamorfosis tersebut diferensiasi sel serta selnya sangat berbeda. Bahkan dalam fase kecebong tak sedikit orang yang mengira anak ikan.

Mempunyai Perekat

Bagian kaki katak biasanya mempunyai sistem perekat yang mana memungkinkannya untuk memanjat sesuatu. Entah itu batu, pohon, dan lainnya. Jadi tidak heran bila hewan satu ini dapat hidup di ketinggian contonya seperti katak papua.

Tidak hanya terdapat perekat, kaki katak memang sangat kuat. Dimana fungsinya dipakai ketika berenang.

Dapat Hidup Sampai 40 Tahun

Jarang sekali hewan mempunyai siklus hidup yang lama. Namun beberapa spesies katak khususnya di wilayah Eropa ternyata bisa hidup sampai berusia 40 tahun. Karena memang fase tumbuh katak sendiri terbilang lama dibanding hewan berukuran kecil kebanyakan. Setidaknya butuh jangka waktu 3 tahun seekor katak bisa dikatakan dewasa dan mulai bisa berkembang biak.

Terdapat Gelembung di Bagian Leher

Ukuran gelembung yang ada di bagian leher katak ternyata bisa membesar 3 kali lipat dari ukuran normalnya. Gelembung tersebut disebut pula dengan vocal sac yang banyak dimiliki katak pejantan daripada betina.

Alasannya karena vocal sac dibutuhkan untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Makanya suara katak seolah saling bersahutan membentuk nada yang beragam. Sebab tiap spesies memang suaranya khas. Dimaksudkan sebagai pembeda supaya katak betina mudah mengenalinya.

Apabila leher pada katak semakin mengembang, maka suaranya akan semakin nyaring dan bisa terdengar hingga 1 mil jauhnya. Tujuannya agar katak betina jauh dapat mendengar suaranya. Juga sebagai indikasi wilayah teritori setiap jenis.

Dapat Berganti Kulit

Jarang diketahui kalau ternyata katak bisa berganti kulit untuk melindungi dirinya. Siklus pergantian pun terbilang cepat yakni sepekan bahkan ada pula yang setiap harinya.

Itulah informasi mengenai enam keistimewaan katak yang dapat dijadikan pengetahuan. Katak mempunyai banyak jenis. Mungkin salah satu hewan yang paling banyak mempunyai spesies di belahan dunia. Sampai sekarang para ilmuan masih sering menemukan jenis katak baru yang belum pernah ditemukan khususnya di Indonesia.

Demikian apa saja keistimewaan-keistimewaan katak yang dapat kami rangkum, Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam.