Apa Perbedaan Katak Muda dan Katak Dewasa? Berikut Jawabannya

By | 21 September 2022
perbedaan-katak-muda-dan-katak-dewasa
Apa perbedaan katak muda dan katak dewasa?

Katak adalah hewan amfibi yang menarik untuk dipelajari. Banyak orang yang ingin mengetahui segala hal tentang katak. Mulai dari ciri-cirinya, makanan, cara berkembang biak, dan lain-lain. Salah satu yang sering dipertanyakan adalah perbedaan katak muda dan katak dewasa itu apa saja?

Sepanjang hidupnya katak mengalami suatu proses yang dinamakan metamorfosis. Siklus ini dimulai dengan telur yang menetas menjadi berudu. Selanjutnya berudu akan berkembang menjadi katak muda yang nantinya tumbuh katak dewasa.

Apa perbedaan katak muda dan katak dewasa? Perbedaan katak muda dan katak dewasa adalah akan diuraikan pada penjelasan dibawah ini untuk selengkapnya dan jika Anda masih bingung, simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui perbedaannya.

Perbedaan Katak Muda dan Katak Dewasa yang Penting Untuk Diketahui

Perbedaan Ukuran Tubuh

Hal ini tentunya sudah pasti dan sangat jelas. Katak muda pasti akan terlihat lebih kecil jika dibandingkan dengan katak yang sudah dewasa. Faktor yang melatar belakangi hal tersebut adalah makanan sehari-hari.

Katak muda biasanya memakan serangga yang lebih kecil. Sementara itu, katak dewasa sudah bisa memakan jenis serangga yang lebih besar. Dengan demikian pertumbuhan katak dewasa bisa jadi lebih cepat.

Selain itu, katak dewasa juga memerlukan tubuh yang besar dan kuat karena mereka lebih sering hidup di darat.

Habitat yang Berbeda

Meskipun katak adalah hewan amfibi namun mereka tidak bisa hidup di 2 alam sejak lahir. Katak dewasa bertelur di air lalu telur itu pun akan menetas menjadi berudu dan hidup di air. Kemudian berudu akan berkembang menjadi katak muda.

Nah, katak muda ini sudah bisa hidup di darat karena hampir menjadi katak dewasa yang sempurna. Namun katak muda umumnya lebih sering menjalani kehidupan mereka di dalam air. Ketika sudah dewasa barulah katak akan menghabiskan lebih banyak waktu di darat.

Cara Bernafas yang Berbeda

Perbedaan katak muda dan dewasa selanjutnya adalah dari cara bernafas. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, katak muda lebih sering menjalani hidup di air. Oleh karena itu, katak muda bernafas dengan menggunakan insang. Hal tersebut berbanding terbalik dengan katak dewasa.

Karena lebih sering hidup di darat, maka katak dewasa harus menyesuaikan cara bernafasnya supaya dapat bertahan. Bagi katak dewasa yang sering berada di darat paru-paru menjadi alat pernafasan terbaik yang bisa digunakan. Selain itu, katak dewasa juga bernafas dengan kulit.

Perbedaan Ekor

Bagi orang awam yang belum pernah mengamati fase hidup katak, pasti tidak tahu jika katak pernah mempunyai ekor. Hal itu terjadi ketika hewan ini masih berada di fase katak muda. Ekor tersebut sudah ada sejak fase berudu dan memang belum hilang.

Nah ekor ini lama kelamaan akan semakin pendek sampai akhirnya menghilang ketika masuk ke fase katak dewasa. Itulah alasan kenapa katak terlihat tidak memiliki ekor ketika sudah dewasa.

Perbedaan Bentuk Kaki

Hal selanjutnya yang membedakan katak muda dan dewasa adalah bentuk kakinya. Berudu yang tumbuh menjadi katak muda akan menumbuhkan sepasang kaki depan. Setelah beberapa waktu kaki belakangnya juga akan tumbuh. Nah kaki belakang katak muda dan dewasa ini mempunyai perbedaan.

Pada katak muda kakinya digunakan untuk berenang. Hal itu karena katak muda lebih sering menghabiskan waktu hidupnya di dalam air. Sedangkan pada katak dewasa kaki belakangnya akan jadi lebih panjang dan kuat untuk membantu katak melompat di darat.

Itulah pembahasan tentang 5 perbedaan katak muda dan dewasa yang perlu kamu diketahui. Katak muda atau pun dewasa merupakan fase yang menjadi bagian dari siklus hidup seekor katak. Walaupun bentuk fisiknya hampir mirip, namun terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan dari keduanya.

Demikan kita cukupkan pembahasan perbedaan katak muda dan dewasa pada artikel ini. Semoga bermanfaat menambah ilmu pengetahuanmu dan sampai bertemu di artikel lainnya. Terima kasih, salam.