Inilah 8 Warna Merpati Balap Yang Sering Juara Nasional

By | 19 November 2022
warna-merpati-balap-yang-sering-juara
Warna merpati balap yang sering juara

Warna burung merpati secara umum terdiri dari putih, hitam, abu-abu dan cokelat. Siapa sangka, ternyata dari warna yang dimiliki bisa menjadi tolak ukur apakah burung merpati tersebut bagus buat balap atau tidak. Sebagai penghobi, tentu Anda menginginkan merpati yang bermental juara. Nah, dibawah ini adalah beberapa warna daftar merpati balap yang sering juara nasional maupun lokal.

Merpati balap sejak dahulu diminati oleh penggemar burung sebagai alternatif dari burung kicau. Banyaknya kontes balap yang diadakan oleh komunitas membuat burung satu ini memiliki peminat tinggi dan berikut ciri-ciri bulu dari merpati balap tercepat.

Teruntuk Anda yang masih pemula, mari disimak pembahasan ringkas mengenai warna merpati balap yang sering juara. Sehingga tidak bingung mengenali merpati yang berkualitas baik.

Beberapa Warna Merpati Balap yang Sering Juara

Merpati-Warna-Biru
Merpati Warna Biru

1. Merpati Warna Biru

Jika Anda melihat ada burung merpati yang bagian kepala sampai ekor berwarna biru, maka bisa mempertimbangkannya sebagai pilihan tepat. Selain itu, ciri khas lain terletak dibagian leher yang berwarna metalik hijau, keemasan dan ungu. Ditambah bagian sayapnya berwarna biru tua.

Merpati-Warna-Coklat
Merpati Warna Coklat

2. Merpati Warna Coklat

Warna berikutnya yang menjadi ciri khas dari merpati sering juara adalah coklat. Warna ini terlihat dari bagian kepala sampai sayap ekornya yang berlapis cokelat. Sementara itu, warna hijau ungu metalik menghiasi bagian leher. Kombinasi warna seperti ini memang membuat merpati terkesan elegan dan burung unggulan.

Merpati-Balap-Abu-Abu
Merpati Balap Abu-Abu

3. Merpati Balap Abu-Abu

Meskipun kurang populer dibandingkan warna lain, akan tetapi merpati abu atau biru muda juga identik dengan pejuang balap yang sering mendapat juara. Warna abu tidak menghiasi sekujur tubuhnya, melainkan hanya bagian badan. Kepala yang berwarna hitam dan bagian ekornya juga terdapat semburat hitam.

Merpati-Megan
Merpati Megan

4. Merpati Megan

Megan adalah burung merpati istimewa yang bisa langsung dilihat dari warna bulunya. Jika Anda memperhatikan secara seksama, maka bisa melihat adanya 2-3 strip penghias. Dibandingkan merpati blorok, burung jenis ini memiliki insting pulang yang lebih bagus. Merpating Megan cocok dipilih sebagai burung balap karena staminanya mampu bertahan sejauh 45KM. Merpati Megan tentu bukan burung yang sempurna. Ia memiliki kelemahan berupa sisi menukik, terlebih lagi ketika mendarat.

Merpati-Pos-Hitam
Merpati Pos Hitam

5. Merpati Pos Hitam

Mental juara di lintasan balap juga dimiliki oleh burung merpati hitam polos. Warna hitam ini memenuhi sekujur tubuhnya, kecuali bagian leher. Leher tersebut berwarna ungu mengkilap. Karena warna hitam yang menyelimuti sekujur tubuh, membuat burung merpati ini terkesan sangar. Cukup menakutkan jika pertama kali melihatnya.

Merpati-Putih
Merpati Putih

6. Merpati Putih

Meskipun jarang, burung merpati yang berwarna putih sesekali juga berhasil menyandang juara. Ada sebagian burung merpati putih yang jago ketika diadu di lintasan balap. Anda bisa menjadikannya sebagai opsi terakhir, karena memang kepopulerannya masih jauh berbeda dengan merpati lain.

Merpati-Blorok
Merpati Blorok

7. Merpati Blorok

Disebut sebagai merpati blorok karena memiliki warna yang campur aduk, tidak karuan dan tidak beraturan. Mental juara di lintasan balap tidak lepas dari kemampuannya yang mudah mengetahui lingkungan dan mengenali majikan. Kemampuan itu dibuktikan dengan cukup melatih selama 3-4 hari, maka merpati blorok sudah bisa pulang menuju kandang sendiri.

Merpati-Plontang
Merpati Plontang

8. Merpati Plontang

Plontang adalah burung merpati yang sejak lahir memiliki masalah pada berat badannya. Meskipun demikian, karakter tadi tidak menghalangi performanya ketika melintas di udara. Namun sayang, performa ketika menukik sangat kurang. Jika dipersentasikan, maka hanya 27% saja.

Demikianlah pembahasan mengenai delapan warna merpati balap yang sering juara. Dimana merpati kolong tersebut memiliki kecepatan sprint diatas rata-rata. Anda bisa memprioritaskan dimulai dari warna paling atas, karena dikenal memiliki kemampuan di udara.